2 Bentuk Sistem Peredaran Darah Manusia

Sistem peredaran dalam bahasa medis sering disebut dengan sistem kordiovaskular. Sistem peredaran darah manusia meliputi 2 bentuk yang sering disebut dengan sistem peredaran darah ganda. Alasan disebut sebagai sistem peredaran darah ganda disebabkan peredaran darah melalui jantung sebanyak dua kali. Sehingga, terdapat dua sistem peredaran darah, yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.

Skema sistem peredaran darah manusia dapat dilihat pada gambar di bawah.

Fungsi dari sitem peredaran darah manusia adalah sebagai sarana untuk menyalurkan berbagai zat dari dan menuju sel-sel tubuh, mengangkut sari makanan dan oksigen, berperan dalam berlangsungnya metabolisme pada tubuh, menjaga keseimbangan suhu tubuh, dan menjaga keseimbangan pH tubuh.

Organ tubuh yang berperan penting dalam peredaran darah adalah jantung. Hal ini sesuai dengan fungsi utama jantung yang berperan memompa darah ke seluruh tubuh. Selain akan mengulas sistem peredaran darah manusia, melalui halaman ini juga akan diulas sedikit tentang bagian-bagian jantung dan fungsi jantung. Karena informasinya akan membantu sobat idschool mempelajari materi tentang sistem peredaran darah.

Sebelum mebahas tentang sistem peredaran darah manusia, simak sedikit ulasan mengenai bagian-bagian jantung dan fungsi jantung pada pembahasan di bawah terlebih dahulu.

Table of Contents

Organ Pemompa Darah: Jantung

Seperti yang telah sisinggung sebelumnya bahwa salah satu organ yang berperan penting dalam sistem peredaran darah manusia adalah jantung. Jantung terdiri dari 4 ruang yaitu bilik kanan (ventrikel dexster), bilik kiri (ventrikel sinister), serambi kanan (atrium dexster), dan serambi kiri (atrium sinister).

Letak bagian-bagian jantung dapat dilihat pada gambar di bawah.

Selain fungsi utama jantung yang berperan dama memompa darah, jantung memiliki fungsi lain, simak fungsi lain jantung pada daftar berikut.

Fungsi jantung:

  1. Memompa darah melalui pembuluh darah ke seluruh tubuh.
  2. Memompa darah ke paru-paru untuk mengambil oksigen.
  3. Menerima darah dari seluruh tubuh.
  4. Membantu membuang limbah sisa metabolisme berupa gas $CO_{2}$.

Demikian sedikit ulasan mengenai bagian-bagian jantung dan fungsi jantung. Pembahasan selanjutnya adalah mekanisme peredaran darah, simak uraiannya pada ulasan yang akan diberikan di bawah.

Sistem Peredaran Darah Manusia

Peredaran manusia melalui jantung sebanyak dua kali sehingga disebut dengan sistem peredaran darah ganda. Terdapat dua sistem peredaran darah manusia, yaitu sistem peredaran darah kecil dan sistem peredaran darah besar. Skema peredaran darah pada tubuh manusia dapat dilihat pada gambar di bawah.

Pembahasan berikutnya adalah peredaran darah kecil dan peredaran darah besar. Simak perbedaan antara peredaran darah kecil dan peredaran darah besar pada pembahasan berikut.

Peredaran Darah Kecil

Secara singkat, peredaran darah kecil adalah peredaran darah yang dimulai dari jantung ke paru-paru kemudian kembali lagi ke jantung.

Jantung → Paru-Paru → Jantung

sistem peredaran darah kecil

Namun, darah prosesnya, peredaran darah melewati bagian-bagian tertentu. Darah dari bilik kanan menuju arteri pulmonalis (darah kaya CO2) kemudian diteruskan ke paru-paru, selanjutnya menuju vena pulmonalis, di mana darah banyak mengandung O2, dan berakhir ke serambi kiri. Darah dari serambi kiri kemudian akan diteruskakn ke bilik kiri yang selanjutkan akan mengikuti sistem peredaran darah besar.

Urutan jalannya aliran darah pada peredaran darah kecil:
Bilik Kanan → Arteri Pulmonalis (darah kaya CO2) → Paru-paru → Vena pulmonalis (darah kaya O2) → Serambi kiri

Peredaran Darah Besar

Aliran darah pada peredaran darah besar dimulai dari jantung ke seluruh tubuh dan kembali lagi ke jantung. Seperti terlihat pada gambar di bawah.

Jantung → Seluruh Tubuh → Jantung

Seperti halnya peredaran darah kecil, dalam perjalanannyam aliran darah pada peredaran darah besar juga melewati bagian-bagian tertentu. Aliran darah dimulai dari bilik kiri menuju aorta kemudian diedarkan ke seluruh tubuh, selanjutnya menuju vena kava superior/inferior, dimana darah kaya CO2, dan peredaran darah besar berakhir di serambi kanan. Darah dari serambi kanan akan menuju bilik kanan yang kemudian akan mengikuti sistem peredaran darah kecil.

rutan jalannya aliran darah pada peredaran darah besar:
Bilik Kiri → Aorta → Seluruh Tubuh → Vena cava superior/inferior (darah kaya CO2) → Serambi kanan

Sekian pembahasan mengenai sistem peredaran darah pada manusia yang meliputu bagian-bagian jantung, fungsi jantung, sistem peredaran darah besar, dan sistem peredaran darah kecil. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Bagian-Bagian Mikroskop dan Cara Menggunakannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.