Past Future Continuous Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat

By | August 3, 2018

Past Future Continuous Tense – Pola tense ini menggabungkan tiga waktu yaitu bentuk past (lalu), future, dan continuous (sedang berlangsung). Seperti yang kita tahu bahwa bentuk past selalu menggunakan verb 2, bentuk future menggunakan will, dan bentuk continuous menggunakan present participle. Kombinasi dari ketiganya dirangkai dalam satu pola tense yaitu past future continuous tense, dengan bentuk kata kerjan berupa would + be + v-ing..

Penjelasan tentang past future continuous cukup sedikit sulit untuk diberikan. Karena didalamnya melibatkan kondisi untuk tiga waktu yang berbeda. Untuk itu, sebelum masuk ke pembahasan past future continuous tense, simak ilustrasi berikut. Ilustrasi ini diberikan dengan tujuan agar memudahkan sobat idschool dalam memahami past future continuous tense.

Contoh kalimat past future continuous tense

Teman saya merencanakan akan berkunjung ke rumah saya nanti malam. Namun, pamannya tiba-tiba datang berkunjung ke rumahnya. Sehingga dia semalam tidak jadi datang ke rumah saya. Untuk menyatakan kondisi ini, pola kalimat yang tepat digunakan adalah past future continuous tense.

Biasanya, pola past future tense sering digunakan untuk peristiwa yang berkebalikan dengan rencana, atau dapat juga disebut sebagai kalimat pengandaian. Pola tense ini menyatakan situasi bayangan yang akan sedang terjadi jika kondisi tidak nyatanya terpenuhi. Dengan kata lain, kalimat yang dinyatakan dengan pola past future continuous tense memiliki kondisi yang berkebalikan dengan kenyataan yang sebenarnya terjadi.

Agar lebih paham, simak uraian lebih jauh tentang past future continuous tense melalui ulasan di bawah.

 

Pengertian Past Future Continuous Tense

Past future continuous tense adalah aturan untuk menyusun kalimat dengan situasi/kejadian yang dalam bayangan/rencana akan sedang terjadi di suatu waktu di masa lalu, namun bayangan kejadian tersebut belum selesai. Pengertian yang sedikiti rumit untuk dimengerti. Gampangnya, kejadian atau peristiwa terebut hanya sebatas pengandaian.

Kejadian yang diungkapkan menggunakan tenses past future continuous tidaklah benar benar terjadi. Umumnya, kondisinya berkebalikan dengan pernyataan yang diungkapkan.

Past future continuous tense disebut juga sebagai past future progressive tense, memiliki kata kerja yang disusun oleh auxiliary verb would be atau should be yang diikuti oleh present participle (v-ing). Kata kerja tersebut menandakan kondisi yang sesuai pada waktu dengan pola past future continuous.

Biasanya, dalam satu kalimat past future continuous terdiri anak kalimat dan induk kalimat. Induk kalimat disusun dengan pola past future continuous tense. Anak kalimat disusun dengan pola past tense. Antara anak kalimat dan induk kalimat biasanya dihubungkan dengan kata hubung if.

Past future continuous tense

Keseluruhan arti dari Their belongings would not be stealing if only they locked the doors adalah Barang-barang mereka tidak akan sedang dicuri jika saja mereka mengunci pintu. Pada kalimat dengan pola past future continuous tense (Their belongings would not be stealing), menyatakan bahwa rumah mereka tidak akan sedang dicuri.

Kenyataannya, barang-barang meraka sedang dicuri. Karena mereka tidak mengunci pintu. Kalimat if only they locked the doors memberikan keterangan tersebut.

Sudah paham? Bagaimana cara merangkai kalimat dengan pola past future continuous tense? Akan diberikan di bawah.

Selanjutnya adalah rumus past future continuous tense. Rumus tersebut dapat digunakan sebagai acuan atau pedoman untuk merangkai kalimat dengan pola past future continuous.

 

Rumus Past Future Continuous Tense

Berikut ini adalah rumus past future continuous tense yang dapat menjadi patokan untuk merangkai kalimat sesuai kondisi yang dijelaskan di atas. Pola kalimat yang diberikan meliputi pola untuk kalimat positif, negatif, dan tanya.

Rumus past future continuous tense

Karakteristik dari past future continuous tense adalah bentuk kata kerja yang disusun oleh auxiliary verb would/should, be, dan diikuti present participle, (v-ing).

Seperti pada bentuk pola continuos lainnya, future continuous tense juga hanya terjadi pada dynamic verb. Stative verb tidak memiliki bentuk past future continuous karena tidak memiliki bentuk continuous.

Keterangan waktu pada past future continuous tense yang biasa digunakan, walaupun tidak selalau, meliputi keterangan waktu lampau seperti berikut.

Keterangan waktu past future continuous tense:

  1. Yesterday (kemarin)
  2. Last night (tadi malam)
  3. One month ago (satu bulan yang lalu)
  4. dan lain sebagainya

Untuk menambah pemahaman sobat idschool, simak contoh kalimat past future continuous tense berikut ini.

 

Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense

Contoh kalimat dengan grammar past future continuous tense:

  1. I would be attending the meeting if I were not sick. (Saya akan sedang menghadiri rapat tersebut jika saya tidak sakit.)

    Kenyataannya, saya sakit sehingga tidak menghadiri rapat tersebut.

  2.  

  3. We would be going somewhere if the car were not broken. (Kita akan pergi ke suatu tempat jika mobil tidak rusak.)

    Kenyataannya, mobilnya rusak sehingga mereka tidak pergi ke suatu tempat.

  4.  

  5. Would you be having breakfast if you woke up early this morning? (Apakah kamu akan sedang sarapan jika kamu bangun lebih awal pagi ini?)

    Kenyataanya, dia terlambat bangun sehingga tidak sempat sarapan.

  6.  

  7. If he came to here, we would be watching movie. (Jika dia datang, kita akan sedang menonton film.)

    Kenyataanya, dia tidak datang sehingga mereka tidak sedang menonton film.

Kelima contoh kalimat past future continuous yang diberikan di atas merupakan pengandaian. Keadaan sebenarnya berkebalikan dengan kondisi yang diberikan.

Demikianlah ulasan materi tentang past future continuous tense. Meliputi pengertian past future continuos tense, rumus past future continuous tense, dan contoh kalimat past future continuous tense. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca juga: 16 Tenses dalam Bahasa Inggris