Apa Itu Cadangan Devisa?

By | May 14, 2019

Cadangan devisa adalah sejumlah dana yang terdiri atas mata uang kuat (hard currency) yang selalu dicadangkan oleh bank sentral. Mata uang kuat yang dimaksud adalah mata uang yang mempunyai tingkat likuiditas tinggi dan banyak diterima dalam transaksi perdagangan internasional, seperti dollar AS, mark Jerman, atau yen Jepang.

Menurut IMF (International Monetary Fund), jumlah cadangan devisa yang aman bagi suatu negara adalah cadangan devisa yang cukup membiayai kewajiban luar negeri minimal selama tiga bulan. Cadangan devisa didapat dari selisih arus masuk dan arus keluarnya devisa.

Cadangan Devisa

Banyak devisa tergantung belanja negara (ekspor atau impor). Jika jumlah barang yang diimpor naik maka cadangan devisa akan berkurang. Apabila hal ini terjadi maka akan mempengaruhi kondisi ekonomi negara.

Dalam perkembangan ekonomi nasional Indonesia, dikenal dua terminologi cadangan devisa yaitu cadangan devisa milik negara dan cadangan milik badan, perorangan, atau lembaga keuangan nasional.

  1. Cadangan devisa milik negara yang dikelola, diurus, dan ditatausahakan oleh bank sentral sesuai tugas yang dijelaskan oleh UU No. 13 Tahun 1968.
  2. Seluruh devisa yang dimiliki oleh badan, perorangan, lembaga, terutama lembaga keuangan nasional yang secara moneter merupakan bagian dari kekayaan nasional.

Demikianlah tadi bahasan tentang apa itu cadangan devisa. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Pengertian, Sumber dan Manfaat Devisa