UTBK 2019/PK
Di antara grafik berikut yang menyatakan y sebagai fungsi dari x adalah .…

(A)
(B)
Di antara grafik berikut yang menyatakan y sebagai
(C)
Grafik yang menyatakan y sebagai fungsi
(D)
(E)

Jawab: (D)

Grafik fungi y yang mentayakan suatu fungsi dapat dilihat adanya anggota domain (daerah asal) yang hanya memiliki satu pasangan dengan anggota kodomain (daerah kawan). Anggota domain adalah semua bilangan pada sumbu x dan anggota kodomain adalah semua bilangan pada sumbu y.

Pada grafik fungsi berbentuk oval, setiap absis (x) memiliki dua pasangan dengan y sehingga grafik pada pilihan A tidak menyatakan y sebagai fungsi.

Untuk grafik berbentuk hiperbola horizontal seperti pada pilihan B, ada banyak anggota absis yang memiliki dua pasangan dengan y sehingga grafik pada pilihan B tidak menyatakan y sebagai fungsi.

Pada sebuah garis lurus vertikal, satu absis memiliki banyak pasangan dengan anggota y sehingga grafk lurus vertikal juga tidak menyatakan y sebagai fungsi.

Grafik fungsi berupa garis lurus horizontal selalu memasangkan setiap nilai absis (x) dengan ordinat (y) yang sama. Artinya, setiap absis memiliki satu pasangan dengan ordinat sehingga memenuhi sifat fungsi.

Untuk grafik pada pilihan E, semua anggota absis (domain) memiliki dua pasangan dengan y kecuali x = 0 yang hanya berpasangan dengan y = 0. Ada banyak domain yang memiliki pasagan lebih dari satu sehingga grafik pada pilihan E tidak menyatakan y sebagai fungsi.

Jadi, jawaban untuk Di antara grafik berikut yang menyatakan y sebagai fungsi dari x adalah grafik pada pilihan D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.