Tabel berikut menyajikan informasi tentang durasi seseorang bisa menahan napas untuk uji kondisi kesehatan paru-paru 200 pasien Covid-19.

Durasi, t (detik)Frekuensi
30 < t ≤ 4572
45 < t ≤ 6065
60 < t ≤ 7536
75 < t ≤ 9027

 Berdasarkan informasi yang diberikan, manakah hubungan antara kuantitas P dan Q berikut yang benar?

PQ
Banyaknya pasien yang
bisa menahan napas
lebih dari 65 detik
51

(A) Kuantitas P lebih besar daripada Q

(B) Kuantitas P lebih kecil daripada Q

(C) Kuantitas P sama dengan Q

(D)  Tidak dapat ditentukan hubungan antara kuantitas P dan Q

Jawab: (D)

Dari tabel yang diberikan dapat diketahui bahwa banyak pasien yang bisa menahan napas antara lebih dari 60 detik sampai 75 detik adalah 36. Sedangkan banyak pasien yang bisa menahan napas antara lebih dari 75 detik sampai 90 detik adalah 27.

Banyak pasien yang bisa menahan napas lebih dari 65 detik sama dengan banyak pasien yang bisa menahan napas antara lebih dari 75 detik sampai 90 detik (27) dengan SEBAGIAN banyak pasien yang bisa menahan napas antara lebih dari 60 detik sampai 75 detik.

Di sini, SEBAGIAN banyak pasien yang bisa menahan napas antara lebih dari 60 detik sampai 75 detik TIDAK bisa diketahui. Sehingga banyak pasien yang bisa menahan napas lebih dari 65 detik juga tidak bisa diketahui nilainya secara pasti.

Nilai P tidak dapat diketahui secara pasti, bisa lebih dari Q = 51 atau bisa kurang dari Q = 51. Jadi, hubungan antara kuantitas P dan Q berikut yang benar adalah (D) Tidak dapat ditentukan hubungan antara kuantitas P dan Q.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.