Pembahasan Contoh Soal PBM UTBK SNBT 2024 dari simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id

Ada sepuluh contoh soal PBM UTBK SNBT 2024 dari halaman simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id yang terdiri dari 3 bacaan. Bacaan pertama pda contoh soal PBM UTBK SNBT 2024 digunakan untuk mewab satu soal. Bacaan kedua pada contoh soal PBM UTBK SNBT 2024 digunakan untuk menawab empat soal. Dan untuk bacaan tiga digunakan untuk menjawab lima soal.

Pembahasan dari sepuluh contoh soal PBM UTBK SNBT 2024 meliputi soal-soal berikut.

Bacaan 1:

Perhatikan teks berikut.

1Sekarang olahraga sangat diminati semua kalangan, baik pria maupun wanita. 2Oleh karena itu, sepakbola juga tidak hanya diminati oleh kalangan pria, tetapi juga wanita. 3Akan tetapi, kegiatan ekstrakurikuler di sekolah masih membuka kegiatan tersebut untuk pria (siswa). 4Wanita (siswi) perlu diberi kesempatan juga agar ada kesetaraan antarsiswa. 5Untuk itu, kerja sama sekolah dengan berbagai pihak perlu dilakukan.

Soal no 1

Penulisan kata yang salah terdapat pada kalimat nomor …
(A)   (1)
(B)   (2)
(C)   (3)
(D)   (4)
(E)   (5)

Jawab: (B)

Penulisan kata sepakbola salah; seharusnya dipisah (sepak bola). Penulisan tersebut berbeda dengan kata olahraga pada kalimat (1) yang harus ditulis serangkai.

Bacaan 2:

1Apa itu pendidikan karakter? 2Pendidikan karakter adalah usaha yang disengaja untuk mendidik dan berkembangnya karakter pribadi peserta didik sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat bagi dirinya dan lingkungannya. 3Pendidikan karakter merupakan suatu sistem pendidikan yang bertujuan menanamkan nilai-nilai kepribadian tertentu kepada peserta didik, yang di dalamnya terdapat unsur-unsur pengetahuan, kesadaran, motivasi, dan perilaku untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. 4Secara umum, fungsi pendidikan ini adalah untuk membentuk karakter peserta didik agar menjadi orang yang bermoral dan berakhlak mulia, toleran, serta tangguh dan berkelakuan baik. 5Pendidikan karakter erat kaitannya dengan pendidikan moral. 6Oleh karena itu, pendidikan karakter ….

(Diadaptasi dari: https://buku.kompas.com)

Soal no 2:

Kata erat kaitannya dalam kalimat (5) seharusnya ….
(A)  dibiarkan saja (sudah benar)
(B)  diganti dengan berkaitan erat 
(C)  diganti dengan berhubungan 
(D)  didahului kata sangat 
(E)  dihilangkan kata kaitannya

Jawab: (B)

Konstruksi baku yang tepat adalah berkaitan erat sehingga struktur kalimatnya (hubungan subjek dan predikatnya) menjadi jelas. Jadi, kata erat kaitannya dalam kalimat (5) seharusnya diganti dengan berkaitan erat.

Soal no 3:

Kalimat (2) perlu disempurnakan dengan cara ….
(A)  mengganti kata adalah dengan yaitu 
(B)  mengganti kata berkembangnya dengan mengembangkan 
(C)  menghilangkan kata untuk 
(D)  menambah kata dapat setelah kata sehingga 
(E)  menambah kata sendiri setelah kata lingkungannya 

Jawab: (B)

Kata berkembangnya perlu diparalelkan/diselaraskan dengan kata mendidik sehingga menjadi mengembangkan. Jadi, kalimat (2) perlu disempurnakan dengan cara mengganti kata berkembangnya dengan mengembangkan.

Soal no 4:

Kata yang harus dihilangkan pada kalimat (4) adalah ….
(A)  secara umum
(B)  ini
(C)  untuk
(D)  yang
(E)  serta

Jawab: (C)

Kata untuk mubazir karena kata adalah tidak memerlukan kata penghubung untuk. Jadi, kata yang harus dihilangkan pada kalimat (4) adalah untuk.

Soal no 5:

Pernyataan yang paling tepat untuk melengkapi kalimat (6) adalah ….
(A)  harus dibelajarkan di semua jenjang pendidikan
(B)  menjadi bagian penting dalam kehidupan
(C)  tidak dapat dibedakan dengan pendidikan moral
(D)  tidak dapat dipisahkan dengan pendidikan moral
(E)  merupakan bagian penting dari pendidikan moral

Jawab: (D)

Kalimat 1 — 4 yang berisi pendidikan karakter perlu diselaraskan/dikaitkan dengan kalimat 5 dalam kalimat 6.

Bacaan 3

1Perubahan iklim terhadap kualitas udara di dunia selalu dilaporkan oleh World Meteorological Organization (WMO) setiap tahun. 2Menurut …, musim panas tahun 2022 merupakan musim panas terpanas yang pernah tercatat di Eropa. 3Rekor ini kemudian dipecahkan pada tahun 2023. 4Gelombang panas berkepanjangan menyebabkan peningkatan konsentrasi materipartikulat (PM) 2,5 dan ozon di permukaan tanah. 5Ratusan lokasi pemantauan kualitas udara melampaui tingkat pedoman kualitas udara ozon WHO, yakni sebesar 100 mikron per meter kubik untuk paparan selama delapan jam. 6Hal ini pertama kali terjadi di barat daya Eropa, bergeser ke Eropa tengah, dan kemudian menyebar ke seluruh benua. 7Selama paruh kedua Agustus 2022, terjadi intrusi debu gurun, yang sangat tinggi di Mediterania dan Eropa. 8Campuran suhu tinggi, jumlah aerosol yang tinggi, dan juga kandungan PM 2,5 berdampak pada kesehatan dan kesejahteraan manusia.

(Diadaptasi dari https://www.kompas.id)

Soal no 6

Penggunaan tanda koma yang salah terdapat pada kalimat ___

Jawab: 7

Tidak diperlukan tanda koma di antara kata debu gurun dan yang sangat tinggi. Kata sifat dan kata yang disifati tidak memerlukan tanda koma.

Soal no 7

Pernyataan yang paling tepat untuk melengkapi kalimat (2) adalah ….
(A)  informasi tersebut
(B)  informasi di atas
(C)  data dari WMO
(D)  data yang diperoleh WMO
(E)  data terkini

Jawab: (C)

Kalimat menghendaki konteks asal suatu informasi atau dari sehingga kata depan dari diperlukan. Kalimat menjadi Menurut data dari World Meteorological Organization (WMO), musim panas tahun 2022 merupakan musim panas terpanas yang pernah tercatat di Eropa.

Soal no 8

Kalimat manakah yang paling tepat sebagai kalimat inti nomor (1)?
(A)  Iklim selalu dilaporkan WMO setiap tahun.
(B)  Perubahan iklim selalu dilaporkan oleh WMO.
(C)  Iklim udara selalu dilaporkan WMO setiap tahun.
(D)  Perubahan udara di dunia selalu dilaporkan WMO.
(E)  Perubahan iklim udara di dunia selalu dilaporkan oleh WMO.

Jawab: (B)

Kalimat (1): Perubahan iklim terhadap kualitas udara di dunia selalu dilaporkan oleh World Meteorological Organization (WMO) setiap tahun. Kalimat B memuat pesan inti kalimat 1.

Soal no 9

Kalimat manakah yang paling efektif sebagai hasil penggabungan kalimat (3) dan (4)?  

(A)  Rekor ini kemudian dipecahkan pada tahun 2023 ketika gelombang panas berkepanjangan menyebabkan peningkatan konsentrasi materi partikulat (PM) 2,5 dan ozon di permukaan tanah.

(B) Rekor ini kemudian dipecahkan pada tahun 2023 dengan terjadinya gelombang panas berkepanjangan yang menyebabkan peningkatan konsentrasi materi partikulat (PM) 2,5 dan ozon di permukaan tanah.

(C) Rekor ini kemudian dipecahkan pada tahun 2023 setelah gelombang panas berkepanjangan menyebabkan peningkatan konsentrasi materi partikulat (PM) 2,5 dan ozon di permukaan tanah.

(D) Rekor ini kemudian dipecahkan pada tahun 2023 di mana gelombang panas berkepanjangan menyebabkan peningkatan konsentrasi materi partikulat (PM) 2,5 dan ozon di permukaan tanah.

(E) Rekor ini kemudian dipecahkan pada tahun 2023 bertepatan dengan gelombang panas berkepanjangan yang menyebabkan peningkatan konsentrasi materi partikulat (PM) 2,5 dan ozon di permukaan tanah.

Jawab: (B)

  • Dari bacaan:
    • Kalimat (3): Rekor ini kemudian dipecahkan pada tahun 2023.
    • Kalimat (4): Gelombang panas berkepanjangan menyebabkan peningkatan konsentrasi materipartikulat (PM) 2,5 dan ozon di permukaan tanah

Dua kalimat tersebut dapat dijadikan satu menggukan kata hubung yang. Sehingga menjadi Rekor ini kemudian dipecahkan pada tahun 2023 dengan terjadinya gelombang panas berkepanjangan yang menyebabkan peningkatan konsentrasi materi partikulat (PM) 2,5 dan ozon di permukaan tanah.

Kalimat (B) merupakan kalimat yang paling efektif menggabungkan 2 kalimat pada bacaan. Terjadinya gelombang panas menjadi penanda pecahnya rekor.

Soal no 10

Kata yang paling tepat menggantikan kata campuran dalam kalimat (8) adalah ….
(A)  ikatan
(B)  variasi
(C)  gabungan
(D)  komposisi
(E)  kombinasi

Jawab: (C)

Kata gabungan merupakan kata yang paling tepat menggantikan kata campuran berdasarkan konteks kalimat (8). Suhu, jumlah aerosol, dan PM tidak dapat dicampur, tetapi informasinya dapat digabung.


Demikianlah tadi pembahasan contoh soal PBM UTBK SNBT 2024, terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

1 thought on “Pembahasan Contoh Soal PBM UTBK SNBT 2024 dari simulasi-tes.bppp.kemdikbud.go.id”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.