Apa 3 Perbedaan Antara Meringkas dan Memparafrase?

Saat menulis ulang teks apa pun, Anda dapat memparafrasekan atau meringkasnya. Banyak orang yang bingung dengan ide di balik kedua bentuk tulisan ini, dan menganggapnya sama.

Namun, ada cukup banyak perbedaan di antara keduanya, dan kami hadir di blog ini untuk membahasnya.

Baik Anda seorang pelajar atau penulis profesional, Anda perlu memiliki pemahaman yang jelas tentang perbedaan antara meringkas dan memparafrase.

Dalam panduan ini, kami akan menyoroti 3 perbedaan utama antara kedua bentuk tulisan ini. Namun sebelum itu, mari kita lihat gambaran singkat keduanya.

Apa itu Meringkas?

Meringkas adalah gaya penyajian informasi yang mengharuskan penulis menguraikan poin-poin utama sebuah artikel. Bentuk penulisan ini berasal dari kata ‘ringkasan’ yang berarti uraian singkat tentang pokok-pokok tentang seseorang atau sesuatu. Anda juga dapat menganggap ringkasan sebagai highlight dari teks utama yang menjelaskan fakta dan angka penting secara ringkas. Kegunaan dasar dari merangkum adalah untuk menarik perhatian pembaca terhadap hal penting yang dibahas dalam konten yang panjang.

Apa itu memparafrase?

Memparafrasekan adalah gaya penulisan lain di mana ide-ide yang dibahas dalam sebuah teks dijelaskan menggunakan kata-kata Anda sendiri. Dalam bentuk penulisan ini, makna dan esensi teks harus tetap sama dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur kalimat yang berbeda. Penggunaan parafrase cukup umum di dunia akademis dan domain digital. Ini pada dasarnya membantu penulis menyampaikan ide yang sama tentang sebuah teks kepada audiensnya sekaligus membuatnya mudah dipahami oleh mereka.

3 Perbedaan Antara Meringkas dan Parafrase

Setelah melalui gambaran umum tentang merangkum dan memparafrasekan, Anda pasti sudah memahami bahwa keduanya sangat berbeda. 3 perbedaan utama kedua bentuk tulisan ini antara lain sebagai berikut:

  1. Tujuan

Tujuan utama merangkum adalah untuk menyingkat gagasan utama dan poin-poin penting teks. Memparafrasekan, di sisi lain, digunakan untuk menyatakan kembali isi teks dengan kata-kata Anda sendiri tanpa mengubah maknanya.

  1. Panjang Teks

Ringkasan umumnya lebih pendek dari teks asli dan fokus pada informasi yang paling penting. Mereka bertujuan untuk menangkap esensi teks sekaligus mengurangi panjangnya secara signifikan. Sebaliknya, konten yang diparafrasekan biasanya memiliki panjang yang sama dengan teks aslinya. Tujuan utama parafrase adalah untuk mengungkapkan gagasan yang sama dengan kata-kata yang berbeda dengan tetap menjaga panjang dan struktur teks asli.

  1. Penafsiran

Memparafrase memungkinkan interpretasi pada tingkat tertentu saat Anda mengungkapkan ide yang sama dengan kata-kata Anda sendiri. Meskipun makna intinya tetap tidak berubah, bentuk tulisan ini mungkin memerlukan sedikit perubahan dalam bahasa dan struktur untuk mencapai kejelasan atau menekankan aspek tertentu.

Namun, Anda tidak dapat menuliskan interpretasi Anda dalam meringkas sebuah teks. Ini meminta Anda untuk memberikan gambaran yang jelas tentang suatu topik secara ringkas. 

Bagaimana Mengparafrasekan dan Meringkas dengan Efisien?

Jika Anda diminta untuk memparafrasekan atau meringkas konten tekstual, Anda harus memperoleh keterampilan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan sukses. Anda tidak dapat memparafrasekan atau meringkas teks tanpa mengikuti prosedur yang benar. Dalam memparafrasekan, Anda harus menjaga makna sebenarnya dari teks saat menulisnya dengan kata-kata Anda sendiri.

Untuk alasan ini, Anda perlu memiliki penguasaan kosa kata yang kuat dan pilihan sinonim kontekstual. Demikian pula, meringkas juga memerlukan pemahaman yang tepat tentang teks, karena Anda perlu mengekstrak poin-poin penting dari teks tersebut. Penguasaan Anda terhadap topik juga penting karena tidak mungkin menulis ringkasan tanpa mengetahui aspek-aspek kunci dari sebuah teks.

Jika Anda ingin menghemat waktu dan melaksanakan tugas memparafrase atau meringkas secara efisien, Anda dapat menggunakan alat berbasis web yang relevan. Sebuah parafrase online alat dapat membantu Anda memparafrasekan teks apa pun dalam waktu singkat. Fasilitas berbasis AI ini dapat memahami konteks dan ganti tulisan sesuai. Anda dapat menggunakan online spinner artikel untuk menyusun ulang teks apa pun tanpa mengikuti prosedur rumit apa pun.

Di sisi lain, alat peringkas teks dapat membantu Anda meringkas teks dalam hitungan detik. Utilitas online ini memungkinkan Anda membuat ringkasan teks apa pun dalam bentuk poin-poin atau paragraf. Anda dapat membuat ringkasan panjang yang Anda inginkan saat menggunakan alat ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.