6 Negara Bagian Australia dan 2 Teritorial Australia

By | July 28, 2020

Australia adalah sebuah benua sekaligus negara di belahan selatan dunia yang terdiri dari daratan utama benua Australia, Pulau Tasmania, dan berbagai pulau kecil di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.  Nama resmi dari Australia adalah the Commonwealth of Australia atau Persemakmuran Australia. Sebagai negara, Australia memiliki ibukota. Ibukota Australia adalah Canberra yang terletak di Australian Capital Territory (ACT). Sebagian besar pelayanan publik pemerintah dan parlemen Australia berada di Canberra.

Letak Australia pada peta dunia berada di selatan Indonesia. Negara ini berbentuk negara serikat (federal) yang terbentuk dari penggabungan koloni – koloni Inggris yang berada di benua Australia. Koloni tersebut terdiri dari Koloni New South Wales (didirikan tahun 1788), Koloni Tasmania (berdiri tahun 1825), Koloni Australia Barat (didirikan tahun 1829), Provinsi Australia Selatan (1836), Koloni Victoria (1851), dan Koloni Queensland (1859). Untuk memudahkan pertahanan dan pengelolaan, enam koloni ini kemudian digabung menjadi koloni Australia pada tahun 1901. Selanjutnya enam daerah koloni ini dikenal dengan negara bagian Australia. Negara – negara bagian ini diberikan Home Rule yaitu kemampuan untuk mengelola pemerintahan secara mandiri oleh pemerintah Inggris.

Daftar 6 Negara Bagian Australia dan 2 Teritorial Australia.

Daerah mana saja yang merupakan negara bagian? Mana saja yang disebut teritorial di Australia? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Baca Juga: Unsur – Unsur Terbentuknya Negara

Daftar 6 Negara Bagian Australia Beserta Ibu Kotanya

Australia memilki 6 negara bagian yang terdiri dari New South Wales, Victoria, Queensland, South Australia (Australia Selatan), Western Australia (Asutralia Barat), dan Tasmania. Setiap negara bagian memilki ibukota masing – masing. Ulasan lebih lanjut mengenai negara bagian di Australia dan ibukotanya diberikan pada masing – masing bahasan di bawah.

1. New South Wales (NSW), Ibukota: Sydney

New South Wales menjadi negara bagian tertua dengan jumlah penduduk paling banyak di Australia.

Ibukota New South Wales adalah Sydney, sebuah kota terbesar di Australia. Sydney terkenal akan pantai – pantai indah, tempat wisata yang menarik, dan tempat kuliner berkelas dunia. Kota ini juga memiliki beberapa bangunan terkenal seperti gedung pertunjukan berbentuk keong (Sydney Opera House), menara dengan ketinggian 305 meter (Sydney Tower), dan Australia Square Tower (Landmark Kota Sydney).

New South Wales juga memiliki tempat – tempat populer lain seperti kawasan wisata Blue Mountains dan kawasan penghasil anggur Hunter Valley.

2. Victoria (VIC), Ibukota: Melbourne

Negara bagian Victoria memiliki wilayah terkecil di Australia. Sebelumnya, Victoria menjadi bagian New South Wales. Pada tanggal 1 Januari 1901, Victoria memisahkan diri menjadi sebuah negara bagian sendiri.

Victoria menjadi negara bagian dengan jumlah penduduk terpadat kedua. Ibu kota dari negara bagian Victoria adalah Melbourne.

Kota Melbourne disebut sebagai pusat budaya Australia karena menjadi tempat kelahiran film, televisi, seni, tari, dan musik di Australia. Melbourne juga terkenal dengan lorong berhias grafiti, butik modis, serta bisnis kafe. Warga Melbourne dikenal mempunyai kecintaan akan kopi.

Selain itu, negara bagian ini memilki peran penting akan sepak bola di Australia. Sepakbola Australia dilahirkan di negara bagian ini. Warga Victoria sangat mengapresiasi kegiatan olahraga.

3. Queensland (QLD), Ibukota: Brisbane

Wilayah Queensland berada di daerah timur laut dari benua ini. Berdasarkan luasnya, Queensland merupakan negara bagian terbesar kedua di Australia. Negara bagian ini berbatasan dengan beberapa laut seperti Laut Koral dan Laut Pasifik.

Ibukota Queensland adalah Brisbane, sebuah kota yang tepat untuk menikmati musim dingin. Kota Brisbane paling banyak mendapat sinar matahari dan udara hangat dibanding kebanyakan kota lain di Australia. Sehingga, kota ini menjadi pilihan yang te[at untuk kegiatan luar ruangan dan olahraga air.

Negara bagian bagian ini memiliki hutan hujan subtropis terluas di dunia. Tempat terkenal dari negara bagian ini adalah Great Barrier Reef (Karang Penghalang Besar) yaitu kumpulan terumbu karang terbesar di dunia.

Baca Juga: Negara – Negara yang Tergabung dalam ASEAN

4. Australia Selatan (South Australia/SA), Ibukota: Adelaide

Negara bagian Australia Selatan terletak di bagian tengah selatan, berbatasan langsung dengan semua negara bagian di daratan utama dan Teritorial Utara. Ibukota Australia Selatan adalah Adelaide. Kota Adelaide merupakan tempat yang tepat untuk menjelajahi kilang anggur Barossa, Flinders Ranges, dan Kangaroo Island.

Negara bagian Australia Selatan memiliki industri kesenian yang sangat subur, setidaknya lebih dari 500 acara dan festival yang digelar setiap tahunnya. Sehingga, Australia Selatan mendapat julukan Negara Bagian Sarat Festival.

Negara bagian South Australia (SA) mencakup sejumlah wilayah tergersang di benua Australia.

5. Australia Barat (Western Australia/WA), Ibukota: Perth

Australia Barat merupakan negara bagian terluas di Australia. Awalnya, negara bagian Australia Barat memilki nama Koloni Sungai Swan. Kenampakan alam negara bagian ini cukup kontras, dari padang gurun pada bagian timur hingga pesisir pantai sepanjang 13.000 kilometer pada bagian barat.

Ibukota negara bagian Australia Barat adalah Perth, kota paling padat penduduk keempat di Australia. Kota Perth terkenal dengan pantai yang lengang, taman – taman, dan hidangan laut segar.

Industri terbesar dari Australia Barat adalah pertambangan. Kota Kalgorlie memiliki tambang emas terbesar di Australia. Konta ini berlokasi di sebelah timur Kota Perth.

6. Tasmania (TAS), Ibukota: Hobart

Negara bagian Australia terakhir yang akan diulas adalah Tasmania, negara bagian terkecil di Australia ini dipisahkan dari daratan utama Australia oleh Bass Strait. Nama awal dari negara bagian Tasmania adalah Van Diemen’s Land.  Ibukota Tasmania adalah Hobart, merupakan ibukota bagian tertua kedua setelah Sydney.

Setidaknya sekitar seperlima bagian dari Tasmania merupakan taman nasional dan kawasan hutan belantara. Tasmania diketahui juga memiliki pegunungan terbanyak di dunia.

Baca Juga: Daftar Negara – Negara di Asia Timur dan Keterangannya

2 Teritorial di Australia

Selain ke-enam negara bagian yang telah disebutkan di atas, Australia juga terdiri dari dua teritori (wilayah) yang memiliki otonomi lebih terbatas dari negara bagian. Kedua wilayah teritori tersebut adalah Australian Capital Territory (ACT) dan Australia Utara (Northern Territory/NT).

1. Australian Capital Territory (ACT), Ibukota: Canberra

Teritorial Australian Capital Territory (ACT) mencakup ibukota negara Australia yaitu Canberra. Teritorial ini pusat pemerintahan Australia. Wilayah ini menjadi rumah bagi beberapa institusi nasional yang vital seperti Parliament House (Parlemen Australia), Australian War Memorial, dan National Gallery of Australia. Lokasi Australian Capital Territory  berada di selatan Sydney.

2. Australia Utara (Northern Territory/NT), Ibukota: Darwin

Ibukota Teritorial Australia Utara adalah Darwin, lokasinya berada di pantai utara. Teritorial Utara memilki pula Alice Springs yang menjadi pusat Australia karena posisinya tepat di titik tengah geografis benua ini.

Negara bagian dan teritorial di Australia memiliki status hukum yang berbeda. Negara bagian mengatur sendiri pemerintahannya dengan memiliki kabinet, gubernur, premier (menteri utama), dan peraturan sendiri. Sedangkan wilayah dengan status teritorial diatur secara langsung oleh pemerintah federal (pemerintah pusat).

Demikianlah tadi ulasan materi negara bagian dan teritorial di Australia. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermafaat.

Baca Juga: Perbedaan Bentuk Pengakuan Negara Secara De Facto dan De Jure

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.