UTBK 2023/PU
Kendaraan transportasi online makin banyak jumlahnya saat ini karena dirasakan lebih murah dalam memberikan tarif. Selain itu, respons yang cepat membuat perjalanan menjadi lebih singkat dan waktu perjalanan dapat diprediksi. Akan tetapi, banyaknya kendaraan transportasi online menimbulkan kepadatan di jalan raya sehingga kemacetan tidak dapat dihindari.

Berdasarkan informasi tersebut, manakah pernyataan berikut yang PASTI BENAR?

(A) Kemacetan di jalan terjadi karena tarif transportasi online yang murah.

(B) Semua orang yang menggunakan transportasi online tiba di tujuan tepat waktu.

(C) Moda transportasi lain memberikan tarif yang lebih mahal dibandingkan kendaraan transportasi online.

(D) Waktu perjalanan moda transportasi lain tidak dapat diprediksi.

(E) Beberapa permasalahan lalu lintas terjadi karena meningkatnya jumlah kendaraan transportasi online.  

Jawab: (E)

Untuk menjawab soal di atas, pilih pernyataan (pada pilihan ganda) yang mendapat dukungan keterangan pada pernyataan yang diberikan. Dari beberapa pernyataan yang diberikan dapat disimpulkan premis mengenai kendaraan tranpostasi online seperti berikut.

  • Kendaraan transportasi online makin banyak jumlahnya
  • Kendaraan transportasi online dirasakan lebih murah dalam memberikan tarif
  • Kendaraan transpostasi online memiliki respons yang cepat, membuat perjalanan menjadi lebih singkat, dan waktu perjalanan dapat diprediksi
  • Banyaknya kendaraan transportasi online menimbulkan kepadatan di jalan raya sehingga kemacetan tidak dapat dihindari

Analisis simpulan pada pilihan ganda:

(A) Kemacetan di jalan terjadi karena tarif transportasi online yang murah banyaknya kendaraan transportasi online bukan karena tarifnya.

(B) Semua orang yang menggunakan transportasi online tiba di tujuan tepat waktu menjadi lebih singkat dan waktu perjalanan dapat diprediksi (tidak ada kepastian akan tepat waktu).

(C) Moda transportasi lain memberikan tarif yang lebih mahal dibandingkan kendaraan transportasi online. Tidak ada keterangan pasti mengenai informasi tersebut. Keterangan pada pernyataan ‘Kendaraan transportasi online … karena dirasakan lebih murah dalam memberikan tarif’ merupakan pendapat (opini) yang mana pernyataan tersebut belum tentu benar.

(D) Waktu perjalanan moda transportasi lain tidak dapat diprediksi. Tidak ada keterangan yang mendukung pernyataan tersebut. Adanya hanya pernyataan mengenai salah satu lelebihan dari kendaraan transportasi online yang memiliki waktu perjalanan dapat diprediksi. Namun tidak ada pernyataan yang secara jelas menyatakan transportasi lain tidak dapat diprediksi.

(E) Beberapa permasalahan lalu lintas terjadi karena meningkatnya jumlah kendaraan transportasi online didukung oleh pernyataan: Akan tetapi, banyaknya kendaraan transportasi online menimbulkan kepadatan di jalan raya sehingga kemacetan tidak dapat dihindari.

Jadi, pernyataan yang PASTI BENAR berdasarkan informasi yang diberikan adalah (E) Beberapa permasalahan lalu lintas terjadi karena meningkatnya jumlah kendaraan transportasi online.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.