Persebaran Flora di Indonesia pada 3 Wilayah

Indonesia dilalui ileh jalur pegunungan-gunung api sirkum mediterania dan sirkum pasifik. Salah satu keuntungannya, wilayah Indonesia merupakan tanah subur sehingga banyak ditumbuhi aneka jenis tumbuhan/flora. Persebaran flora di Indonesia dikelompokkan dalam tiga kelompok wilayah yang dibatasi oleh garis Wallace dan garis Weber. Aneka ragam perseberan flora di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti keadaan iklim, keadaan tanah, dan pengaruh makhluk hidup/biotik.

Persebaran flora di Indonesia terbagi menjadi tiga yang meliputi wilayah Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. Wilayah fauna Indonesia bagian barat dengan fauna bagian tengah dibatasi oleh garis Wallace, sedangkan wilayah fauna Indonesia bagian tengah dengan wilayah Indonesia bagian timur dibatasi oleh garis Weber.

Sumber gambar: tenggaring (artimimpijawaniku.blogspot.com), kasturi (wikipedia.org), tengkawang tungkul (wikipedia.org), pohon kepel (krjogja.com), langusei (flickr.com, Julie F. Barcelona), lontar (pertanian.go.id), ajan kelicung (wikipedia.org), matoa (agrokomplekskita.com)

Baca Juga: 3 Wilayah Persebaran Fauna di Indonesia

Bagaimana karakteristik tanaman dari ketiga wilayah pada persebaran flora di Indonesia? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Table of Contents

Perbesebaran Flora di Indonesia Bagian Barat (Asiatis)

Flora yang ada di wilayah Indonesia bagian barat atau dangkalan sunda merupakan tipe asiatis. Wilayah persebaran flora di Indonesia bagian barat mencakup Pulau Sumatra, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Persebaran Flora di Pulau Sumatera:

Tumbuhan tersebar di Pulau Sumatera meliputi cempaka kuning (Aceh), kenanga (Sumatera Utara), suweg raksasa (Bengkulu), nibung (Riau), pinang (Jambi), duku (Sumatera Selatan), dan bunga pukul empat sore (Lampung). Tempat yang menjadi pelestarian tumbuhan di Pulau Sumatera berada di beberapa taman nasional seperti Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh dan Taman Nasional Kerinci Seblat di Jambi.

Persebaran Flora di Pulau Jawa dan Bali:

Pulau Jawa meliputi provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur. Beberapa flora/tumbuhan yang banyak tumbuh di Jawa antara lain bakau (Jakarta), gandaria (Jawa Barat), kepel (Yogyakarta), bunga sedap malam (Jawa Timur), karet, jati, pinus, kina, dan cengkeh. Untuk Pulau Bali terdapat beberapa persebaran tumbuhan seperti sawo kecik, bunga cempaka kuning, kepelan, munde, kwanitan, pandak, dan durian.

Beberapa tempat pelestarian tumbuhan di Pulau Jawa berada di Kebun Raya Bogor, Taman Nasional Ujung Kulon di Banten, danTaman Nasional Baluran di Jawa Timur. Sedangkan di Pulau Bali terdapat Taman Nasional Bali Barat.

Persebaran Flora di Pulau Kalimantan:

Tumbuhan yang banya tumbuh di Pulau Kalimantan meliputi tengkawang tungkul (Kalimantan Barat), tenggaring (Kalimantan Tengah), anggrek hitam (Kalimantan Timur), dan kasturi (Kalimantan Selatan). Selain itu, Pulau Kalimantan juga banyak tumbuh pojon meranti, ulin, keruing, damar, lempung, agates, rotan, bambu, dan pakis.

Ringkasan persebaran flora di Indonesia bagian barat sesuai dengan tabel berikut.

Baca Juga: Apa Itu Pelestarian In Situ dan Ex Situ?

Perbesebaran Flora di Indonesia Bagian Tengah (Peralihan)

Flora di Indonesia bagian tengah berada di antara garis Wallace dan Weber. Karakteristik dari tumbuhan di Indonesia bagian tengah merupakan tipe peralihan yang dikenal dengan banyak tumbuhan endemik. Persebaran flora di Indonesia bagian tengah meliputi wilayah Pulau Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan Kepulauan Nusa Tenggara.

Pulau Sulawesi menjadi tempat tumbuh bagi pohon langsei (Sulawesi Utara), anggrek putri donggal (Sulawesi Tengah), dan lontar (Sulawesi Selatan). Selain itu terdapat juga beberapa flora seperti aghatis, meranti, kayu palupi, rotan, eboni, kayu hitam, akasia, kemiri, bambu, markisa, bakau, dan damar. 

Di Kepulauan Nusa Tenggara terdapat ajan kallicung berupa kayu hitam dengan agak merah-kekuningan yang menjadi maskot daerah Nusa Tenggara Barat. Sedangkan di Provinsi Nusa Tenggara Timur terdapat cendana yang menjadi maskot daerah, selain itu banyak juga tumbuh pohon akasia, lontar gewang, kayu putih, meranti, dan sirih hutan.

Ringkasan persebaran flora di Indonesia bagian tengah berupa tumbuhan tipe peralihan sesuai dengan tabel berikut.

Baca Juga: 10 Contoh Pelestarian Alam In Situ

Persebaran Flora di Indonesia Bagian Timur (Australis)

Flora di Indonesia bagian timur atau landas kontinen Australia (dangkalan sahul) merupakan tempat bagi tumbuhan tipe Australis. Cakupan wilayah pada persebaran flora di Indonesia bagian timur meliputi Papua, Maluku, dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Beberapa tumbuhan yang banyak tumbuh di Indonesia bagian timur meliputi sagu, matoa, agathis, podocarpus, nipah, anggrek, serta umbi-umbian.

Ringkasan persebaran flora di Indonesia bagian tengah berupa tumbuhan tipe peralihan sesuai dengan tabel berikut.

Demikianlah tadi ulasan persebaran flora di Indonesia yang terdapat di Indonesia bagian barat, tengah, dan timur. Terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Contoh Tempat Pelestarian Ex Situ

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.