Contoh Penggunaan Lend dan Borrow yang Benar

By | February 15, 2021

Lend dan borrow adalah dua kata Bahasa Inggris yang berkaitan dengan kegiatan pinjam-meminjam. Pengertian kata lend dan borrow sama-sama mendeskripsikan tindakan yang memberikan sesuatu kepada orang lain untuk jangka waktu tertentu untuk dikembalikan (pinjam). Contoh penggunaan lend dan borrow yang benar: They can lend you this book when you borrow it. Dalam kalimat tersebut dua kata yang diartikan meminjamkan (lend) dan meminjam (borrow). Penggunaan kata lend dan borrow dalam kalimat Bahasa Inggris sering membingungkan dan tertukar dalam penggunannya.

Beberapa kalimat disusun dengan kesalahan umum pada tertukarnya penggunaan kata lend dan borrow. Misalnya pada contoh penyataan Dapatkah kamu meminjamkan saya mobil? Pernyataan kalimat dalam Bahasa Inggris yang salah Can you borrow me a book? Contoh tersebut salah karena kondisi yang terdapat pada kalimat tersebut adalah meminta seseorang untuk memberikan sesuatu. Subjek dari kalimat adalah you yang melakukan tindakan memberi atau meminjamkan. Seharusnya, kalimat tersebut menggukana kata lend bukan borrow. Perbaikan yang benar untuk pernyataan tersebut adalah Can you lend me a book?

Contoh Penggunaan Lend dan Borrow yang Benar dalam Kalimat

Sobat idschool perlu memperhahtikan dua hal agar dapat menggunakan kata lend dan borrow dengan benar. Kedua hal yang perlu diperhatikan adalah memahami situasi yang terjadi dan sudut pandang pembicara. Borrow dan lend mendeskripsikan situasi yang sama namun dari sudut pandang yang berbeda. Bagaimana cara penggunaan lend dan borrow yang benar dalam kalimat? Sobat idschool dapat mencari tahu lebih banyak melalui ulasan di bawah.

Baca Juga: Kumpulan Rumus Grammar Bahasa Inggris

Penggunaan Borrow yang Benar dalam Kalimat

Definisi kata borrow adalah mendapatkan sesuatu dari orang lain dalam jangka waktu tertentu untuk kemudian dikembalikan. Borrow adalah kata kerja regular dengan bentuk past tense dan past participle sama yaitu borrowed (Borrow – Borrowed – Borrowed).

Kata borrow digunakan ketika akan mendapatkan sesuatu untuk dikembalikan setelah selang waktu tertentu dari orang lain. Dengan kata lain, subjek yang menggunakan kata borrow adalah orang yang mendapat dan menerima seuatu. Dalam Bahasa Indonesia, kata borrow bisa dipadankan dengan kata meminjam.

Pola kalimat yang biasanya digunakan adalah to borrow something from somebody (meminjam sesuatu pada orang lain). Kalimat dengan kata borrow bisa memiliki pola yang berbeda, misalnya pada kalimat tanya. Karakteristik kata borrow biasanya tidak diikuti dengan personal pronoun, tetapi langsung diikuti dengan objek yang dipinjam.

Misalnya pada kalimat: Felicia needs to borrow two books from library.

Kondisi yang terjadi pada contoh kalimat di atas adalah subjek akan mendapat/menerima sesuatu dan setelah kata borrow diikuti objek yang dipinjam yaitu two books. Sehingga, penggunaan kata borrow dalam kalimat tersebut sudah tepat.

Beberapa contoh kalimat dengan kata borrow diberikan seperti berikut.

  • We need to borrow a car, do you have one that I can borrow?
    Kami butuh meminjam sebuah mobil, apakah kau punya satu yang dapat saya pinjam?
  • Can I borrow your car for this weekend?
    Dapatkah aku meminjam mobilmu untuk akhir pekan ini?
  • Mark never borrows money but he always steals it.
    John tidak pernah meminjam tapi dia selalu mencurinya.
  • Jeanny is borrowing some books from her friend.
    Jeanny sedang meminjam beberapa buku dari temannya.
  • If you borrow a book from a library, you should return it on time.
    Jika kamu meminjam buku dari perpustakaan, kamu harus mengembalikannya tepat waktu.
  • I borrowed a romance novel from Dany last week.
    Aku meminjam sebuah novel roman dari Dani minggu lalu.

Baca Juga: Cara Menyatakan Jam dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Lend yang Benar dalam Kalimat

Definisi lend adalah memberikan sesuatu pada orang lain untuk jangka waktu tertentu dengan maksud dikembalikan (pinjam). Lend adalah kata kerja irregular dengan bentuk past tense dan past participle sama yaitu lent (Lend – Lent – Lent).

Kata lend digunakan ketika akan memberikan sesuatu yang akan kembali setelah selang waktu tertentu untuk orang lain. Kedudukan subjek dari kalimat yang menggunakan kata kerja lend adalah orang yang memberikan. Dalam Bahasa Indonesia, kata kerja lend bisa dipadankan dengan meminjamkan.

Kalimat dengan kata kerja lend diikuti dengan kata be v nda atau kata ganti orang atau personal pronoun seperti me, us, her, his, dan lain sebagainya. Ada dua bentuk kalimat yang dapat digunakan yaitu to lend somebody something dan to lend somthing to somebody.

  • to lend somebody something: meminjamkan kepada seseorang sesuatu
    Contoh: I lend my brother a Jacket.
  • to lend something to somebody: meminjamkan sesuatu kepada seseorang
    Contoh: I lend a Jacket to my brother.

Beberapa kalimat dengan kata kerja lend lainnya dapat dilihat seperti contoh-contoh berikut.

  • She lends me a dictionary.
    Dia meminjamkan saya sebuah kamus.
  • Can you lend me a dictionary?
    Dapatkah kamu meminjamkan saya sebuah kamus?
  • Michael is lending Jackson a red car.
    Michael sedang meminjamkan Jackson sebuah mobil merah.
  • I lent Mike my car yesterday.
    Aku meminjamkan Jackson mobilku kemarin.
  • My sister has lent her laptop to me because my laptop is broken.
    Kakak perempuanku telah meminjamkanku laptop kepada saya karena laptop saya rusak.

Demikianlah tadi ulasan penggunaan lend dan borrow yang benar dalam kalimat Bahasa Inggris. Ringkasnya, kata borrow sepadan dengan frasa to take, sementara lend sepadan denga to give.

Penggunaan Lend dan Borrow yang Benar

Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: 13 Jenis Teks dan Strukturnya dalam Bahasa Inggris

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.