1Sejak terjadinya wabah penyakit Covid-19, problematika sampah dan limbah medis menjadi tantangan utama bagi masyarakat dan lingkungan. 2Tingginya angka penggunaan alat pengamanan diri kesehatan, masker, sarung tangan, dan peralatan kesehatan lainnya membuat limbah medis meningkat secara drastis dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. 3(…) penumpukan sampah medis tentu tidak dapat dihindari. 4Upaya penanganan limbah yang kurang optimal akan berefek besar bagi lingkungan. 5Saat ini banyak rumah sakit yang belum memiliki tehnologi pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun. 6Menurut laporan Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa dari 2.852 rumah sakit yang ada di Indonesia hanya ada 96 rumah sakit yang memiliki insinerator (alat untuk pembakaran sampah hingga habis). 7Amat disayangkan, di rumah sakit tersebut ada insinerator yang tidak berfungsi dan tidak laik pakai sehingga menghambat proses penghancuran sampah.

diadaptasi dari https://kumparan.com/

Soal 1

Apa inti isi teks tersebut?

(A) Upaya penanganan limbah yang kurang fokus berdampak pada lingkungan.

(B) Limbah medis menjadi tantangan utama bagi masyarakat.

(C) Pandemi Covid-19 menimbulkan peningkatan sampah medis.  

(D) Banyak rumah sakit yang tidak dapat memusnahkan sampah medis.

(E) Teknologi pengelolaan limbah medis sangat diperlukan oleh rumah sakit.

Jawab: (C)

Inti isi teks adalah topik utama dari bacaan. Ciri-ciri inti isi teks dari bacaaan adalah bahasan yang selalu diulang-ulang. Pada bacaan yang diberikan, topik yang selalu diulang adalah peningkatan sampah medis. Penyebab peningkatan sampah medis disebutkan karena terjadi pandemi COVID-19.

Jadi, inti isi teks tersebut adalah Pandemi Covid-19 menimbulkan peningkatan sampah medis.

Soal 2

Penulisan kata bercetak tebal yang salah pada teks tersebut terdapat pada kalimat ….
(A) (1)
(B) (2)
(C) (4)
(D) (5)
(E) (7)

Jawab: (D)

Penulisan kata yang sesuai dengan KBBI terdapat pada tabel berikut.

Dalam BacaanKBBI
problematikaproblematika
drastisdrastis
berefekberefek
tehnologi teknologi
laiklaik

Penulisan kata tehnologi tidak sesuai dengan bentuk baku dalam KBBI yaitu teknologi. Jadi, penulisan kata bercetak tebal yang salah pada teks tersebut terdapat pada kalimat Saat ini banyak rumah sakit yang belum memiliki tehnologi pengelolaan limbah medis bahan berbahaya dan beracun (5).

Soal 3

Kata sambung yang paling tepat melengkapi kalimat (3) adalah ….
(A) bahkan
(B) akibatnya
(C) selanjutnya
(D) selain itu
(E) sementara itu

Jawab: (B)

Kalimat setelah kata sambung yang belum diketahui menerangkan akibat dari keterangan pada kalimat sebelumnya. Keterangan pada kalimat sebelumnya menerangkan peningkatan sampah secara drastis. Setelah kata sambung menjadi akibat dari keterangan pada kalimat sebelumnya yaitu adanya penumpukan sampah.

Jadi, kata sambung yang paling tepat melengkapi kalimat (3) adalah akibatnya (B).

Soal 4

Manakah kalimat berikut yang merupakan perbaikan kalimat (6)?

(A) Menurut laporan Kementerian Kesehatan menyatakan dari 2.852 rumah sakit yang ada di Indonesia hanya ada 96 rumah sakit yang memiliki insinerator (alat untuk pembakaran sampah hingga habis).

(B) Laporan Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa dari 2.852 rumah sakit yang ada di Indonesia hanya ada 96 rumah sakit yang memiliki insinerator (alat untuk pembakaran sampah hingga habis).

(C) Menurut laporan Kementerian Kesehatan bahwa dari 2.852 rumah sakit yang ada di Indonesia hanya ada 96 rumah sakit yang memiliki insinerator (alat untuk pembakaran sampah hingga habis).

(D) Menurut laporan Kementerian Kesehatan dinyatakan bahwa dari 2.852 rumah sakit yang ada di Indonesia hanya ada 96 rumah sakit yang memiliki insinerator (alat untuk pembakaran sampah hingga habis).

(E) Laporan Kementerian Kesehatan dinyatakan dari 2.852 rumah sakit yang ada di Indonesia hanya ada 96 rumah sakit yang memiliki insinerator (alat untuk pembakaran sampah hingga habis).

Jawab: (B)

Kalimat (6) pada bacaan:
Menurut laporan Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa dari 2.852 rumah sakit yang ada di Indonesia hanya ada 96 rumah sakit yang memiliki insinerator (alat untuk pembakaran sampah hingga habis).

Penggunaan kata menurut di awal kalimat pada kalimat (6) tidak tepat karena membuat kalimat menjadi tidak memiliki subjek. Ingat bahwa sebuah kalimat efektif setidaknya harus memiliki subjek dan predikat. Sehingga, penggunaan kata menurut di awal kalimat perlu dihilangkan.

Jadi, perbaikan kalimat (6) adalah Laporan Kementerian Kesehatan menyatakan bahwa dari 2.852 rumah sakit yang ada di Indonesia hanya ada 96 rumah sakit yang memiliki insinerator (alat untuk pembakaran sampah hingga habis).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.