Cara Kerja Otot Bisep dan Trisep pada Lengan Atas

By | July 7, 2019

Cara Kerja Otot Bisep dan Trisep – Otot berperan sebagai alat gerak aktif yang memungkinkan seseorang dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berjalan, berlari, dan lain sebagainya. Cara kerja otot dibedakan dalam dua jenis yaitu sinergis dan antagonis.

Sepasang otot yang bekerja saling mendukung adalah cara kerja otot sinergis. Sedangkan sepasang otot yang bekerja saling berlawanan disebut sebagai cara kerja otot antagonis. Contoh gerakan otot sinergis terdapat pada gerakan otot – otot leher, gerakan otot – otot punggung, gerakan menelungkupkan tangan. Contoh cara kerja otot antagonis terdapat pada otot bisep dan otot trisep yang terletak di lengan atas.

Cara Kerja Otot Bisep dan Trisep

Saat lengan bawah melakukan gerakan ke atas (mengangkat lengan bawah), otot bisep dan otot trisep bekerja secara berlawanan. Begitu juga saat lengan bawah melakukan gerakan untuk meluruskan lengan. Kedua otot tersebut, otot bisep dan otot trisep bekerja secara berlawanan. Bagaimana cara kerja otot bisep dan trisep pada lengan atas? Simak ulasan bahasan cara kerja otot bisep dan trisep saat mengangkat lengan atas dan meluruskan lengan bawah berikut.

Cara Kerja Otot Bisep dan Trisep Saat Mengangkat Lengan Bawah

Otot bisep terletak pada lengan atas bagian depan. Pada saat sobat idschool mengangkat lengan bawah, otot bisep akan berkontraksi. Kondisi sebaliknya terjadi pada otot trisep. Pada saat terjadi gerakan mengangkat lengan bawah, otot trisep akan relaksasi. Dua gerakan inilah yang dimaksud berlawanan atau antagonis. Satu otot bekerja berkontraksi dan satu yang lainnya relaksasi.

Cara Kerja Otot Bisep dan Trisep Saat Mengangkat Lengan Bawah

Baca Juga: Sistem Gerak Pada Manusia

Cara Kerja Otot Bisep dan Trisep Saat Meluruskan Lengan Bawah

Letak otot trisep berada pada lengan atas bagian belakang. Seperti yang terjadi pada cara kerja otot bisep dan trisep saat mengangkat lengan bawah. Gerakan pada kedua otot bisep dan trisep pada lengan atas juga antagonis (berlawanan). Pada saat meluruskan lengan bawah, otot bisep bekerja secara relaksasi. Sebaliknya, otot trisep akan kontraksi saat sobat idschool meluruskan lengan bawah.

Cara Kerja Otot Bisep dan Trisep Saat Meluruskan Lengan Bawah

Demikianlah tadi penjelasan cara kerja otot bisep dan trisep pada lengan atas saat melakukan gerakan. Meliputi cara kerja otot bisep dan trisep saat mengangkat dan meluruskan lengan bawah. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Perbedaan Otot Polos, Otot Lurik, dan Otot Jantung