Possessive Pronoun (Kata Ganti Milik)

By | October 3, 2018

Possessive Pronoun (Kata Ganti Miliki) – digunakan untuk menunjukkan kepemilikan orang, binatang, atau suatu jenis benda lainnya. Dalam suatu kesempatan, menyatakan kepemilikan suatu benda dibutuhkan. Misalnya seseorang ingin menyatakan bahwa buku merah itu miliknya. Seseorang tersebut dapat mengatakan “Buku merah itu milikku”. Atau pernyataan yang menerangkan bahwa motor baru itu miliki dia (laki-laki). Pernyataan tersebut dapat dinyatakan dalam, “Motor baru itu miliknya”. Dalam Bahasa Indonesia, tidak ada beda ketika kata ganti miliki (possessive pronoun) untuk dia (laki-laki) atau dia (perempuan). Bagaimana kalau dalam Bahasa Inggris?

Penggunaan kata ganti milik atau possessive pronoun dalam Bahasa Inggris dipengaruhi oleh subjek yang sedang dibicarakan. Artinya, cara menyatakan buku dia (laki-laki) akan berbeda dengan cara menyatakan buku dia (perempuan). Cara penggunaan kata ganti milik possessive pronoun juga dapat dinyatakan dalam dua cara. Kata bukumu dapat diartikan dengan your book atau hanya dengan kata yours saja.

,
Possessive Pronoun (Kata Ganti Milik)

Berdasarkan ada tidaknya kata benda yang mengikutinya, possessive pronoun dibedakan menjadi dua bentuk yaitu Adjective Possessive Pronoun dan Nominal Possessive Pronoun. Bagaimana cara menggunaka kedua jenis kata ganti milik tersebut? Dapat sobat idschool simak pada ulasan berikut.

 
 

Adjective Possessive Pronoun

Kata ganti miliki yang pertama akan diulas adalah adjective possessive pronoun. Bentuk kata ganti ini berbeda-beda untuk setiap subjek yang digunakan. Berikut ini adalah tabel subjek dan kata ganti milik yang dapat digunakan.

Adjective Possessive Pronoun

Karakteristik dari adjective possessive pronoun adalah adanya kata benda (noun) yang mengikutinya. Untuk lebih jelasnya perhatikan contoh kalimat dengan adjective possessive pronoun berikut ini.

  1. I am looking for my new bag. (Saya sedang mencari tas baru saya.)
  2. I will return her book next friday. (Saya akan mengembalikan buku dia/perempuan jum’at depan.)
  3. Don’t come to their home! (Jangan datang ke rumah mereka.)

Terlihat bahwa ada objek yang selalu mengikuti kata ganti adjektif, bukan?

 
 

Nominal Possessive Pronoun

Kata ganti milik bentuk ke dua adalah kata ganti milik nominal. Sama seperti halnya kata ganti milik adjektif, bentuk kata ganti ini juga berbeda-beda untuk setiap subjek yang digunakan. Berikut ini adalah tabel daftar kata ganti milik nominal.

Nominal Possessive Pronoun

Karakteristik nominal possessive pronoun adalah kata ganti yang tidak diikuti oleh kata benda (noun). Perhatikan contoh kalimat dengan kata ganti milik nominal berikut ini.

  1. This book is mine. (Buku ini miliki saya.)
  2. We have bought this car together, so it is ours. (Kita sudah membeli mobil ini bersama, jadi ini milik kita.)
  3. I have submitted my assignment, but they don’t bring theirs. (Saya telah mengumpulkan tugas saya, tetapi mereka tidak membawa punya mereka.)

Dapat diamati bahwa tidak ada objek yang mengikuti setelah kata ganti milik nominal.

Sekian ulasan tentang possessivet pronoun atau kata ganti milik. Meliputi ulasan tentang Adjective Possessive Pronoun dan Nominal Possessive Pronoun. Daftar kedua jenis kata ganti milik tersebut disatukan pada tabel di bawah untuk mempermudah sobat idschool.

Kata Ganti Milik

Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Relative Pronoun (Kata Ganti Penghubung) – Who, Whom, Whose, Which, dan That