Cara Mengubah Pecahan Desimal Menjadi Pecahan Biasa

By | September 16, 2020

Bentuk pecahan dapat meliputi pecahan biasa, pecahan desimal, dan pecahan campuran. Seringkali, soal bentuk pecahan diberikan untuk bentuk pecahan yang berbeda. Pada operasi hitung pecahan untuk penjumlahan dan pengurangan hanya dapat dilakukan pada bentuk pecahan yang sama. Oleh karena itu, sebelum melakukan perhitungan perlu mengubah bentuk pecahan ke dalam bentuk yang sama terlebih dahulu. Misalnya pada penjumlahan dua bentuk pecahan yang berbeda berikut 0,65 + 2/5. Untuk melakukan perhitungan pada penjumlahan tersebut perlu mengubah pecahan dalam bentuk yang sama.

Sobat idschool dapat mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa, atau sebaliknya. Setelah bentuk pecahan sama maka perhitungan dapat dilakukan. Untuk itu sobat idschool perlu menguasai cara mengubah berbagai bentuk pecahan. Termasuk bagaimana cara mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa.

Bagaimanakah cara mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa? Bagaimana melakukan perhitungan untuk bentuk pecahan desimal dan biasa? Sobat idschool dapat mencari tahu lebih lanjut melalui ulasan di bawah.

Mengubah Bentuk Pecahan Desimal Berhingga Menjadi Pecahan Biasa

Contoh bentuk pecahan desimal berhingga adalah 0,5; 0,25; 067; dan lain sebagainya. Bentuk pecahan seperti yang diberikan pada contoh dapat cukup mudah diubah ke dalam bentuk pecahan biasa. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan banyaknya angka setelah tanda koma.

  • Jika di belakang tanda koma ada satu buah bilangan maka kalikan angka terebut dengan 1/10.
  • Jika di belakang tanda koma terdapat dua buah bilangan maka kalikan angka terebut dengan 1/100.
  • Untuk tiga bilangan di belakang tanda koma kalikan dengan 1/1.000, begitu seterusnya.

Misalnya pada pecahan desimal 0,5

Diketahui bahwa pecahan desimal tersebut terdiri dari sebuah angka yaitu 5. Untuk mendapatkan bentuk pecahan biasa tersebut, langkah pertama adalah kalikan bilangan dibelakang koma dengan 1/10. Sampai di sini, sobat idshool sudah mendapatkan bentuk pecahan biasa.

Pecahan Biasa dan Pecahan Desimal

Namun pecahan biasa tersebut belum dalam bentuk yang paling sederhana. Sobat idschool perlu mengubahnya menjadi bentuk yang paling sederhana. Bentuk pecahan paling sederhana biasanya merupakan bentuk yang ditanyakan atau bentuk yang dapat membantu perhitungan.

Baca Juga: Perkalian Pecahan Berbeda Bentuk

Cara membuat bentuk pecahan biasa dalam bentuk sederhana dengan membagi pembilang dan penyebut dengan bilangan yang sama. Bentuk pecahan paling sederhana diperoleh ketika bilangan pembilang dan penyebut tidak bisa lagi dibagi habis dengan bilangan yang sama.

Bentuk Pecahan Biasa yang Paling Sederhana

Tidak ada lagi bilangan yang lebih besar dari 1 yang dapat membagi habis pembilang dan penyebut untuk pecahan 1/2. Jadi bentuk pecahan biasa paling sederhana dari pecahan desimal 0,5 adalah 1/2.

Contoh lainnya, misalnya pada bentuk pecahan desimal 0,875:

Cara Mengubah Pecahan Desimal Menjadi Pecahan Biasa

Jadi bentuk pecahan biasa paling sederhana dari pecahan desimal 0,875 adalah 7/8.

Baca Juga: Operasi Hitung Pecahan

Mengubah Bentuk Pecahan Desimal Tak Hingga Menjadi Pecahan Biasa

Pecahan desimal ada yang berupa bilangan tak hingga di belakang koma. Biasanya, bentuk pecahan desimal tak hingga sitandai dengan tiga titik setelah bilangan setelah koma. Pecahan desimal tak hingga biasanya merupakan bilangan dengan bilangan yang sama atau pola perulangan bilangan yang sama. Contoh pecahan desimal tak hingga adalah 0,66666…; 0,232323…; dan lain sebagainya.

Untuk mendapatan bentuk pecahan biasa pada pecahan desimal tak hingga perlu langkah yang sedikit panjang dan teknik. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menghilangkan bentuk tak hingga menjadi bentuk desimal bulat. Caranya dengan mengurangkan bilangan dibelakang koma dengan bilangan yang sama. Selanjutnya, sobat idschool hanya perlu mendapatkan bentuk pecahan biasa dan mengubahnya menjadi bentuk yang paling sederhana.

Masih bingung? Perhatikan cara mengubah pecahan desimal tak hingga menjadi pecahan biasa pada contoh soal berikut.

Bagaimana bentuk pecahan biasa dari 0,6666…?

Misalkan:

  • a = 0,6666…
  • 10a = 6,6666…

Bilangan tak hingga dibelakang koma dapat hilang dengan cara mengurangkan 10a dengan a. Kemudian dapat diperoleh nilai a dalam bentuk pecahan biasa yang perlu dicari bentuk paling sederhananya.

Cara Mengubah Pecahan Desimal Tak Hingga Menjadi Pecahan Biasa

Pada bagian awal dimisalkan bahwa a = 0,6666…., sehingga bentuk pecahan desimal a = 0,6666… = 2/3

Baca Juga: Pola Bilangan Bertingkat 2

Contoh lainnya, berapakah bentuk pecahan biasa dari pecahan desimal 0,2323…?

Misalkan:

  • p = 0,2323…
  • 100p = 23,2323…

Mencari bentuk pecahan biasa untuk 0,2323:

Bentuk Pecahan Biasa yang Paling Sederhana dari Pecahan Desimal Tak Hingga

Nilai 23 merupakan bilangan prima, tidak ada bilangan lain yang dapat membagi kecuali 1 dan 23, serta 99 tidak bisa dibagi habis oleh 23. Sehingga, tidak ada bilangan yang sama – sama dapat membagi 23 dan 99.

Pada bagian awal dimisalkan bahwa p = 0,2323…. sehingga bentuk pecahan desimal p = 0,2323… = 23/99

Demikianlah ulasan cara mengubah pecahan desimal menjadi pecahan biasa. Bahasan meliputi dua cara yang dapat digunakan untuk bentuk pecahan yang mudah dan perlu teknik. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Cara Menentukan Satuan Bilangan Berpangkat Banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.