UTBK 2023/PU
Para pebisnis kasur lantai kompak mengalami kerugian jelang momen lebaran 2019. Kerugian yang mencapai miliaran rupiah ini disulut oleh tingginya persaingan bisnis, di mana dalam satu area terdapat banyak produsen kasur. Akibatnya, produksi menumpuk, sementara penjualan lesu. Situasi diperparah dengan kurangnya pengetahuan di bidang promosi digital, sehingga agenda marketing menjadi tak optimal.

Manakah informasi berikut yang dapat MEMPERLEMAH pernyataan “Para pebisnis kasur mengalami kerugian”?

(A) Penjualan kasur lantai kompak mengalami penurunan dibanding periode sebelumnya

(B) Stok produk kasur lantai kompak mengalami peningkatan dibanding periode sebelumnya

(C) Biaya produksi kasur lantai kompak lebih tinggi dibanding periode sebelumnya atau dibanding dengan produksi kasur lainnya, sehingga menyebabkan margin keuntungan berkurang

(D) Promosi kasur lantai kompak tidak efektif, misalnya dengan menunjukkan bahwa tidak terjadi peningkatan penjualan setelah melakukan promosi tertentu.

(E) Semua opsi salah

Jawab: (E)

Kalimat memperlemah berupa pernyataan yang sesuai bacaan namun pernyataan tersebut bersifat meragukan. Analisis satu per satu pilihan yang diberikan untuk melihat mana kalimat yang memperlemah pernyataan “Para pebisnis kasur mengalami kerugian”.

Penyataan pada kalimat pilihan A sesuai dengan bacaan yang bersifat memperkuat keterangan Para pebisnis kasur mengalami kerugian. Keterangan ini terdapat pada kalimat pertama, di mana penurunan penjualan memiliki hubungan dengan kerugian. (Salah)

Untuk pernyataan pada pilihan B, Stok produk kasur lantai kompak mengalami peningkatan dibanding periode sebelumnya juga mempekuat keterangan “Para pebisnis kasur mengalami kerugian”. Peningkatan stok menunjukkan adanya penurunan penjualan yang berdampak pada kerugian para pebisnis. (Salah)

Pernyataan pada pilihan (C): Biaya produksi kasur lantai kompak lebih tinggi dibanding periode sebelumnya atau dibanding dengan produksi kasur lainnya, sehingga menyebabkan margin keuntungan berkurang tidak sesuai dengan bacaan. Di mana masalah utama pada bacaan menerangkan penjualan yang lesu, bukan disebabkan biaya produksi yang tinggi. (Salah)

Begitu juga dengan pernyataan pada kalimat (D) Promosi kasur lantai kompak tidak efektif, misalnya dengan menunjukkan bahwa tidak terjadi peningkatan penjualan setelah melakukan promosi tertentu tidak sesuai bacaan. Dalam bacaan hanya disebutkan bahwa kurangnya pengetahuan di bidang promosi digital mengakibatkan agenda marketing menjadi tak optimal. (Salah)

Jadi, tidak ada informasi berikut yang dapat MEMPERLEMAH pernyataan “Para pebisnis kasur mengalami kerugian” pada pilihan yang diberikan (semua opsi salah).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.