Present Perfect Continuous Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat

By | July 26, 2018

Present Perfect Continuous Tense adalah pola kalimat yang digunakan untuk menunjukkan pekerjaan yang sudah terjadi dan masih ada kemungkinan terjadi sampai nanti. Karakteristik dari present perfect continuous adalah menggunakan keterangan waktu for, since, all the evening, dsb. Meskipun demikian, tidak setiap kalimat yang menggunakan keterangan waktu tersebut merupakan present prefect continuous tense.

Dalam present perfect continous membutuhkan kejelasan waktu seperti since 1990, for two hours, dan lain sebagainya. Keterangan waktu present perfect tense berada di antara sebelum sekarang dan sekarang. Kejadian masih berlangsung saat kalimat dinyatakan.

Present Perfect Continuous Tense

Jika sobat idschool ingin menyatakan kejadian yang sudah terjadi dan belum selesai pada periode waktu tersbut maka pola kalimat yang tepat digunakan adalah present perfect continuous tense. Misalnya, seseorang ingin mengatakan sudah memasak sepanjang pagi dan sekarang masih dalam proses memasak. Dalam bahasa Inggris, kalaimat tersebut dapat dikatakan sebagai She has been cooking all the morning.

Contoh kalimat Present Perfect Continuous Tense

Dengan catatan, ketika seseorang menyatakan kejadian tersebut, orang tersbut masih melakukan (sedang dalam proses) kegiatannya.

Melalui halaman ini, idschool akan mengulas lebih jauh tentang present perfect continuous tense, sehingga sobat idschool dapat menggunakan pola tense ini dengan tepat. Ulasan meliputi pengertian present perfect tense, rumus present perfect tense, dan contoh kalimat present perfect tense. Simak ulasannya pada uraian di bawah.

 

Pengertian Present Perfect Continuous Tense

Present perfect continuous tense adalah kalimat yang disusun dengan tujuan untuk menyatakan kejadian yang telah selesai di masa lalu atau kejadian tersebut telah dimulai di masa lalu dan terus berlanjut sampai sekarang. Pola present perfect continuous tense dapat dilihat dari bentuk kata kerja yang disusun oleh auxiliary verb have been atau has been dan present participle (V-ing).

Penggunaan auxiliary verb didasarkan pada subjek yang digunakan. Jika subjek yang digunakan adalah I, you, we, they, dan bentuk subjek plural lainnya maka auxiliary verb yang digunakan adalah have been. Jika subjek yang digunakan adalah he, she, it, dan bentuk singular subjek lainnya maka auxiliary verb yang digunakan adalah has been.

Sama pereti pola tense continous lainnya, present perfect continuous tense juga hanya dapat digunakan pada dynamic verb. Alasannya adalah karena hanya dynamic verb yang memiliki bentuk continuous.

Selain digunakan sebagai tujuan utama penggunaan pola present perfect continuous tense yang telah diberikan di atas, pola kalimat present prefect continuous juga dapat digunakan untuk beberapa tujuan. Beberapa tujuan penggunaan pola present prefect continuous tense diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menunjukkan aksi yang baru saja selesai.
  2. Menunjukkan kejadian yang telah selesai di masa lampau diikuti hubungan kejadian dengan kondisi saat ini.
  3. Menunjukkan aksi yang telah dimulai di masa lampau dan berlanjut sampai sekarang.

Untuk melihat penggunaan present perfect continuous tense dengan berbagai tujuan di atas, dapat dilihat pada bagian contoh kalimat present perfect continuous tense.

Namun sebelumnya, simak terlebih dahulu ulasan cara menyusun kalimat dengan pola present perfect continuous. Pembahasannya dapat dilihat pada uraian rumus present perfect continuous tense di bawah.

 

Rumus Present Perfect Continuous Tense

Karakteristik dalam setiap grammar dapat dilihat dari bentuk kata kerja yang digunakan. Begitu pula dengan pola present perfect continuous tense. Bentuk kata kerja yang digunakan pada pola present perfect continuous tense tersusun dari auxiliary verb (have been/has been) dan V-ing.

Susunan kalimat yang sesuai dengan pola present perfect tense dapat diperoleh dengan mengikuti pola rumus present perfect continuous tense seperti berikut ini.

Rumus Present Perfect Continuous Tense

Dalam pola present perfect juga diperlukan keterangan waktu. Hal ini dugunakan sebagai penanda kapan kalimat tersebut dimulai. Meeskipun keterangan waktu tersebut tidak dapat menjadi patokan bahwa kalimat tersebut merupakan kalimat yang disusun dengan pola present perfect continuous tense. Namun keberadaan keterangan waktu menjadi hal yang penting untuk menunjukkan waktu kejadian terjadi.

Keterangan waktu present perfect continuous tense:

  1. Adverb of time: since dan for.

    Ketentuan dalam penggunaan since dan for:

    • Keterangan since digunakan untuk keterangan waktu yang digunakan sudah jelas, seperti four p.m, 2001,
    • Keterangan since digunakan untuk keterangan waktu yang digunakan tidak jelas, seperti three hours, two days, dan lain sebagainya.
  2. Adverb of placement: always, only, never, ever, still, jus, dan lain sebagainya.

Selanjutnya adalah contoh kalimat present perfect continuous tense.

 

Contoh Kalimat Present Perfect Continuous Tense

Kalimat yang baik setidaknya memiliki subjek dan predikat (dalam Bahasa Inggris dikenal sebagai kata kerja atau verb). Di atas, sudah disampaikan kata kerja yang digunakan untuk pola present perfect continuous tense dan rumus cara menyusunnya. Di sini, akan diberikan contoh kalimat present perfect continuous tense dengan berbagai tujuan. Simak contoh kalimatnya di bawah.

Contoh kalimat present perfect continuous tense:

 

  1. Menunjukkan kejadian yang baru saja selesai.

    Contoh kalimat:

    • It has just been raining in Yogyakarta. (Baru saja turun hujan di Yogyakarta.)
    • Rudi has just been coming. (Rudi baru saja datang.)
  2.  

  3. Menunjukkan kejadian yang telah selesai di masa lampau diikuti hubungan kejadian dengan kondisi saat ini.

    Contoh kalimat:

    • I have been working hard all day and now I want to have tight sleep. (Saya telah bekerja keras sepanjang hari dan sekarang saya ingin tidur nyenyak.)
    • All student are dizzy in that class since they have been doing the hard math quiz. (Semua murid di kelas itu pusing karena baru saja mengerjakan kuis matematika sulit.)
    • Banu feels full as he has been eating a lot of bread all the morning. (Banu merasa kenyang karena dia telah makan banyak roti sepanjang pagi.)
  4.  

  5. Menunjukkan kejadian yang telah dimulai di masa lampau dan berlanjut sampai sekarang.
    • I have been climbing the mountain through the forest for two days. (Saya telah sedang mendaki gunung melewati hutan selama dua hari.)
    • I have been waiting for my lecturer since three hours ago. (Saya telah menunggu dosen saya sejak tiga jam yang lalu.)

Demikianlah tadi ulasan tentang present perfect continuous tense. Meliputi pengertian, rumus, dan contoh kalimat present perfect continuous tense. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bemanfaat.

Baca Juga: 16 Tenses dalam Bahasa Inggris