Cara Mengetahui Informasi Tersurat dan Tersirat dari Bacaan

By | April 16, 2020

Kalimat merupakan kumpulan kata – kata yang setidaknya memiliki subjek dan predikat. Kumpulan kalimat yang saling berhubungan satu sama lain akan membentuk sebuah paragraf. Beberapa paragraf akan membentuk sebuah bacaan. Penulis menyajikan sebuah bacaan yang memuat informasi tertentu dari sebuah topik. Informasi tersebut dapat dimuat secara tersurat, dapat juga dibuat secara tersirat. Apa itu informasi tersurat? Apa itu informasi tersirat? Bagaimana cara mengetahui informasi tersurat dan tersirat dari bacaan? Melalui halaman ini, sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya.

Sebelumnya, perhatikan contoh kalimat Reni memiliki wajah yang putih dan bersih. Perhatikan juga kalimat Reni memiliki wajah cantik seperti rembulan. Contoh kalimat pertama merupakan kalimat dengan informasi tersurat. Pada contoh kalimat pertama, secara langsung menyatakan bahwa Reni memiliki wajah yang putih dan bersih. Informasi tersebut disampaikan secara langsung atau eksplisit. Sedangkan contoh kedua adalah kalimat dengan informasi tersirat. Kalimat tersebut bukan memiliki arti wajah Reni yang menyerupai bulan. Akan tetapi secara tersirat menerangkan bahwa Reni memiliki wajah cantik yang putih dan bersih. Seperti diketahui pada umumnya bahwa rembulan terlihat memancarkan sinar putih dan bersih dari bumi. Informasi pada contoh kalimat kedua disampaikan secara tersurat atau implisit.

Cara Mengetahui Informasi Tersurat dan Tersirat dan Bacaan

Sebuah bacaan memuat informasi yang ingin disampaikan oleh penulis. Infromasi tersebut dapat termuat secara tersurat atau tersirat. Cara menemukan informasi tersurat dan tersirat dari suatu bacaan akan dibahas lebih lanjut pada ulasan di bawah.  

Informasi Tersurat (Eksplisit)

Eksplisit memiliki arti gamblang, tegas, terus terang, dan tidak berbelit – belit. Informasi tersurat dari sebuah bacaan dapat diperoleh secara langsung melalui bacaan. Kalimat tersurat merupakan jenis kalimat yang maknanya lugas atau jelas. Informasi yang diberikan secara tersurat diberikan sesuai dengan apa yang tertulis.

Contoh informasi tersurat dari bacaan:

Pemerintah Indonesia memproyeksikan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia bakal turun tajam di masa pandemi Covid-19. Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (14/4/2020).

“Kita harus bicara apa adanya. Target pembangunan dan pertumbuhan ekonomi akan terkoreksi cukup tajam. Tapi ini bukan hanya terjadi di negara kita tapi juga di negara lain juga sama, mengalami hal yang sama,” ujar Jokowi.

Jokowi menambahkan hampir semua negara di dunia dan berbagai lembaga internasional baik International Monetary Fund (IMF), dan bank dunia sudah memprediksi ekonomi global 2020 akan memasuki periode resesi. Jokowi mengatakan proyeksi pertumbuhan ekonomi internasional akan akan tumbuh negatif 2,8 persen di 2020. Meski demikian Jokowi mengatakan semua pihak harus optimistis menghadapi tantangan tersebut.

“Kita harus menyiapkan diri dengan berbagai skenario. Kita tidak boleh pesimis dan tetap harus berikhtiar, bekerja keras untuk pemulihan-pemulihan. Baik pemulihan kesehatan, pemulihan ekonomi, dan Insya Allah kita bisa,” lanjut Presiden.

Informasi tersurat yang diperoleh dari bacaan:

  • Pertumbuhan ekonomi Indonesia bakal turun tajam di masa pandemi Covid-19
  • Hampir semua negara di dunia dan berbagai lembaga internasional baik International Monetary Fund (IMF), dan bank dunia sudah memprediksi ekonomi global 2020 akan memasuki periode resesi
  • Proyeksi pertumbuhan ekonomi internasional akan akan tumbuh negatif 2,8 persen di 2020

Cara mendapatkan informasi tersurat dari bacaan hanya perlu mencari fakta yang ditulis dalam bacaan.

Baca Juga: Struktur Kalimat yang Benar

Informasi Tersirat (Implisit)

Informasi tersirat adalah informasi yang tersembunyi atau informasi yang tidak tertulis pada sebuah bacaan. Kondisi sesuai dengan arti makna implisit, yaitu terkandung di dalamnya (secara tidak langsung). Untuk mendapatkan informasi ini, pembaca perlu pemahaman lebih melalui kesimpulan yang dibuat sendiri. Sehingga untuk mendapatkan informasi tersirat dari suatu bacaan diperlukan kemampuan memahami bacaan dengan benar.

Contoh informasi tersirat dari suatu bacaan:

Dian berjalan dengan tenang. Dia menundukkan kepalanya dan tidak menghiraukan terik matahari yang menyengat. Langkah kakinya pelan, bahkan sesekali dia tersandung namun dia tidak mempedulikannya. Matanya menahan sendu setelah mendapat kabar dari rumah. Kabar itu baru saja dia dapatkan setelah pelajaran pertama usai.

Dari bacaan di atas, setelah memahami keseluruhan isi bacaan dapat disimpulkan sebuah informasi. Informasi dari bacaan tersebut diberikan secara tersirat . Informasi tersirat dari bacaan tersebut adalah Dian sedang bersedih.

Kesimpulan ini didapat setalah memahami beberapa informasi seperti

  • tidak mempedulikan terik matahari
  • tidak peduli tersandung
  • matanya sendu

Kalimat tersirat adalah jenis kalimat yang maknanya butuh penafsiran lanjutan sebab maksudnya disampaikan secara tidak langsung. Cara mengetahui informasi tersirat dari bacaan perlu memahami keseluruhan bacaan terlebih dahulu. Kemudian, informasi tersebut disimpulkan berdasarkan fakta – fakta yang diberikan pada bacaan.

Baca Juga: Pronomina ~ Kata Ganti Orang

Contoh Soal dan Pembahasan

Sebagai latihan, simak beberapa contoh soal mengenai kalimat tersurat dan tersirat berikut ini! Cocokkan juga jawaban sobat idschool melalui pembahasan di bawahnya.

Contoh 1 – Menentukan Makna Tersirat Suatu Bacaan

Perhatikan bacaan berikut!

Teori Kebutuhan

Nasrudin berbincang – bincang dengan hakim kota. Hakim kota, seperti umumnya cendekiawan masa itu, sering berpikir hanya dari satu sisi saja.

Hakim memulai, “Seandainya saja setiap orang mau mematuhi hukum dan etika.”

Nasrudin menukas, ” Bukan manusia yang harus mematuhi hukum, melainkan justru hukumlah yang harus disesuaikan dengan kemanusiaan.”

Hakim menjawab seketika, “Akan tetatpi, coba kita lihat cendekiawan seperti Anda. Kalau Anda memiliki pilihan kekayaan atau kebijaksanaan. Mana yang akan Anda pilih?”

Nasrudin menjawab, “Tentu, saya memilih kekayaan.”

Hakim membalas sinis, “Memalukan, Anda adalah cendekiawan yang diakui masyarakat. Dan Anda memiliki kekayaan daripada kebijaksanaan?

Nasrudin balik bertanya, “Kalai pilihan Anda sendiri?”

Hakim menjawab tegas, “Tentu, saya memilih kebijaksanaan.”

Dan Nasrudin menutup, “Terbukti, semua orang memilih untuk memperoleh apa yang belum dimilikinya.”

Makna tersirat dari baacaan di atas adalah ….

Pembahasan:

Informasi – informasi yang diberikan pada bacaan di atas adalah:

  • Nasrudin seorang cendekiawan yang bijaksana.
  • Nasrudin memilih kekayaan daripada kebijaksanaan.
  • Hakim kota memiliki gaji yang layak, sehingga dapat disimpulkan bahwa dia seseorang yang kaya.
  • Hakim kota memilih kebijaksanaan daripada kekayaan.

Berdasarkan keterangan – keterangan tersebut dapat disimpulkan bahwa keduanya tidak puas dengan apa yang dimiliki. Jadi, makna tersirat dari bacaan di atas adalah Seseorang tidak pernah puas dengan apa yang dimilikinya.

Baca Juga: Tips Membuat Essay yang Menarik

Contoh 2 – Menemukan Infromasi Tersurat dari Suatu Bacaan  

Bacalah teks berikut!

Minggu ini, kita mulai memasuki musim hujan. Kita tidak boleh lengah akan dampak negatif yang menyertainya. Penyakit – penyakit mengintai di sekeliling kita, memanfaatkan kealfaan kita dalam menjaga kebersihan lingkungan. Jadi, jangan lupa untuk menyingkirkan benda – benda di halaman yang dapat digenangi air hujan, misalnya kaleng, botol, atau wadah plastik lainnya. Jangan beri kesempatan kepada nyamuk untuk berkembangbiak. Jika suatu saat rumah kita tergenang banjir, segera bersihkan rumah dari sisa – sisa banjir. Ketahuilah, air banjir yang tercemar urine tikus akan menyebarkan penyakit berbahaya.

Informasi tersurat dalam teks tersebut adalah ….
A. Membersihkan lingkungan dari lumpur sisa banjir bandang.
B. Menyiapkan lingkungan agar terhindar dari banjir saat musim hujan tiba.
C. Membasmi hewan – hewan yang dapat menyebabkan penyakit menular.
D. Mewaspadai penyakit – penyakit yang muncul seiring tibanya musim hujan.

Pembahasan:

Dari bacaan terdapat keterangan Jika suatu saat rumah kita tergenang banjir, segera bersihkan rumah dari sisa – sisa banjir. Kondisi ini sama halnya dengan menyiapkan lingkungan agar terhindar dari banjir saat musim hujan tiba.

Jawaban: B

Itulah tadi ulasan mengenai kalimat tersurat dan tersirat. Meliputi pengertian kalimat tersurat, pengertian kalimat tersirat, serta contoh kalimat tersurat dan tersirat. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga  bermanfaat!

Baca Juga: Teks Deskripsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.