Penulisan Daftar Pustaka yang Benar dari Sumber Buku

By | October 21, 2020

Daftar pustaka atau bibliografi adalah daftar sumber referensi yang digunakan dalam penulisan sebuah karya ilmiah. Penulisan daftar pustaka yang benar mengikuti aturan penulisan yang telah ditetapkan untuk menyusun daftar pustaka. Letak daftar pustaka dalam sebuah karya tulis berada di bagian paling akhir atau paling belakang. Tujuan adanya daftar pustaka sebagai sumber dalam sebuah penulisan karya ilmiah agar terhindar dari tuduhan penjiplakan (plagiarism) dan untuk menghargai penulis sebelumnya. Selain itu, adanya daftar pustaka dapat membantu pembaca yang ingin tahu lebih jauh mengenai sumber kutipan.

Sumber penulisan karya ilmiah dapat berasal dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, atau situs web yang dapat dipercaya. Salah satu sumber yang sering digunakan dalam penulisan adalah buku. Pemilihan buku sebagai sumber banyak digunakan karena buku biasanya memiliki informasi yang lengkap dan kebenarannya dapat dipertanggung jawabkan. Cara penulisan daftar pustaka yang benar dari buku mengikuti aturan – aturan yang telah ditetapkan dan memuat informasi nama penulis, tahun terbit, judul buku, kota, dan nama penerbit.

Penulisan Daftar Pustaka yang Benar dari Sumber Buku

Bagaimana cara penulisan daftar pustaka yang benar dari sumber buku? Sobat idschool dapat simak cara menuliskan daftar pustaka dari buku melalui ulasan di bawah.

Baca Juga: 7 Ciri-Ciri Kalimat Efektif

Struktur Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Buku

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menulis daftar pustaka dari sumber buku. Aturan penulisan daftar pustaka yang biasanya digunakan mengacu pada ketentuan yang sudah ditetapkan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan daftar pustaka adalah bagaimana menuliskan nama, tahu, judul, serta kota dan nama penerbit.

Berikut adalah struktur penulisan daftar pustaka yang benar dari buku.

Penulisan Nama Pengarang/Penulis

Letak nama penulis buku dalam daftar pustaka ditulis paling awal. Penulisan nama pengarang buku untuk daftar pustaka tidak perlu mencantumkan gelar pengarang. Penulisan nama pengarang buku dituliskan nama belakangnya terlebih dahulu. Selanjutnya, dilanjutkan dengan tanda koma (,) kemudian mencantumkan nama depan penulis buku tersebut. Kondisi tersebut berlaku untuk penulis dengan nama yang terdiri dari dua kata.

Beberapa pengarang hanya memiliki nama yang terdiri dari satu suku kata, beberapa pengarang memiliki tiga kata bahkan lebih. Bagaimana cara menuliskannya? Cara menuliskan nama penulis dengan berbagai kondisi beserta conohnya diberikan seperti berikut.

  • Tidak diketahui nama pengarang: judul buku ditulis pertama tanpa dicetak miring. Contoh penulisan buku tanpa pengarang:
    Longman dictionary of contemporary English (3th ed.). 2003. Harlow, England: Longman.
  • Nama pengarang terdiri dari satu kata: nama ditulis sesuai namanya dengan huruf kapital di awal.
    Contoh penulisan nama dalam daftar pustaka yang terdiri dari satu kata:
    nama penulis: Drs. Sukirman
    penulisan dalam daftar pustaka: Sukirman
  • Nama pengarang terdiri dari dua kata kata: penulisan dibalik dengan ketentuan dituliskan nama belakang terlebih dahulu yang diikuti tanda koma (,) kemudian nama depan
    Contoh,
    nama penulis: Ir. Hari Suminto
    penulisan dalam daftar pustaka: Suminto, Hari
  • Nama pengarang terdiri dari 3 kata atau lebih: penulisan nama dibalik dengan ketentuan nama belakang diikuti tanda koma (,) kemudian diikuti nama depan dan nama tengah.
    Contoh:
    Sri Putri Handayani → Handayani, Sri Putri
    Drs. I Nyoman Susila, M.Sc → Susila, I Nyoman
    Djoko Purnomo Agung Putranto → Putranto, Djoko Purnomo Agung

Beberapa buku ditulis oleh lebih dari satu pengarang, lalu bagiaman cara menuliskan nama pengarang buku tersebut? Ketentuan penulisan nama pengarang buku berdasarkan banyaknya pengarang diberikan seperti berikut.

  • Buku yang ditulis oleh dua penulis sampai lima penulis:
    Penulisan nama yang dibalik hanya untuk penulis pertama. Penulis kedua dan seterusnya berada setelahnya dengan urutan yang sesuai nama aslinya. Antara nama pertama dengan kedua nama penulis diberi kata penghubung dan.
    Contoh:
    nama pengarang: Selo Raharjo dan Marta Susilo
    penulisan: Raharjo, Selo dan Marta Susilo
    nama pengarang: Rusdi Kusmadi, Dini A., dan Eva Putri
    penulisan: Kusmadi, Rusdi, Dini A., dan Eva Putri
  • Buku yang ditulis oleh lebih dari enam penulis:
    Penulisan nama untuk daftar pustaka dari sumber yang ditulis oleh lebih dari enam penulis dituliskan penulis pertama ditambahkan singkatan dkk (dan kawan-kawan) atau et all. Penulisan nama pada penulis pertama juga dilakukan secara terbalik. Contoh penulisan nama pada daftar pustaka untuk buku dengan enam lebih pengarang:
    nama penulis: Salma Kartika dkk.
    Penulisan: Kartika, Salma dkk.

Beberapa karya tulis mungkin menggunakan beberapa buku dari penulis yang sama. Terdapat cara penulisan daftar pustaka dengan kondisi tersebut. Cara menuliskan nama pengarang dalam daftar pustaka cukup ditulis sekali pada buku yang disebut pertama.

Selanjutnya, nama dituliskan dalam garis bawah sepanjang 10 ketukan dan diakhiri dengan tanda titik yang diikuti tahun terbit dan seterusnya. Penyusunan daftar pustaka dilakukan dengan urutan berdasarkan buku yang paling lama terbit ke yang paling baru. Contoh penulisan daftar pustaka dari beberapa buku dengan penulis yang sama.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka yang Benar dari Sumber Buku

Beberapa buku yang menjadi sumber hanya mencantumkan nama editor buku tersebut. Penulisan daftar pustakan untuk buku yang hanya mencantumkan nama editornya ditulis dengan keterangan singkatan (Ed.). Contoh penulisan daftar pustaka dengan buku yang hanya terdapat nama editor: Suminto, Hari (Ed.).

Tahun Terbit

Urutan selanjutnya setelah nama dalam penulisan daftar pustaka adalah tahun terbit. Tahun terbit buku biasanya dicantumkan pada halaman depan cetelah cover buku. Beberapa buku mungkin terdapat keterangan beberapa kali dicetak seperti cetakan kedua, ketiga, dan lain sebagainya. Pilih tahun terbut sesuai dengan cetakan buku yang sobat idschool gunukan sebagi sumber referensi.

Baca Juga: Struktur Kalimat

Judul Buku

Judul buku dituliskan setelah urutan tahun terbit buku. Kondisi ini berlaku untuk buku yang dilengkapi dengan nama penulis atau editor buku. Jika buku yang digunakan tidak mencantumkan nama penulis maka judul buku terletak pada bagian paling awal.

Judul buku dalam daftar pustaka ditulis secara italic/miring. Penulisan judul buku mengikuti penulisan judul pada umumnya. Penulisan judul suatu karya biasa ditulis dengan huruf pertama pada masing – masing kata (selain kata hubung) menggunakan huruf kapital.

Contoh penulisan judul buku dalam daftar pustaka:

  • Metodologi Penelitian Pendidikan
  • Logika dan Himpunan
  • Probability and Statistical Inference
  • Gizi dan Kesehatan Masyarakat

Kota dan Nama Penerbit

Bagian terakhir dalam urutan struktur penulisan daftar pustaka adalah kota dan nama penerbit. sebuah buku adalah mencantumkan kota penerbitan dan nama penerbit yang mencetak buku tersebut. Dahulukan penulisan nama kota, baru diikuti dengan nama penerbit yang dibatasi dengan tanda titik dua (:).

Selain ketentuan struktur penulisan daftar pustaka yang diberikan di atas, terdapat juga ketentuan umum penulisan daftar pustaka. Ketentuan – ketentuan umum penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut.

  1. Susunan penulisan daftar pustaka harus berurutan dari A – Z sesuai dengan huruf di awal dari nama penulis.
  2. Antar urutan dalam struktur daftar psutaka diberi tanda batas tanda titik (.) untuk membatasi nama, tahun terbit, judul buku, hingga kota penerbit.
  3. Antara kota penerbit dan nama penerbit dipidahkan tanda titik dua (:)

Baca Juga: Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Berbagai Sumber (+ Contoh)

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Buku

Struktur penulisan daftar pustaka untuk sumber yang berasal dari buku diberikan seperti bahasan di atas. Selanjunya, simak beberapa contoh daftar pustaka dari buku berikut untuk menambah pemahana sobat idchool. Contoh daftar pustaka yang diberikan di bawah mencakup berbagai kondisi.

A. Buku dengan Satu Penulis

Data Buku:

  • Judul: Probability and Statistical Inference
  • Penulis: Nitis Mukhopadhyay
  • Penerbit: Marcel Dekker
  • Kota Penerbit: New York
  • Tahun Terbit: 2000

Cara penulisan daftar pustaka:
Mukhopadhyay, Nitis. 2000. Probability and Statistical Inference. New York: Marcel Dekker.

B. Buku dengan Dua Penulis

Data Buku:

  • Judul: Metodologi Penelitian Pendidikan
  • Penulis: Zainal Aqib dan Muhammad Hasan Rasidi
  • Penerbit: Deepublish
  • Kota Penerbit: Sleman
  • Tahun Terbit : 2018

Cara penulisan daftar pustaka:
Aqib, Zainal dan Muhammad Hasan Rasidi. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Sleman: Deepublish.

C. Buku dengan Tiga Penulis

Data Buku:

  • Judul: Network Security: Private Communication in a Public World
  • Penulis: Charlie Kaufman, Radia Perlman, dan Mike Speciner
  • Penerbit: Prentice Hall
  • Kota Penerbit: Englewood Cliffs NJ
  • Tahun Terbit: 1995

Cara penulisan daftar pustaka:
Kaufman, Charlie, Radia Perlman, dan Mike Speciner. 1995. Network Security: Private Communication in a Public World. Englewood Cliffs NJ: Prentice Hall


D. Buku dengan Lebih dari Enam Penulis

Data Buku:

  • Judul: Gizi dan Kesehatan Masyarakat
  • Penulis: Endang Achadi dkk
  • Penerbit: Raja Grafindo Persada
  • Kota Penerbit: Jakarta
  • Tahun Terbit: 2010

Cara penulisan daftar pustaka:
Achadi, Endang dkk. 2010. Gizi dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Baca Juga: Cara Menentukan Ide Pokok Suatu Bacaan

Contoh Soal dan Pembahasan

Sobat idschool dapat mengukur pemahaman ulasan daftar di atas dengan berlatih mengerjakan soal. Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk mengukur pemahaman materi cara membuat daftar pustaka yang benar. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasan. Sobat idschool dapat menggunakan pembahasan soal tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat berlatih!

Contoh 1 – Soal Menentukan Daftar Pustaka yang Benar

Penulisan daftar pustaka yang tepat adalah ….
A. Suryadi, Nanang. 2013. Penyair Midas. Malang: Kota Batu
B. Pranomo Djoko. 2005. Budaya Bahari. Jakarta: Gramedia
C. Anwar, Chairil. Aku Ini Binatang Jalang. 2015. Jakarta: Gramedia.
D. Saryono, Djoko. 2013. Arung Diri. Malang: Aditya Media Publishing.

Pembahasan:

Format dasar penulisan daftar pustaka dari sumber buku mengikuti urutan – urutan seperti berikut.

  • Nama Penulis/Pengarang → diikuti tanda titik (.)
  • Tahun terbit → diikuti tanda titik (.)
  • Judul utama buku: Anak judul buku. (edisi ke berapa jika ada) → diikuti tanda titik (.)
  • Kota terbit → diikuti tanda titik dua (:)
  • nama penerbit → diikuti tanda titik(.)

Penulisan daftar putaka:

  • Suryadi, Nanang. 2013. Penyair Midas. Malang: Kota Batu → terdapat kesalahan karena tidak terdapat nama penerbit.
  • Pranomo Djoko. 2005. Budaya Bahari. Jakarta: Gramedia → terdapat kesalahan pada penulisan nama
  • Anwar, Chairil. Aku Ini Binatang Jalang. 2015. Jakarta: Gramedia. → terdapat kesalahan pada urutan tahun terbit

Jadi, penulisan daftar pustaka yang tepat adalah Saryono, Djoko. 2013. Arung Diri. Malang: Aditya Media Publishing.

Jawaban: D

Contoh 2 – Soal Membuat Daftar Pustaka 

Cermati data berikut!

Contoh Soal Penulisan Daftar Pustaka yang Benar dari Sumber Buku

Berdasarkan data tersebut penulisan daftar pustaka yang benar adalah ….
A. Ema, Husnan, Apresiasi Sastra Untuk SMA, Bandung: Angkasa. 1986
B. Husnan, Ema. 1986. Apresiasi Sastra Untuk SMA. Bandung: Angkasa.
C. Husnan, Ema. Apresiasi Sastra Untuk SMA. 1986. Bandung: Angkasa.
D. Ema, Husnan. 1986. Apresiasi Sastra Untuk SMA. Bandung: Angkasa.

Pembahasan:

Struktur penulisan daftar pustaka:

  • Nama penulis: Emaa Husnan
    Ditulis: Husnan, Ema
  • Tahun terbit: 1986
  • Judul: Apresiasi Sastra untuk SMA
  • Kota penerbit: Bandung:
  • Nama penerbit: Angkasa

Jadi, berdasarkan data tersebut penulisan daftar pustakan yang benar adalah Husnan, Ema. 1986. Apresiasi Sastra Untuk SMA. Bandung: Angkasa.

Jawaban: B

Contoh 3 – Soal Penulisan Daftar Pustaka

Data buku:

  • Judul buku: Berdiskusi
  • Pengarang: B. Wisnu Wardana
  • Tahun: 2008
  • Penerbit: Intan Pariwara
  • Tempat Terbit: Klaten

Penulisan daftar pustaka yang benar untuk data tersebut adalah ….
A. B. Wisnu Wardana. 2008 Berdiskusi. Klaten: Intan Pariwara
B.Wardana, B. Wisnu. 2008. Berdiskusi. Klaten: Intan Pariwara.
C.Wardana, B. Wisnu. 2008. Berdiskusi. Intan Pariwara: Klaten.
D.B. Wisnu, Wardana. 2008. Berdiskusi. Intan Pariwara: Klaten.
E.Wardana, B. Wisnu. 2008. Berdiskusi. Klaten: Intan Pariwara.

Pembahasan:

Struktur penulisan daftar pustaka:

  • Nama penulis: B. Wisnu Wardana
    Ditulis: Wardana, B. Wisnu
  • Tahun terbit: 2008
  • Judul: Berdiskusi
  • Kota penerbit: Klaten
  • Nama penerbit: Intan Pariwara

Jadi, penulisan daftar pustaka yang benar untuk data tersebut adalah Wardana, B. Wisnu. 2008. Berdiskusi. Klaten: Intan Pariwara.

Jawaban: B

Demikianlah tadi ulasan penulisan daftar pustaka yang benar dari sumber buku. Dilengkapi dengan contoh soal dan penulisan daftar pustaka yang benar. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: 6 Tahapan Alur Cerita (Maju, Mundur, dan Campuran)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.