Past Future Perfect Continuous Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat

By | August 5, 2018

Past Future Perfect Continuous Tense – Kalimat yang dirangkai dalam Bahasa Inggris memiliki kata kerja sesuai dengan keterangan waktunya. Kata kerja bentuk past (lampau) menggunakan verb-2. Untuk pola future, kata kerja yang digunakan adalah will + verb-1. Kata kerja bentuk perfect (lampau dan masih berlangsung) adalah have + verb-3. Sedangkan untuk bentuk continuous (sedang berlangsung) ditandai dengan adanya be + verb-ing. Kombinasi dari keempat keterangan waktu membentuk pola past future perfect continuous tense.

Mungkin terlihat rumit untuk memahami bagaimana keterangan waktu yang berkebalikan digabungkan dalam satu pola tense. Untuk itu, sebelum masuk ke pembahasan pola past future perfect continuous tense lebih lanjut, perhatikan ilustrasi yang diberikan berikut ini.

Past Future Perfect Continuous

Misalkan seorang anak yang akan pulang ke rumah dari sekolah. Dia berencana akan naik bus untuk pulang ke rumah. Namun, ternyata ayahnya menjemputnya. Dalam Bahasa Inggris, untuk menyatakan kondisi ini dapat menggunakan pola past future perfect continuous tense. Penyataannya adalah I would have been waiting for the bus if my father did not pick me up.

Pada ilustrasi di atas, ayah dari anak tersebut menjemputnya, sehingga ia tidak akan sedang menunggu bus untuk kembali ke rumah.

Kalimat yang dirangkai menggunakan past perfect future tense dapat berupa kalimat pengandaian. Di mana kenyataan yang terjadi berkebalikan dengan apa yang diungkapkan. Namun tidak semua. Past future perfect continuous tense dapat juga digunakan untuk menyatakan berapa lamakah sesuatu kejadian berlangsung sampai dengan waktu yang telah ditentukan di waktu yang akan mendatang.

Bagaimana pengantar yang diberikan untuk past future perfect continuous tense? Sudah cukup paham? Untuk penjabaran ulasan akan dijelaskan lebih jauh tentang past future perfect continuous tense. Ulasan yang akan dibahas meliputi pengertian, rumus, dan contoh kalimat past future perfect continuous tenese.

Pembahasan pertama adalah pengertian past future perfect continuous tense. Simak penjelasannya pada uraian di bawah.

 

Pengertian Past Future Perfect Continuous Tense

Past future perfect continuous tense adalah aturan merangkai kalimat dalam Bahasa Inggris untuk menyatakan suatu kejadian atau peristiwa yang akan sedang berlangsung pada suatu waktu tertentu atau selama periode tertentu di masa lampau.

Karakteristik dari pola past future perfect continuous tense adalah bentuk kata kerja yang terdiri dari kombinasi would, have, been, dan verb-ing.

Pengertian Past Future Perfect Continuous

Dalam kata lain, past future perfect continuous tense juga dapat diartikan sebagai aturan pola untuk menyatakan kalimat yang akan telah sedang terjadi di masa lalu.

Kalimat yang dinyatakan menggunakan pola past future continuous tense dapat berupa pengandaian atau asumsi. Pada tujuan penggunaan untuk menyatakan pengandaian, antar kalimat menggunakan konjungsi if, sama seperti pada pola past future perfect tense.

 

Rumus Past Future Perfect Continuous Tense

Kata kerja penyusun pola past future perfect continuous tense adalah kombinasi dari would, have, been, dan v-ing. Pada kalimat yang lengkap, minimal terdiri atas subjek dan predikat (kata kerja). Seperti kita tahu bahwa subjek dalam Bahasa Inggris dikelompokkon menjadi dua, yaitu singular dan plural. Kata kerja yang digunakan pun mengikuti subjeknya. Namun, pada pola past future perfect continuous tense, semua subjek menggunakan kata kerja yang sama.

Pedoman merangkai kalimat untuk kondisi tersebut dapat melalui rumus past future perfect conntinuous tense berikut ini.

Rumus Past Future Perfect Continuous

Seperti pada pola continuous lainnya, past future perfect continuous tense hanya berlaku untuk dynamic verb (kata kerja aktif sementara). Karena hanya dynamic verb yang memiliki bentuk continuous. Sedangkan bentuk stative verb (kata kerja pasif) tidak memiliki bentuk continuous.

Keterangan waktu yang digunakan pada past future perfect continuous merupakan keterangan waktu masa lampau. Beberapa contoh keterangan waktu past future perfect tense meliputi by the end of this day (pada akhir hari ini), by the end of this month (pada akhir bulan ini), by the end of this year (pada akhir tahun ini), by next month (pada bulan depan), by the next year (pada tahun depan), dan lain sebagainya.

 

Contoh Kalimat Past Future Perfect Continuous Tense

Contoh kalimat past future perfect continuous tense diberikan melalui contoh-contoh di bawah.

  1. Menyatakan keterangan berapa lama kejadian berlangsung sampai dengan waktu yang telah ditentukan di waktu mendatang.

    Contoh kalimat:

    • I would have been studying in library for 5 hours. (Aku akan sudah sedang belajar di perpustakaan selama 5 jam.)
    • He would have been doing this project for two months by the end of this week. (Dia akan telah mengerjakan proyek ini selama dua bulan pada akhir minggu ini.)
  2.  

  3. Menyatakan pengandaian

    Contoh kalimat:

    • If she had been permitted, she would have been attending the party last night.

      Arti: Jika dia diijinkan, dia akan sedang menghadiri pesta tadi malam.
      Faktanya: Dia tidak diijinkan, sehingga tidak sedang menghadiri pesta tadi malam.

    • Sari and her family would have been living their new home in Yogyakarta if her father had assigned in this town.
      Arti: Sari dan keluargaya akan telah menempati rumah baru mereka di Yogyakarta jika ayahnya sudah ditugaskan di kota ini.
      Kenyataan: Ayah Sari tidak ditugaskan di Yogyakarta, sehingga Sari dan keluarganya tidak sedang menempati rumah baru mereka di Yogyakarta.

Demikianlah ulasan materi tentang past future perfect continuous tense. Meliputi pengertian past future perfect continuous tense, rumus past future perfect continuous tense, dan contoh kalimat past future perfect continuous tense. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: 16 Tenses dalam Bahasa Inggris