Present Perfect Tense: Pengertian, Rumus, dan Contoh Kalimat

By | July 23, 2018

Karakteristik present perfect tense adalah kalimat dengan kata kerja yang disusun atas dua komponen, yaitu bentuk auxiliary verb yang tepat (have atau has) dan past participle dari kata kerja utama. Bentuk past participle sendiri ada dua, yaitu regular verb dan irregular verb. Sebelum membahas lebih jauh tentang present perfect tense, sebaiknya sobat idschool memahami terlebih dahulu kata kerja bentuk past participle, atau yang biasa disebut sebagai kata kerja bentuk ke tiga (V3).

Karakteristik regular verb ditandai dengan penambahan -ed setelah kata kerjanya. Contoh regular verb untuk past participle adalah watched, arrived, looked, dan lain sebagainya. Sedangkan unttuk irregular verb memiliki bentuk yang berbeda dengan kata kerja bentuk present atau bisa sama dengan bentuk present, tanpa tambahan -ed. Contoh irregular verb untuk past participle adalah saw – seen, buy – bought, begin – begun, send – sent, run – run, dan lain sebagainya. Contoh kalimat yang menggunakan V3 adalah sebagai berikut.

Contoh kalimat present perfect tense

Perhatikan bahwa kata kerja utamanya terdiri atas has dan lived. Contoh kalimat di atas merupakan present perfect tense.

Kalimat yang disusun dengan pola present perfect tense menandakan kejadian yang terjadi pada waktu yang tidak ditentukan di masa lalu atau dimulai di masa lalu dan berlangsung di masa sekarang. Contoh kalimat yang dapat dinyatakan dengan pola present perfect tense adalah, She has lived in Jakarta over two years (Dia telah tinggal di Jakarta selama 2 tahun). Artinya, dia sekarang masih di Jakarta dan dia telah berada di sana selama 2 tahun.

Present perfect tense

Demikianlah pengantar materi tentang present perfect tense. Ulasan lebih lanjut mengenai pengertian present perfect tense, rumus present perfect tense, dan contoh kalimat present perfect tense akan dibahas di bawah.

 

Pengertian Present Perfect Tense

Pengertian present perfenct tense telah banyak disinggung di atas. Pada bagian ini, akan diulas lebih lanjut lagi tentang present perfect tense. Kalimat pernyataan yang disusun menggunakan present perfect merupakan pernyataan untuk menyatakan kejadian di masa lalu dan masih berlanjut sampai sekarang.

Contohnya, ketika sobat idschool ingin menyatakan bahwa sobat idschool masih tinggal di suatu tempat dan telah berada di sana selama 5 tahun. Kalimat tersebut diungkapkan sebagai Saya sudah tinggal di sini sejak 5 tahun. Maka penggunaan pola kalimat yang tepat dalam Bahasa Inggris adalah dengan present perfect. Yaitu, I have lived here for 5 years.

Kesimpulannya, present perfect tense adalah susunan kalimat dengan kata kerja khusus yang digunakan untuk menyatakan suatu kejadia yang telah dimulai di masa lalu dan masih berlanjut sampai sekarang. Kalimat yang disusun dengan presnt perfect juga dapat meliputi kejadian yang berlangusng pada suatu titik waktu tertentu di masa lalu namun efeknya masih berlanjut.

Pengertian present perfect tense

Untuk menambah pemahaman spobat idschool akan diberikan contoh kalimat present perfect tense. Namun, perhatikan cara menyusun kalimat dengan pola present perfect yang diberikan melalui rumus present perfect berikut ini.

 

Rumus Present Perfect Tense

Bagaimanakah cara menyusun kalimat dengan pola present perfect tense? Kalimat tersebut dapat dibentuk dengan mengikuti pola rumus present perfect tense. Berikut ini adalah pola yang dapat diikuti untuk membentuk pola kalimat present perfect.

Rumus present perfect tense

 

Keterangan waktu yang biasa terdapat pada present perfect tense adalah:

  1. Just now
  2. Already
  3. As yet
  4. So far
  5. Ever
  6. Never
  7. For
  8. Since
  9. This week
  10. This month

 

Contoh Kalimat Past Perfect Tense

Hati-hati pada pola kalimat yang mungkin akan terlihat sama, seperti simple past tense. Pola simple past tense juga digunakan untuk menyatakan kejadian di masa lalu. Namun, antara present perfect tense dan simple past tense terdapat perbedaan dalalm penggunaannya. Bedakan penggunaan antara keduanya.

Secara umum, pola kalimat yang disusun dengan present perfect mengindikasikan hubungan antara masa sekarang (saat pernyataan diungkapkan) dan kejadian di masa lalu yang masih berlangsung. Namun, ada beberapa kalimat dengan berbagai tujuan yang juga dinyatakan dengan present perfect tense.

Contoh kalimat present perfect tense dengan berbagai tujuan penggunaan berdasarkan beberapa situasi/keadaan:

  1. Menyatakan situasi atau keadaan yang dimulai pada masa lalu dan masih berlangsung sampai sekarang.

    Contoh kalimat:

    • He has worked in Surabaya for three years. (Dia sudah bekerja di Surabaya selama tiga tahun.)
    • Anna and I have had the same apartment for two years. (Anna dan saya sudah mempunyai apartemen yang sama selama dua tahun.)
    • Have you played the guitar since you were in junior high school? (Apakah kamu telah memainkan gitar sejak samu masih di SMP?)
  2.  

  3. Menyatakan kegiatan dalam periode waktu tertentu dan periode tersebut belum berakhir sampai dengan pernyataan diungkapkan.

    Contoh kalimat:

    • I have study hard this week. (Saya telah belajar keras minggu ini.)
    • She has been to the market twice this month. (Dia telah pergi ke pasar sebanyak dua kali dalam sebulan ini.)
    • My sister has written two books this year. (Kakak perempuanku telah menulis dua buku di tahun ini.)
  4.  

  5. Kejadian berulang untuk periode waktu yang tidak ditentukan antara masa lalu dan sekarang.

    Contoh kalimat:

    • She has visited me many times. (Dia telah mengunjungiku berulang-ulang.)
    • We have visited Bali several times. (Kita telah mengunjungi Bali beberapa kali.)
    • My father has called me three times. (Ayahku sudah meneleponku tiga kali.)
  6.  

  7. Menyatakan kejadian yang baru saja selesai

    Kejadian yang baru saja selesai biasanya diungkapkan dengan keterangan kata just, recently atau keterangan waktu ever (in questions), so far, until now, up to nowm yet (in questions and negatives). Contoh kalimat:

    • I have just eaten. (Aku baru selesai makan.)
    • My lecturer has recently discovered a new method for his experiment. (Dosen saya baru-baru ini telah menemukan metode baru untuk eksperimennya.)
    • Have you ever seen a alien? (Apakah kamu pernah melihat alien?)
    • Where have you been up to now? (Di mana saja kamu sampai sekarang?)
  8.  

  9. Menyatakan situasi atau kejadian dengan keterangan waktu yang tidak diketahui atau waktu menjadi tidak penting.

    Contoh kalimat:

    • She has read this book. (Dia sudah membaca buku ini.)
    • My brother has eaten my soup. (Kakakku telah memakan sup ku.)
    • He has studied English, Arabic, and Japanese. (Dia telah belajar Bahasa Inggris, Arab, dan Jepang.)
  10.  

    Note tambahan, sebagai pengingat, penggunaan pola present perfect tense terdapat pada kejadian yang masih bisa diingat. Jika sobat dischool masih bisa mengingat kejadian tersebut, pola yang tepat untuk menyusun kalimat adalah present perfect. Tidak berlaku secara baku, namun bisa sedikit membantu dalam mengingat penggunaan present perfect tense.

    Demikianlah ulasan tentang present perfect tense. Meliputi pengertian present perfect tense, rumus present perfect tense, dan contoh kalimat present perfect tense. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

    Baca Juga: 16 Tenses dalam Bahasa Inggris