Tahapan Terjadinya Gerhana Bulan (Total, Sebagian, dan Penumbra)

By | July 22, 2020

Gerhana adalah peristiwa alam berupa tertutupnya sebuah objek disebabkan adanya benda atau objek yang melintas di depannya. Atau dapat dikatakan bahwa gerhana adalah masuknya suatu objek ke dalam bayangan objek lain. Peristiwa gerhana yang banyak menjadi perhatian penduduk Bumi adalah gerhana bulan dan matahari. Dua jenis gerhana ini bisa diamati dan dirasakan langsung dari bumi yaitu gerhana matahari dan bulan. Peristiwa gerhana melibatkan tiga benda langit. Misalnya pada peristiwa gerhana bulan, tiga objek yang menjadi pengamatan adalah matahari, bumi, dan bulan. Peristiwa gerhana bulan terjadi saat bumi berada di antara matahari dan bulan dalam satu garis lurus. Bagaimanakah tahapan terjadinya gerhana bulan? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Waktu terjadinya gerhana bulan biasanya berlangsung pada malam hari.  Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan permukaan bulan tertutup oleh bayangan bumi. Akibatnya, cahaya matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalang oleh bumi. Tahapan terjadinya gerhana bulan diawali saat bulan memasuki penumbra bumi. Selanjutnya bulan bergerak menuju umbra, kemudian masuk pada penumbra bumi bagian lainnya. Tahapan gerhana bulan berakhir saat bulan keluar dari bayangan penumbra ini. Tahapan – tahapan tersebut dapat dilihat seperti gambar di bawah.

Tahapan Terjadinya Gerhana Bulan

Dalam tahapan terjadinya gerhana bulan seperti yang telah disebutkan di atas terdiri dari dua jenis gerhana. Kedua jenis gerhana tersebut adalah gerhana bulan total dan sebagian. Apa itu gerhana bulan total? Apa itu gerhana bulan sebagian? Cari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Baca Juga: 10 Macam Benda Langit

Gerhana Bulan Total

Gerhana bulan total terjadi saat seluruh bagian bulan berada di wilayah umbra bumi (bayangan inti bumi). Istilah lain yang digunakan untuk menyebut peristiwa gerhana bulan total adalah blood moon. Sebutan ini sesuai dengan warna bulan yang menjadi kemarahan seperti blood (darah). Saat terjadi gerhana bulan total, warna bulan dari bumi terlihat kemerahan, semakin pekat polusi udara akan membuat warna merah semakin pekat.

Gerhana Bulan Total (Blood Moon)

Mengapa bulan yang tertutup bayangan bumi namun masih dapat terlihat berwarna orange atau kemerahan? Kondisi ini dikarenakan terjadinya pembiasan cahaya matahari. Warna merah darah saat gerhana bulan total terjadi karena atmosfer Bumi membiaskan cahaya Matahari.

Baca Juga: Gerhana Matahari Total, Sebagian, dan Cincin

Gerhana Bulan Penumbra dan Sebagian

Beberapa sumber menjadi gerhana bulan penumbra dan gerhana bulan merupakan satu tahapan. Beberapa sumber menyatakan bahwa gerhana bulan penumbra dan sebagian merupakan tahapan yang berbeda.

Gerhana bulan sebagian terjadi saat piringan bulan yang masuk ke dalam umbra Bumi dan sebagian lainnya berada pada penumbra (bayangan samar) bumi. Sedangkan gerhana bulan penumbra terjadi saat bulan hanya melintasi bagian penumbra atau bayangan samar Bumi.

Gerhana Bulan Penumbra dan Gerhana Bulan Sebagian

Pada jenis gerhana ini, sinar matahari ke bulan tidak seluruhnya terhalang oleh bumi. Sehingga masih ada sebagian sinar matahari yang sampai ke permukaan bulan. Adanya sinar matahari yang samapi ke Bulan menjadikannya terlihat bercahaya.

Keismpulannya, tahapan yang terjadi pada gerhana bulan diberikan seperti daftar berikut.

  • Tahapan dimulainya gerhana
  • Gerhana bulan penumbra
  • Gerhana bulan sebagian
  • Puncak gerhana
  • Gerhana sebagian berakhir
  • Peristiwa gerhana berakhir

Demikianlah tadi ulasan materi mengenai gerhana bulan. Tiga jenis gerhana bulan yang menjadi bahasan meliputi gerhana bulan total, sebagian, dan penumbra. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat

Baca Juga: Akibat Revolusi dan Rotasi Bumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.