Pembagian Wilayah Benua Eropa Beserta Negara dan Ibukotanya

By | July 16, 2021

Pembagian wilayah Benua Eropa meliputi empat bagian yaitu Eropa Utara, Barat, Selatan, dan Timur. Pembagian wilayah Benua Eropa dalam empat bagian tersebut merupakan cara tradisional berdasarkan letak geografis. Sejak berakhirnya Perang Dunia II hingga Perang Dingin, Eropa terbagi menjadi dua blok politik dan ekonomi utama yaitu negara-negara komunis di Eropa Timur dan negara-negara kapitalis di Eropa Barat. Sekitar tahun 1989, Blok Timur pecah bersamaan dengan jatuhnya Tembok Berlin. Untuk pembagian wilayah Benua Eropa dalam enam bagian meliputi Eropa Utara, Barat, Tengah, Timur, Tenggara, dan Selatan.

Batas Benua Eropa sebelah utara adalah Laut Arktik, sebelah selatan adalah Laut Tengah/Mediteran, sebelah timur adalah Pegunungan Ural, dan sebelah barat adalah Samudra Atlantik. Setidaknya ada 46 negara berdaulat yang terdapat di Benua Eropa. Pembagian wilayah Benua Eropa meliputi Eropa Utara (5 negara), Eropa Barat (7 negara), Eropa Tengah (13 negara), Eropa Selatan (6 negara), Eropa Tenggara (10 negara), dan Eropa Timur (5 negara).

Pembagian Wilayah Benua Eropa Beserta Negara dan Ibukotanya
sumber: wikimedia

Bagaimana pembagian wilayah Benua Eropa? Negara mana saja yang termasuk wilayah Eropa Utara? Negara mana saja yang termasuk wilayah Eropa Barat, Tengah, Selatan, dan Timur? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Baca Juga: 6 Negara Bagian dan 2 Wilayah Teritorial dari Benua Australia

1. Eropa Utara

Negara-negara yang terletak di kawasan Eropa Utara terdiri dari lima negara. Empat negara dalam wilayah Eropa Utara berada pada satu daratan, dan satu negara berupa pulau. Empat negara yang berada dalam satu daratan adalah Swedia, Norwegia, Denmark, dan Finlandia. Sedangkan satu negara di Eropa Utara dengan wilayah berupa adalah Islandia.

Nama negara-negara yang berada di wilayah Eropa Utara beserta ibukotanya (Nama Negara: Ibu Kota):

  1. Swedia: Stockholm
  2. Norwegia: Oslo
  3. Denmark: Kopenhagen
  4. Finlandia: Helsinki
  5. Islandia: Reykjavík 

2. Eropa Barat

Negara-negara yang berada di wilayah Eropa Barat bergabung dalam satu daratan serta negara dengan wilayah berupa pulau. Negara yang bersatu dalam satu daratan beserta negara di Benua Eropa lainnya adalah Belanda, Swiss, Belgia, dan Prancis. Sedangkan negara di wilayah Eropa Barat yang wilayahnya berupa pulau adalah Inggris, Irlandia, dan Monaco.

Nama negara-negara yang berada di wilayah Eropa Barat beserta ibukotanya (Nama Negara: Ibu Kota):

  1. Belanda: Amsterdam
  2. Swiss: Bern
  3. Belgia: Brussel
  4. Irlandia: Dublin
  5. Inggris: London
  6. Prancis: Paris
  7. Monaco: Monaco

3. Eropa Tengah

Eropa tengah meliputi negara-negara yang wilayahnya sebagian besar berupa daratan. Ada lebih dari sepuluh negara yang termasuk dalam Eropa Tengah. Seperti namanya, negara-negara yang termasuk dalam Eropa Tengah berada di tengah wilayah dari Benua Eropa. Wilayah Eropa Tengah berbatasan dengan semua bagian Benua Eropa lainnya yaitu Eropa Utara, Eropa Timur, Eropa Tenggara, Eropa Selatan, dan Eropa Barat.

Nama negara-negara yang berada di wilayah Eropa Tengah beserta ibukotanya (Nama Negara: Ibu Kota):

  1. Estonia: Tallin
  2. Latvia: Riga
  3. Lithuania: Vilnius
  4. Polandia: Warsawa
  5. Jerman: Berlin
  6. Luxemburg: Luxemburg
  7. Swiss: Bern
  8. Austria: Wina
  9. Slowakia: Bratislava
  10. Kroasia: Zagrebv
  11. Hongaria: Budapest
  12. Slovenia: Ljubljana
  13. Ceko: Praha

Baca Juga: Negara-Negara di Asia Timur

4. Eropa Selatan

Sebagian besar wilayah Eropa Selatan berupa daratan dari Benua Eropa, bergabung dengan sebagian besar negara di Benua Eropa. Sebagian kecil wilayahnya berupa pulau yang berada di sekitarnya. Bagiann selatan dari wilayah Eropa Selatan adalah Benua Afrika yang dipisahkan oleh Laut Mediterania.

Nama negara-negara yang berada di wilayah Eropa Selatan beserta ibukotanya (Nama Negara: Ibu Kota):

  1. Portugal: Lisabon
  2. Spanyol: Madrid
  3. Andorra: Andorra la Vella 
  4. San Marino: San Marino
  5. Italia: Roma
  6. Malta: Valletta

5. Eropa Tenggara

Eropa Tenggara merupakan wilayah Benua Eropa yang bersambung dengan Negara Turki, Asia. Beberapa negara di Eropa Tengah merupakan negara baru yang dulunya merupakan bagian dari negara lain. Seperti negara Kosovo di Eropa Tengah yang sebelumnya merupakan provinsi di Serbia. Kosovo secara de facto merdeka pada 17 Februari 2008 setelah mendeklarasikan kemerdekaan secara sepihak. Salah satu negara yang cukup populer dari Eropa Tenggara adalah Yunani yang dikenal dengan peradabannya di masa lalu.

Nama negara-negara yang berada di wilayah Eropa Tenggara beserta ibukotanya (Nama Negara: Ibu Kota):

  1. Bosnia-Herzegovina: Sarajevo
  2. Montenegro: Titograd
  3. Kosovo: Pristina
  4. Albania: Tirana
  5. Macedonia: Skopje
  6. Yunani: Athena
  7. Bulgaria: Sofia
  8. Rumania: Bukarest
  9. Serbia: Beograd
  10. Moldova: Cishinau

6. Eropa Timur

Wilayah Eropa Timur pada umumnya terletak di antara pegunungan Ural dan Kaukasus serta perbatasan Rusia barat. Negara-negara di Eropa Timur merupakan bekas pecahan Uni Soviet. Uni Soviet adalah negara sosialis yang pernah ada antara tahun 1922–1991 di Eurasia. Negara Uni Soviet secara resmi telah dibubarkan pada tanggal 26 Desember 1991.

Salah satu negara di wilayah Eropa Timur yang menjadi negara terluas di dunia adalah Rusia. Negara Rusia merupakan salah satu negara dari beberapa negara di Benua Eropa yang pernah menjadi bagian dari Uni Soviet.

Nama negara-negara yang berada di wilayah Eropa Timur beserta ibukotanya (Nama Negara: Ibu Kota):

  1. Rusia: Moskow
  2. Ukraina: Kiev
  3. Belarusia: Minsk
  4. Georgia: Tbilisi
  5. Czechnia: Grozny

Demikianlah tadi pembagian wilayah benua Eropa beserta dengan negara dan ibukotanya. Terimakasih sudah mengunjungu idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Negara-Negara yang Termasuk dalam ASEAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.