Pengertian, Rumus, Contoh Infinitive Berdasarkan Fungsi

By | February 12, 2019

Pengertian, Rumus, dan Contoh Infinitive berdasarkan fungsinya akan diperlukan agar dapat menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris dengan baik. Pemahaman materi infinitive, baik pengertian infinitive, rumus infinitive, dan contoh penggunaan infinitive pada sebuah kalimat akan membantu sobat idschool menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris dengan baik. Materi infinitive tersebut akan kita ulas disini, di mana ulasan yang akan diberikan meliputi pengertian infinitive, rumus infinitive, dan contoh penggunaan infinitive di dalam kalimat.

Sebelum mencoba merangkai kalimat yang memuat infinitive, sebaiknya sobat idschool mengetahui apa itu infinitive, bagaimana rumus infinitive yang menjadi bagian dari sebuah kalimat, dan apa saja macam-macam infinitive yang dapat digunakan untuk merangkai sebuah kalimat. Setelah memahami materi infinitive secara lengkap, selanjutnya sobat idschool akan mampu menggunakan penggunaan infinitive yang tepat dalam merangkai sebuah kalimat.

Infinitive bersama gerund dan participle merupakan kata verbal. Maksudnya, kata verbal adalah suatu kata yang dibentuk dari kata kerja sebagai dasarnya namun memiliki peran sebagai part of speech lain. Infinitive cukup banyak digunakan dalam bacaan menggunakan Bahasa Inggris. Materi gerund dan infinitive akan banyak menjadi pengecoh dalam ujian Bahasa Inggris, baik dalam ujian tingkat nasional atau ujian tingkat internasional seperti TOEFL, IELTS, atau TOEIC. Untuk itu, sobat idschool perlu memahami bagaimana perbedaan dari penggunaan kedua jenis kata verbal tersebut dalam kalimat.

To infinitive merupakan sebuah verbal, bukan merupakan verb (kata kerja). Sehingga keberadaanya dapat bersanding dengan verb. Halaman ini akan mengulas materi infinitive lengkap, meliputi bahasan pengertian infinitive, rumus infinitive, macam-macam infinitive, dan contoh infinitive dalam kalimat. Untuk memahami materi infinitive secara jelas dapat sobat idschool simak melalui bahasan-bahasan di halaman ini. Ulasan akan dimulai dari pengertian infinitive.

Pengertian Infinitive

pengertian to infinitive

Infinitive adalah verbal yang terdiri dari to dan bentuk simple dari verb, sering langsung disebut dengan to infinitive. Fungsi dari infinitive dapat berperan sebagai noun (kata banda), adjective (kata sifat), atau adverb (kata keterangan). Pada saat digunakan sebagai noun, infinitive dapat menempati posisi subjek, direct objek, apposatif, atau subjek komplemen.

To infinitive dapat digunakan dalam menyusun berbagai pola kalimat. Biasanya, to infinitive digunakan untuk menyatakan tujuan dari suatu hal atau menyatakan pendapat seseorang untuk suatu harapan, ide, atau jenis pemikiran lainnya.

Seperti pada bentuk gerund, to infinitive juga digunakan setelah berbagai macam kata kerja yang berbeda. Berikut ini adalah daftar beberapa kata kerja (verb) yang dapat diikuti oleh infinitive.

Kata Kerja yang Dapat Diikuti To Infinitive:

  1. hope (berharap)
  2. plan (berencana)
  3. advise (menasihati)
  4. command (memerintah)
  5. compel (memaksa)
  6. encourage (mendorong)
  7. decide (memutuskan)
  8. intent (bermaksud)
  9. agree (menyetujui)
  10. promise (berjanji)
  11. refuse (menolak)
  12. offer (menawarkan)
  13. appear (muncul)
  14. ask (bertanya)
  15. pretend (berpura-pura)
  16. would (akan)
  17. expect (berharap)
  18. want (ingin)
  19. like (suka)
  20. need (butuh)
  21. forbid (melarang)
  22. beg (memohon)
  23. force (memaksa)
  24. instruct (memerintahkan)

Rumus Infinitive

Rumus infinitive hanya terkait bentuk kata kerja bentuk dasar yang didahului dengan to, seperti: to meet, to cook, to help, to solve, to marry, dan lain sebagainya. To infinitive dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti menjadi kata benda (noun) berupa subjek dalam sebuah kalimat. Selain itu, to infinitive dapat dapat digunakan sebagai keterangan dari suatu benda, sebagai keterangan dari kata sifat, keterangan dari kata kerja, dan dapat juga digunakan mengikuti wh-word

Rumus Infinitive dalam sebuah kalimat tentu akan berbeda-beda, tergantung dari fungsi to infinitive tersebut dalam sebuah kalimat. Berikut ini adalah beberapa rumus to infinitive pada susunan kalimat untuk berbagai pola.

Rumus Infinitive

Contoh Infinitive Berdasarkan Jenis/Fungsinya dalam Kalimat

Penggunaan to infinitive dalam sebuah kalimat dapat sebagai kata benda (noun) yang meliputi to infinitive sebagai subjek, keterangan dari suatu benda, keterangan dari suatu kata sifat, keterangan dari kata kerja, to infinitive untuk menyatakan tujuan dari suatu tindakan, untuk memberikan komentar/penilaian, atau to infinitive untuk menyatakan kegunaan dari sesuatu.

Berikut ini akan disampaikan contoh penggunaan infinitive dalam berbagai kalimat untuk berbagai jenis penggunaan infinitive.

 

To infinitive sebagai subjek:

Penggunaan infinitive sebagai subjek biasanya digunakan untuk bentuk normal. Biasanya lebih sering digunakan untuk bahasa tulis daripada bahasa lisan.

Contoh:

  1. To understand machine learning is our aim. (Memahami pembelajaran mesin adalah tujuan kami.)
  2. To visit Cordoba is my dream. (Mengunjungi Cordoba adalah impianku.)
 

To Infinitive untuk menyatakan tujuan dari suatu tindakan:

Contoh:

  1. He came to ask me something. (Dia datang untuk menanyakan ku sesuatu.)
  2. The loosing chicks went to find their parent (Anak ayam – anak ayam yang hilang pergi untuk mencari induknya.)
  3. My brother has gone to finish his homework. (Kakak saya telah pergi untuk menyelesaikan pekerjaan rumahnya.)
 

To Infinitive untuk menyatakan kegunaan dari sesuatu:

Kalimat yang memuat to infinitive untuk menyatakan kegunaan dari sesuatu memiliki pola to infinitive mengikuti kata benda atau kata ganti (pronoun).

Contoh:

  1. The students need a proper class room to study in. (Murid-murid membutuhkan ruang kelas yang pantas untuk belajar.)
  2. I would like a fried rice to eat. (Aku akan suka nasi goreng untuk makan.)
 

To infinitive setelah adjective:

Pola umum yang digunakan to infinitive dengan kata sifat adalah membentuk frasa dengan pola: subjek + to be + kata sifat (adjective) + for/of seseorang + to infinitive + keterangan lain.

Contoh:

  1. It is good of you to ask to me first. (Itu baik bagimu untuk bertanya kepadaku terlebih dahulu.)
  2. I am happy of you to be here. (Saya suka kamu berada di sini.)
 

To infinitive untuk memberikan komentar/penilaian:

Untuk memberikan komentar/penilaian tentang kata benda dapat menggunakan to infinitive dengan pola: subjek + to be + frasa benda (noun phrase) + to infinitive.

Contoh:

  1. That is a rude thing to behave. (Itu merupakan sesuatu yang kasar untuk dilakukan.)
  2. This is the right thing to do. (Ini adalah cara yang benar untuk dilakukan.)
 

To Infinitive dengan Adverb:

To infinitive sering digunakan bersama dengan kata keterangan (adverb), seperti too dan enough. Penggunaan adverb tersebut untuk menyatakan alasan untuk suatu pernyataan kepuasan atau ketidakpuasan. Pola yang digunakan adalah meletakkan adverb sebelum atau sesudah kata sifat, kata keterangan, atau kata benda yang dimodifikasi.

Letak to infinitive berada setelah pola tersebut. Fungsinya adalah untuk menjelaskan alasan terkait pernyataan.

Contoh:

  1. There is too much salt to put in this soup. (Terlalu banyak garam yang ada di sup ini.)
  2. She arrived too late to meet the lecture. (Dia datang terlalu telat untuk bertemu dengan dosen.)
  3. I were too tired to work again this evening. (Saya terlalu lelah untuk bekerja lagi sore ini.)

Sekian ulasan tentang materi infinitive yang meliputi pengertian infinitive, rumus infinitive, dan contoh penggunaan to infinitive dalam sebuah kalimat berdasarkan fungsinya. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Perbedaan Penggunaan Gerund dan Infinitive