Beberapa tahun terakhir diet ketogenik adalah diet yang cukup populer. Akan tetapi diet ini masih menuai kontroversi dalam hal keamanannya. Diet ketogenik atau diet rendah karbohidrat digunakan sejak tahun 1920 sebagai terapi untuk pasien epilepsi kemudian berkembang seiring dengan banyaknya penelitian yang menemukan manfaat lain untuk penyakit diabetes melitus, penyakit kardiovaskuler, dan efek terhadap penurunan berat badan. Sebuah studi menyebutkan bahwa orang yang menjalani diet keto kehilangan 2 kali lipat berat badannya dan kadar trigliserida serta kolesterol mengalami perbaikan.

Manakah DUA simpulan yang PALING DIDUKUNG oleh bacaan tersebut?

(A)  Diet ketogenik adalah diet yang paling ampuh untuk menurunkan berat badan.

(B)  Banyak pasien epilepsi menggunakan diet ketogenik sebagai terapi penyakit.

(C)  Semakin lama orang melaksanakan diet ketogenik, semakin ampuh penurunan berat badannya.

(D)  Seseorang yang mengalami penyakit diabetes melitus disarankan untuk menjalani metode diet ketogenik.

(E)  Diet ketogenik tidak diperbolehkan karena menuai banyak kontroversi.

Jawab: (B) dan (D)

Analisis kebenaran dari setiap pernyataan pada pilihan ganda untuk melihat simpulan mana yang didukung oleh bacaan.

(A) Diet ketogenik adalah diet yang paling ampuh untuk menurunkan berat badan, tidak sesuai.
Pernyataan mengenai diet ketogenik terdapat pada kalimat (1) yaitu Beberapa tahun terakhir diet ketogenik adalah diet yang cukup populer. Di mana diet ketogenik bukan diet yang paling ampuh, melainkan diet yang cukup populer.

(B) Banyak pasien epilepsi menggunakan diet ketogenik sebagai terapi penyakit, sesuai. Didukung bacaan pada kalimat (3) yaitu Diet ketogenik atau diet rendah karbohidrat digunakan sejak tahun 1920 sebagai terapi untuk pasien epilepsi

(C) Semakin lama orang melaksanakan diet ketogenik, semakin ampuh penurunan berat badannya, tidak ada keterangan yang menyatakan demikian

(D) Seseorang yang mengalami penyakit diabetes melitus disarankan untuk menjalani metode diet ketogenik, sesuai. Dukungan untuk pernyataan terdapat pada kalimat (3) … banyaknya penelitian yang menemukan manfaat lain untuk penyakit diabetes melitus, penyakit kardiovaskuler, dan efek terhadap penurunan berat badan.

(E) Diet ketogenik tidak diperbolehkan karena menuai banyak kontroversi, tidak ada keterangan yang menyatakan larangan untuk melakukan diet ketogenik.

Jadi, DUA simpulan yang PALING DIDUKUNG oleh bacaan tersebut adalah (B) Banyak pasien epilepsi menggunakan diet ketogenik sebagai terapi penyakit dan (D) Seseorang yang mengalami penyakit diabetes melitus disarankan untuk menjalani metode diet ketogenik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.