UTBK 2023/PU
Puncak gunung X merupakan puncak gunung paling tinggi di antara puncak gunung lain di Negara A. Makin tinggi puncak suatu gunung, kadar oksigen di puncak tersebut makin sedikit.

Berdasarkan informasi di atas, manakah pernyataan sebab-akibat berikut yang PALING MUNGKIN BENAR?

(A) Mendaki gunung X lebih mudah menyebabkan kelelahan daripada mendaki gunung yang lain.

(B) Kadar oksigen di puncak gunung X dipengaruhi oleh ketinggian gunung tersebut.

(C) Latihan pernapasan yang intensif akan membantu seorang pendaki mencapai puncak Gunung X.

(D) Kadar oksigen yang menipis di puncak gunung pasti disebabkan suhu udara yang dingin.

(E) Tingginya puncak suatu gunung selalu menyebabkan pendaki gunung kekurangan oksigen.

Jawab: (B)

Puncak gunung X merupakan puncak gunung paling tinggi di antara puncak gunung lain di Negara A. Makin tinggi puncak suatu gunung, kadar oksigen di puncak tersebut makin sedikit.

Kesimpulan yang dapat diambil dari dua keterangan tersebut adalah adalah Gunung X memiliki kadar oksigen paling sedikit di antara puncak gunung lain di Negara A karena puncak Gunung X merupakan puncak gunung paling tinggi.

Dari dua informasi yang diberikan dapat diketahui bahwa ada hubungan antara kadar oksigen di puncak Gunung X dengan ketinggian gunung. Di mana kadar oksigen di puncak Gunung X dipengaruhi oleh ketinggian gunung tersebut.

(A) Mendaki gunung X lebih mudah menyebabkan kelelahan daripada mendaki gunung yang lain: kurang tepat karena keterangan yang diberikan tidak menyebutkan informasi mengenai tingkat kelelahan saat mendaki gunung.

(C) Latihan pernapasan yang intensif akan membantu seorang pendaki mencapai puncak Gunung X: kurang tepat karena tidak ada keterangan mengenai manfaat dari latihan pernapasan yang intensif.

(D) Kadar oksigen yang menipis di puncak gunung pasti disebabkan suhu udara yang dingin: salah karena kadar oksigen disebutkan memiliki korelasi dengan ketinggian, bukan udara dingin.

(E) Tingginya puncak suatu gunung selalu menyebabkan pendaki gunung kekurangan oksigen: tidak tepat karena tidak ada keterangan yang menyebutkan hal demikian.

Jadi, pernyataan sebab-akibat yang PALING MUNGKIN BENAR berdasarkan informasi adalah (B) Kadar oksigen di puncak gunung X dipengaruhi oleh ketinggian gunung tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.