UTBK 2023/PU
Panggung kesenian tradisional, seperti lenong atau ludruk, merupakan wadah untuk menanamkan nilai-nilai etika dan moral. Apabila panggung kesenian tradisional punah, orang-orang mencari hiburan melalui panggung-panggung modern dan tidak terjadi regenerasi karena anak-anak muda tidak lagi mengenalnya. Hal itu mengakibatkan gedung-gedung kesenian tradisional satu per satu mulai tutup dan para pelaku seninya beralih profesi.

Berdasarkan paragraf di atas, apabila gedung-gedung kesenian tradisional satu per satu mulai tutup dan para pelaku seninya beralih profesi. Manakah di bawah ini simpulan yang PALING MUNGKIN BENAR?

(A)  Panggung kesenian tradisional telah punah

(B)  Panggung kesenian tradisional pernah punah

(C)  Panggung kesenian tradisional sudah pasti punah

(D)  Panggung kesenian tradisional pada akhirnya punah

(E)  Panggung kesenian tradisional mungkin akan punah

Jawab: (A)

Urutan kejadian dari beberapa informasi yang diberikan: Panggung kesenian tradisional punah → orang-orang mencari hiburan melalui panggung-panggung modern → tidak terjadi regenerasi karena anak-anak muda tidak lagi mengenalnya → gedung-gedung kesenian tradisional satu per satu mulai tutup dan para pelaku seninya beralih profesi.

Dari serangkaian urutan kejadian di atas, terjadinya peristiwa di akhir bagian merupakan akibat dari peristiwa-peristiwa sebelumnya.

Sehingga, apabila gedung-gedung kesenian tradisional satu per satu mulai tutup dan para pelaku seninya beralih profesi maka telah tejadi perisitiwa sebelumnya telah terjadi.

Ada tiga peristiwa yang sebelumnya terjadi yaitu orang-orang mencari hiburan melalui panggung-panggung modern, tidak terjadi regenerasi karena anak-anak muda tidak lagi mengenalnya, serta panggung kesenian tradisional punah.

Jadi, simpulan yang PALING MUNGKIN BENAR apabila gedung-gedung kesenian tradisional satu per satu mulai tutup dan para pelaku seninya beralih profesi adalah (A) Panggung kesenian tradisional telah punah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.