Usia yang bertambah dapat menimbulkan penyakit pada arteri

Usia yang bertambah dapat menimbulkan penyakit pada arteri. Plak-plak lemak yang terbentuk akibat kolesterol teroksidasi, radikal bebas, dan lain-lain secara perlahan menyumbat pembuluh arteri. Akibatnya kecepatan aliran darah berkurang dan tekanan darahnya meningkat.

Penyakit yang dimaksud adalah ….
A. hipotensi
B. trombus
C. angina pectoris
D. arteriosklerosis
E. aterosklerosis

Jawab: E

Beberapa pengertian dari nama kelainan yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah:

  • Hipotensi: tekanan darah rendah, keadaan di mana tekanan darah dalam pembuluh arteri lebih rendah dari keadaan normal.

  • Trombus: pembekuan darah pada pembuluh darah dan jantung karena trombosit, protein, dan sel-sel darah lain melekat satu sama lain.

  • Angina pectoris: angin duduk, nyeri dada akibat kurangnya darah dan oksigen yang menuju ke jantung.

  • Arteriosklerosis: pengerasan pembuluh darah arteri karena pengendapan kalsium, akibatnya peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh menjadi terganggu.

  • Atherosklerosis: penyempitan pembuluh darah arteri akibat penumpukan plak pada dinding dalam arteri, plak tersebut bisa berupa kolesterol, lemak, dan kalsium.

Dari soal diketahui plak-plak lemak menyumbat pembuluh arteri yang membuat kecepatan aliran darah berkurang dan tekanan darahnya meningkat. Jadi, penyakit di usia yang bertambah dapat menimbulkan penyakit pada arteri sesuai ciri-ciri pada soal adalah atherosklerosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Exit mobile version