Contoh & Ciri-Ciri Kalimat Fakta dan Opini

Kalimat adalah kumpulan beberapa kata atau klausa yang setidaknya memiliki subyek dan perdikat. Dalam sebuah kalimat memuat pernyataan yang isinya dapat berupa penilaian atas suatu obyek atau penilaian dari subyek. Kalimat yang didasarkan pada penilaian atas suatu obyek disebut kalimat fakta, sementara kalimat yang didasarkan pada penilaian dari subyek disebut kalimat opini.

Kalimaf fakta berguna untuk mengungkapkan informasi yang berdasarkan kenyataan, misalnya pernyataan pada berita dan pengetahuan umum. Contoh kalimat fakta: Pada tahun 2019, Jepang memiliki 33 Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir yang masih beroperasi di berbagai wilayah Jepang.

Kalimat opini digunakan untuk menyampaikan ide atau gagasan yang dimiliki seseorang, misalnya pernyataan pada teks argumentasi dan masukan kritik/saran. Contoh kalimat opini: Penggungaan teknologi nuklir sebagai pembangkit listrik seharusnya sudah bisa diterapkan di Indoensia.

Apa saja yang menjadi perbedaan antara kalimat fakta dan opini? Bagaimana cara mengenali kalimat fakta? Bagaimana cara mengenali kalimat opini? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Table of Contents

Baca Juga: Petunjuk Penggunaan Huruf Miring dalam Sebuah Kalimat

Kalimat Fakta

Fakta dalam KBBI berati hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Atau fakta juga dapat dikatakan sebagai sepotong informasi yang bisa dibuktikan melalui data, percobaan, atau bentuk bukti lainnya. Sifat informasi dari fakta adalah obyektif dan tidak sering berubah, bahkan tidak akan berubah.

Kalimat fakta merupakan kalimat yang memuat fakta. Sehingga dapat dikatakan bahwa kalimat fakta adalah kalimat yang di dalamnya terdapat sebuah informasi yang sudah terbukti kebenarannya.

Kalimat fakta bersumber dari kejadian atau peristiwa yang nyata telah terjadi. Maka dari itu kalimat fakta selalu bersifat faktual atau sesuai dengan kondisi yang benar-benar sudah terjadi. Penggunaan kalimat fakta banyak terdapat pada berita, pengetahuan umum, peristiwa sejarah, kondisi geografis suatu tempat, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri kalimat fakta:

  • Bersifat obyektif
  • Faktual dan/atau aktual
  • Benar-benar terjadi, sesuai dengan kenyataan
  • Bisa dibuktikan kebenarannya
  • Menyatakan kejadian yang sedang atau telah terjadi
  • Memuat data yang akurat, terdapat keterangan waktu yang tepat

Beberapa contoh kalimat fakta:

  • Proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945.
  • Indonesia terletak di Asia Tenggara.
  • Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengumumkan sebanyak 120.463 siswa diterima Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Baca Juga: Apa Itu Kalimat Ambigu dan Contohnya

Kalimat Opini

Opini menurut KBBI memiliki 3 pengertian yaitu pendapat, pikiran, dan pendirian. Opini dapat dipahamai juga sebagai penilaian dari seseorang atau pendapat individu/kelompok yang memiliki sifat subyektif. Sehingga dapat dikatakan bahwa opini adalah lawan atau kebalikan dari fakta.

Kalimat opini merupakan kalimat yang berisi anggapan yaitu suatu pemikiran/ide atau penilaian yang belum ada bukti ilmiah dan tidak jelas kebenarannya. Pernyataan dalam kalimat opini bersumber dari pemikiran seorang individu atau kelompok, sehingga sering bersifat bias. Karateristik dari kalimat opini adalah mengandung penilaian, pendapat, gagasan/ide, kritik, atau saran.

Ada dua jenis opini yaitu opini individu dan opini umum, perbedaan dari kedua jenis opini terdapat pada penjelasan berikut.

  • Opini individu: pernyataan berupa pendapat atau gagasan/ide dari seorang individu, contoh: Sepertinya sore akan turun hujan; Belajar adalah kegiatan yang menyenangkan.
  • Opini umum: pernyataan berupa pendapat atau gagasan/ide yang diakui banyak orang, contoh: Makan di malam hari dapat menyebabkan seseorang menjadi gemuk.

Penggunaan kalimat opini dapat ditemukan pada teks argumentasi, penyampaian saran/kritik, dan lain sebagainya.

Ciri-ciri kalimat opini:

  • Bersifat subyektif
  • Bias, berupa prasangka
  • Tidak/belum tentu sesuai dengan kenyataan
  • Berisi pendapat
  • Hasil pikiran seseorang atau sekelompok orang
  • Biasanya ditandai dengan pengguanaan kata-kata: bisa jadi, sepertinya, seharusnya, mungkin, sebaiknya

Beberapa contoh kalimat opini:

  • Orang-orang dari Suku Jawa biasanya ramah dan sopan.
  • Perempuan pintar akan terlihat lebih menarik dibanding perempuan yang banyak gaya.
  • Belajar melukis lebih mudah daripada belajar berhitung.
  • Tim dari Indonesia sepertinya akan menjadi juara umum pada perlombaan ini.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kalimat Efektif

Tabel Perbedaan Kalimat Fakta dan Opini

Secara ringkas, perbedaan antara kalimat fakta dan kalimat opini sesuai dengan kondisi pada tabel di bawah.

Tabel Perbedaan Kalimat Fakta dan Opini

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk menambah pemahaman bahasan di atas. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasannya. Sobat idschool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat Berlatih!

Contoh 1 – Soal Kalimat Fakta dan Opini

Bacalah paragraf berikut!
(1) Rencana penyelamatan lingkungan sudah dilakukan di Stockholm pada tahun 1972 dan dalam konferensi PBB di Bali akhir 2007 mengenai perubahan iklim. (2) Agar semua itu tidak hanya menjadi rencana kosong, perayaan Hari Bumi seharusnya bukan hanya melestarikan tradisi, melainkan juga permbaharuan komitmen. (3) Hal tersebut akan menjadi pembuktian komitmen yang dicanangkan. (4) Jika ingin merespons perubahan iklim, gaya hidup harus berubah. (5) Siapkah kita mengubah gaya hidup?

Kalimat yang bersisi fakta adalah nomor ….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)

Pembahasan:
Kalimat yang berisi fakta ditandai dengan keterangan atau bukti yang bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Kalimat nomor (2), (3), (4), dan (5) terdapat kata-kata yang menunjukkan saran, anjuran, dan pengandaian yang bukan menjadi karakteristik kalimat fakta.

Contoh Kalimat Fakta dan Opini

Jadi, kalimat yang bersisi fakta adalah nomor (1) Rencana penyelamatan lingkungan sudah dilakukan di Stockholm pada tahun 1972 dan dalam konferensi PBB di Bali akhir 2007 mengenai perubahan iklim.

Jawaban: A

Baca Juga: Contoh dan Cara Menentukan Jabatan Kata pada Struktur Kalimat

Contoh 2 – Soal Kalimat Fakta dan Opini

Contoh Soal Kalimat Fakta dan Opini

Kalimat fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (2) dan (5)
D. (3) dan (4)
E. (4) dan (5)

Pembahasan:
Salah satu karakteristik dari kalimat fakta adalah disertai data, seperti pada dua kalimat berikut.

  • Sebuah riset dilakukan untuk meneliti 949 kasus infeksi dari serangga yang tahan obat bernama bakteri gram-negatif dari tahun 1998 hingga 2011.
  • Hasilnya menunjukkan bahwa satu hari menginap di rumah sakit menimbulkan risiko terkena infeksi kebal obat sebesar 1%.

Jadi, kalimat fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor (1) dan (2).

Jawaban: A

Contoh 3 – Soal Kalimat Fakta dan Opini

Cermati kutipan teks berikut!
(1) Kekeringan yang melanda sejumlah daerah di Indonesia mulai berimbas terhadap proyeksi produksi pangan tahun ini. (2) Pemangku kepentingan di beberapa wilayah menilai penurunan produksi pangan tahun ini pasti terjadi. (3) Akibat kekeringan dan banyak yang gagal panen, produksi gabah akan berkurang. (4) Saat ini terdapat 820 hektare lahan persawahan di Pangandaran, Jawa Barat, yang telah dinyatakan gagal panen (puso). (5)Jika kondisi seperti ini terus berlangsung dan tidak ada upaya untuk mengatasi maka kerugian yang dialami oleh petani akan semakin besar.

Kalimat opini dalam teks tersebut terdapat pada nomor ….
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (4)
C. (3) dan (4)
D. (2) dan (5)
E. (4) dan (5)

Pembahasan:
Kalimat opini ditandai dengan adanya keterangan yang menyatakan pendapat, pemikiran, atau ide/gagasan. Di mana, bentuk keterangan tersebut terdapat pada dua kalimat berikut.

  • Pemangku kepentingan di beberapa wilayah menilai penurunan produksi pangan tahun ini pasti terjadi. (2)
  • Jika kondisi seperti ini terus berlangsung dan tidak ada upaya untuk mengatasi maka kerugian yang dialami oleh petani akan semakin besar. (5)

Jadi, kalimat opini dalam teks tersebut terdapat pada nomor (2) dan (5).

Jawaban: D

Demikianlah tadi ulasan ciri-ciri kalimat fakta dan opini beserta contohnya. Terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Perbedaan Gagasan Utama dan Kalimat Utama dalam Suatu Paragraf

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.