UTBK 2023/PU
Membaca buku memberikan banyak manfaat bagi siapa pun, baik orang dewasa atau anak kecil. Ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan dengan gemar membaca buku, seperti sebagai sarana hiburan, menambah kemampuan seseorang, hingga menambah aspek pengetahuan. Membaca buku menjadi salah satu kebiasaan yang positif dan bisa dilakukan kapan saja. Dengan rutin membaca buku dapat bermanfaat untuk kesehatan otak. Berikut ini manfaat yang bisa dirasakan dengan kebiasaan membaca buku bagi otak, yaitu: memperlambat proses penyakit Alzheimer, meningkatkan daya ingat, menurunkan risiko stres dan depresi.

Manakah DUA simpulan yang PALING DIDUKUNG oleh bacaan tersebut?

(A) Bagi pengidap Alzheimer, menjalankan pengobatan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini dengan membaca buku.

(B) Buku jadi sangat mahal harganya karena memberikan banyak manfaat.

(C) Membaca buku sangat membosankan dan melelahkan bagi sebagian orang.

(D) Banyak penderita gangguan kejiwaan, seperti depresi membaca buku untuk pengobatan.

(E) Membaca buku disarankan agar terhindar dari risiko penyakit menular.

Jawab: (A) dan (D)

Dua simpulan yang paling didukung adalah kalimat yang memiliki pernyataan sesuai dengan bacaan. Dua simpulan yang paling didukung terdapat pada dua kalimat berikut.

  • (A) Bagi pengidap Alzheimer, menjalankan pengobatan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini dengan membaca buku.
  • (D) Banyak penderita gangguan kejiwaan, seperti depresi membaca buku untuk pengobatan.

Kedua pernyataan tersebut sesuai dengan pernyataan: Berikut ini manfaat yang bisa dirasakan dengan kebiasaan membaca buku bagi otak, yaitu: memperlambat proses penyakit Alzheimer, meningkatkan daya ingat, menurunkan risiko stres dan depresi.

Jadi, dua simpulan yang PALING DIDUKUNG oleh bacaan adalah (A) Bagi pengidap Alzheimer, menjalankan pengobatan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi ini dengan membaca buku dan (D) Banyak penderita gangguan kejiwaan, seperti depresi membaca buku untuk pengobatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.