UTBK 2023/PU
Kantor Perdagangan Daerah X memberitahukan bahwa permintaan terhadap kunyit dalam triwulan terakhir meningkat cukup tajam karena mengalami peningkatan permintaan.

Manakah pernyataan yang PALING MUNGKIN BENAR?

(A) Kunyit merupakan tumbuhan herbal yang berkhasiat.

(B) Orang-orang lebih suka kunyit dibandingkan tumbuhan herbal lainnya.

(C) Jumlah pembuat minuman herbal pada triwulan ini lebih banyak dibandingkan triwulan lalu.

(D) Dari dahulu, konsumsi kunyit selalu tinggi karena banyak produsen minuman herbal.

(E) Produksi komoditas kunyit pada Daerah X setiap periode selalu meningkat.

Jawab: (C)

Informasi yang diberikan menyebutkan bahwa permintaan terhadap kunyit dalam triwulan terakhir meningkat cukup tajam karena mengalami peningkatan permintaan.

Dari informasi tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi sebuah fenomena (kejadian) yang menyebabkan permintaan terhadap kunyit meningkat.

Analisis beberapa pernyataan yang diberikan:

(A) Kunyit merupakan tumbuhan herbal yang berkhasiat. → tidak memiliki kaitan dengan informasi yang diberikan.

(B) Orang-orang lebih suka kunyit dibandingkan tumbuhan herbal lainnya. → tidak memiliki kaitan dengan informasi yang diberikan.

(C) Jumlah pembuat minuman herbal pada triwulan ini lebih banyak dibandingkan triwulan lalu. → sesuai, pernyataan ini dapat menjelaskan adanya permintaan kunyit yang meningkat dalam triwulan terakhir. Di mana kunyit yang menjadi bahan dasar minuman herbal yang jumlahnya lebih banyak triwulan ini dibanding triwulan lalu.

(D) Dari dahulu, konsumsi kunyit selalu tinggi karena banyak produsen minuman herbal. → tidak ada kaitannya dengan permintaan kunyit yang meningkat dalam triwulan terakhir.

(E) Produksi komoditas kunyit pada Daerah X setiap periode selalu meningkat. → Peningkatan permintaan kunyit terjadi dalam triwulan terakhir, tidak ada keterangan selalui meningkat di setiap periode.

Jadi, pernyataan yang PALING MUNGKIN BENAR adalah (C) Jumlah pembuat minuman herbal pada triwulan ini lebih banyak dibandingkan triwulan lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.