UTBK 2022/PBM
1Dalam hal privasi data, aplikasi di ponsel cenderung tidak aman. 2Oleh karena itu, penting mengamankan data pribadi, terutama jika menyangkut aplikasi yang digunakan. 3Banyak cara  untuk menemukan atau menghapus data yang dapat kita pelajari. 4Selain itu, kita juga bisa mempelajari cara melindungi privasi data dan meningkatakan keamanan ponsel. 5Salah satu di antaranya adalah menggunakan pengelola kata sandi.

6Kata sandi yang terkuat adalah karakter acak. 7Karakter acak ini terdiri atas serangkaian huruf, angka, dan simbol tanpa urutan tertentu yang cenderung tidak ditemukan dalam kamus, pemecahannya oleh komputer sulit, dan hacker sulit meretas. 8Kelemahan karakter acak adalah kata sandi yang rumit dan cenderung sulit diingat. 9Di sinilah aplikasi pengelola kata sandi berguna. 10Pengelola kata sandi menyimpan semua kata sandi dalam satu aplikasi terenkripsi dan dilindungi oleh kata sandi. 11Aplikasi pengelola sandi menghasilkan dan mengingat kata sandi dengan kuat. 12Dengan pengelola kata sandi, setiap akun dapat memiliki kata sandi yang berbeda, rumit, dan sulit diretas.

Diadaptasi dari https://www.republika.co.id/

Soal 1

Sandi dalam kalimat (5) memiliki hubungan hierakis dengan kata ….
(A) karakter
(B) keamanan
(C) ponsel
(D) hacker
(E) komputer

Jawab: (B)

Hubungan hierakis kata adalah kata yang memiliki relasi hiponim-hipernim yaitu hubungan makna spesifik dengan generik. Contohnya adalah beo, merpati dengan burung, di mana beo dan merpati merupakan hiponim sedangkan burung merupakan hipernim.

Kata sandi merupakan bagian dari keamanan akun dalam sebuah platform digital. Jadi, sandi dalam kalimat (5) memiliki hubungan hierakis dengan kata (B) keamanan.

Soal 2

Frasa yang cenderung tidak ditemukan dalam kamus, pemecahannya oleh komputer sulit, dan hacker sulit meretas pada kalimat (7) akan menjadi benar bila susunannya ….

(A) yang cenderung tidak tertemukan dalam kamus, sulit pemecahannya oleh komputer, dan sulit diretas oleh hacker

(B) yang cenderung tidak ditemukan dalam kamus, sulit dipecahkan oleh komputer, dan hacker sulit meretasnya

(C) yang cenderung tidak ditemukan dalam kamus, pemecahannya sulit oleh komputer, dan sulit diretas oleh hacker

(D) yang cenderung tidak tertemukan dalam kamus, sulit terpecahkan oleh komputer, dan peretasnya oleh hacker sulit

(E) yang cenderung tidak ditemukan dalam kamus, sulit dipecahkan oleh komputer, dan sulit diretas oleh hacker

Jawab: (E)

Dalam kalimat efektif perlu memperhatikan kesejajaran atau paralelisme. Kesejajaran dalam kalimat adalah penggunaan bentuk-bentuk kata atau kalimat atau konstruksi bahasa yang sama. Jika terdapat rician dalam bentuk pasif, bentuk yang lainnya juga pasif. Demikian juga untuk bentuk yang lainnya perlu menyesuaikan.

Kalimat (7) pada bacaan:
Karakter acak ini terdiri atas serangkaian huruf, angka, dan simbol tanpa urutan tertentu yang cenderung tidak ditemukan dalam kamus, pemecahannya oleh komputer sulit, dan hacker sulit meretas.

Pada kalimat tersebut ada tiga rincian yaitu,

  • Cenderung tidak ditemukan dalam kamus → pasif
  • Pemecahannya oleh komputer sulit → aktif
  • Hacker sulit meretas → aktif

Bentuk tiga frasa yang sejajar terdapat pada pilihan (E) yang cenderung tidak ditemukan dalam kamus, sulit dipecahkan oleh komputer, dan sulit diretas oleh hacker. Ketiga frasa tersebut memiliki bentuk pasif.

Jadi, frasa tersebut benar bila susunannya yang cenderung tidak ditemukan dalam kamus, sulit dipecahkan oleh komputer, dan sulit diretas oleh hacker.

Soal 3

Tujuan penulisan kalimat (9) pada bacaan tersebut adalah untuk ….

(A) menggambarkan informasi pada kalimat sebelumnya

(B) menjelaskan informasi pada kalimat sebelumnya

(C) mengelaborasi informasi pada kalimat sebelumnya

(D) mempertegas informasi pada kalimat sebelumnya

(E) membuktikan informasi pada kalimat sebelumnya

Jawab: (D)

Kalimat (9) pada bacaan:
Di sinilah aplikasi pengelola kata sandi berguna.

Pernyataan tersebut menegaskan pernyataan kalimat sebelumnya yaitu Kelemahan karakter acak adalah kata sandi yang rumit dan cenderung sulit diingat. Jadi, tujuan penulisan kalimat (9) pada bacaan tersebut adalah untuk (D) mempertegas informasi pada kalimat sebelumnya.

Soal 4

Fakta dalam bacaan tersebut terdapat pada …
(A) kalimat (6)
(B) kalimat (8)
(C) kalimat (10)
(D) kalimat (11)
(E) kalimat (12)

Jawab: (C)

Fakta adalah pernyataan yang sesuai dengan kondisi sebenarnya. Ciri-ciri kalimat fakta adalah bersifat objektif, memberikan konteks umum, berisi data-data yang sifatnya kuantitatif atau kualitatif, miliki data pendukung yang akurat. Selain itu, kalimat fakta biasanya dapat menjawab pertanyaan: apa, siapa, di mana, kapan, berapa.

    Kalimat fakta pada bacaan terdapat pada kelimat (10): Pengelola kata sandi menyimpan semua kata sandi dalam satu aplikasi terenkripsi dan dilindungi oleh kata sandi. Pada kalimat tersebut menyampaikan informasi yang dapat dibuktikan.

    Jadi, fakta dalam bacaan tersebut terdapat pada kalimat (10).

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.