Akhir-akhir ini harga susu yang meningkat tajam berdampak pada pembelian makanan dan minuman yang mengandung hasil olahan susu. Peningkatan harga tersebut menyebabkan banyak penjual minuman teh yang dikombinasikan dengan krim susu merugi. Namun demikian, terdapat resep untuk meracik teh dengan beberapa tambahan lain selain produk susu yang membuat keuntungan penjual teh tetap terjaga.

Berdasarkan paragraf tersebut, manakah yang PALING MUNGKIN menjadi asumsi yang mendasari argumen di atas?

(A) Peningkatan harga susu tidak memengaruhi keuntungan dari penjualan minuman teh.

(B) Tidak ada tambahan lain selain susu yang dapat mempertahankan penjualan minuman teh.

(C) Minuman teh tetap terasa segar meskipun ditambahkan atau tidak ditambahkan krim susu.

(D) Tambahan selain produk susu hanya bisa dikombinasikan pada minuman teh.

(E) Usaha penjualan minuman teh dengan susu dapat memberikan keuntungan yang besar.

Jawab: (A)

Disampaikan bahwa peningkatan harga susu memberikan dampak pada pembelian makanan dan minuman yang mengandung hasil olahan susu. Keterangan ini terdapat pada kalimat pertama.

Dampak tersebut juga dirasakan oleh penjual minuman teh yang dikombinasikan dengan krim susu. Keterangan ini terdapat pada kalimat kedua yang menyatakan bahwa penjual minuman teh tersebut dapat merugi.

Namun di akhir bagian (kalimat ketiga) disampaikan bahwa ada cara lain (tanpa menggunakan susu) yang bisa membuat keuntungan penjual teh tetap terjaga. Dari sini dapat diperoleh asumsi bahwa kenaikan harga susu tidak memengaruhi keuntungan penjual teh.

Jadi, asumsi yang PALING MUNGKIN yang mendasari argumen di atas adalah (A) Peningkatan harga susu tidak memengaruhi keuntungan dari penjualan minuman teh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.