Rekomendasi Buku UTBK SBMPTN yang Bagus

By | September 9, 2020

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri lebih umum disebut melalui singkatannya yaitu SBMPTN. Peserta yang mendaftar SBMPTN wajib mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Hasil nilai UTBK tersebut akan menentukan berhasil atau gagal lolos SBMPTN. Perlu banyak persiapan agar bisa sukses dan lolos UTBK SBMPTN. Salah satu persiapan yang perlu dilakukan adalah terbiasa mengerjakan soal – soal dengan tingkat kesulitan yang setara dengan soal – soal UTBK SBMPTN. Untungnya, banyak buku yang menyediakan kumpulan soal sesuai dengan kesulitan soal UTBK SBMPTN. Sehingga, sobat idschool bisa lebih mudah membiasakan diri melalui soal – soal yang diberikan pada buku – buku SBMPTN tersebut.

Ada tiga buku SBMPTN yang bisa dijadikan sebagai rekomendasi buku UTBK SBMPTN. Rekomendasi buku tersebut dibedakan untuk kelompok SAINTEK dan SOSHUM. Rekomendasi buku UTBK SBMPTN untuk kelompok SAINTEK adalah buku wangsit dari wangsit education, the king dari forum edukasi, dan mega bank dari Cmedia. Sedangkan rekomendasi buku UTBK SBMPTN untuk kelompok SOSHUM adalah buku menguasai IPS SKS dari  pustaka gema media, wangsit dari wangsit education, dan the king dari forum edukasi.

Rekomendasi Buku UTBK SBMPTN SAINTEK

Toko buku biasanya menyediakan beberapa pilihan buku dari beberapa penerbit. Masing–masing buku mempunyai keunggulan yang mungkin tidak dimiliki buku lainnya. Beberapa buku biasanya memberikan paket persiapan yang dibutuhkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli buku UTBK SBMPTN.  Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah kelengpakan informasi, materi, dan paket soal yang diberikan. Penunjang lain seperti tamabahan aplikasi dan video pembahasan yang diberikan dalam bentuk bonus bisa juga jadi dipertimbangkan. Selain itu, harga buku juga mungkin bisa jadi pertimbangan, pastikan harga buku setara dengan kualitas buku yang akan sobat idschool pilih.

Sobat idschool bisa jadi akan kesulitan menemukan buku yang sesuai. Untuk itu coba simak rekomendai tiga buku UTBK SBMPMTN untuk kelompok SAINTEK beserta ulasannya yang diberikan di bawah.

1. WANGSIT Spoiler UTBK SBMPTN Kelompok IPA/SAINTEK PLATINUM

Rekomendasi buku SBMPTN yang pertama adalah buku dari penerbit Wangsit Education dengan judul WANGSIT Spoiler UTBK SBMPTN untuk kelompok IPA atau SAINTEK. Pengguna buku WANGSIT – Pawang Soal Sulit sebelumnya banyak yang merasa terbantu oleh buku ini sehingga dapat masuk ke perguruan tinggi negeri impian. Sehingga, sobat idschool bisa mempertimbangkan buku ini menjadi pilihan buku yang bagus untuk dibeli. Sebelumnya, sobat idschool mungkin perlu mengenali lebih jauh bagaimana kelengkapan buku ini.

Buku wangsit dirancang khusus bagi peserta SBMPTN dengan soal – soal yang disusun rapi dari tahun ke tahun. Ringkasan materi yang diberikan dalam buku ini juga dinilai cukup lengkap. Terdapat 3 varian pilihan buku wangsit yaitu silver, gold, dan platinum yang dibedakan berdasarkan kelengkapan isi buku. Pekat silver adalah paket yang kurang lengkap dibandingkan paket lainnya namun harganya paling rendah. Paket gold merupakan paket pertengahan dari ketiga paket, isinya lebih lengkap dari paket silver namun harganya lebih mahal.

Rekomendasi Buku SBMPTN

Paket yang paling lengkap adalah platinum dengan harga paling mahal dibanding dua paket sebelumnya. Satu paket buku Wangsit Spoiler UTBK SBMPTN Platinum terdiri dari empat buku terpisah yang terdiri dari buku TPS, Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Sobat idshool bisa membelinya secara terpisah atau bisa juga membeli semua buku dalam paket tersebut.

Ringkasan Buku Wangsit Spoiler UTBK SBMPTN Platinum:

  • Penerbit: Wangsit Education
  • Jenis kertas: HVS Putih (mewah dan nyaman di mata)
  • Harga buku,
    TPS: ±Rp150.000,00
    Matematika IPA: ±Rp60.000,00
    Fisika: ±Rp55.000,00
    Kimia: ±Rp54.000,00
    Biologi: ±Rp56.000,00
    Paket IPA: ±Rp350.000,00
    Paket SAINTEK: ±Rp210.000,00
  • Kelebihan: soa–soal asli UTBK (1.500 soal), full Pembahasan, ada ringkasan materi, mendapat voucher Try Out UTBK/SIMAK UI/UM–UGM selama 1 Tahun, mendapat kesempatan masuk group belajar aktif bersama penulisnya, disertai video pembelajaran, passing grade UTBK, rasionalisasi SNMPTN, dan konsultasi penjurusan
  • Kekurangan: harga untuk satu paket platinum bisa mencapai lebih dari Rp350.000,00

2. The King Bedah Kisi – Kisi SBMPTN & UM Mandiri SAINTEK

Rekomendasi buku SBMPTN berikutnya adalah The King SBMPTN & UM Mandiri SAINTEK dari forum edukasi. Muatan materi dari buku ini meliputi dua bahasan yaitu TPS dan TKA Saintek. Bahasan TKA Saintek meliputi bahasan matematika saintek, fisika, kimia, dan biologi. Sedangkan muatan TPS meliputi penalaran umum, pemahaman bacaan dan menulis, pengetahuan dan pemahaman, serta penalaran kuantitatif.

Buku The King SBMPTN & UM Mandiri Saintek ini dilengkapi bonus aplikasi android yang memuat tryout semua mapel, tes potensi akademik, dan motivasi sukses. Selain bonus aplikasi, ada juga dua bonus lain yaitu video pembahasan dan CD simulasi CBT SBMPTN Nilai tambah dari buku ini juga terdapat pada fasilitas tryout SBMPTN online dengan cakupan peringkat nasional, group belajar UTBK, serta kesempatan mendapatkan dana pendidikan senilai 150 juta.

Rekomendasi Buku SBMPTN Saintek

Ringkasan Buku The King Bedah Kisi – Kisi SBMPTN & UM Mandiri SAINTEK:

  • Jumlah halaman: 912
  • Ukuran: 19 cm × 26 cm × 5 cm
  • Berat: 1.500 gram
  • Penulis: Forum Tentor Indonesia
  • Penerbit: Forum Edukasi
  • Jenis kertas: paper book
  • Harga: ±Rp188.000,00
  • Kelebihan: banyak bonus yang diberikan seperti CD simulasi UTBK dan aplikasi android untuk tryout online, dan free video tutorial bedah soal SBMPTN
  • Kekurangan: dimensi buku terlalu tebal untuk dibawa kemana – mana

Baca Juga: Kenali Jenis – Jenis Soal dalam TPS UTBK SBMPTN

3. MEGA BANK UTBK SBMPTN SAINTEK

Buku terakhir yang menjadi rekomendasi adalah Mega Bank UTBK SBMPTN SAINTEK. Keunggulan buku MEGA BANK UTBK SBMPTN dari Cmedia adalah memuat informasi resmi seputar SBMPTN terbaru, ringkasan superlengkap, paket soal asli beserta pembahasan, dan 11 paket prediksi beserta pembahasannya. Selain itu, sebagai bonus dari buku mega bank UTBK saintek diberikan 2 paket ebook soal asli beserta pembahasannya dan software + aplikasi UTBK SBMPTN dalam bentuk CD.

Rekomendasi Buku SBMPTN Saintek yang Bagus

Ringkasan Buku MEGA BANK UTBK SBMPTN SAINTEK:

  • Penulis: The King Eduka
  • Penerbit: Cmedia
  • Ukuran: 19 cm × 26 cm
  • Jumlah halaman: viii + 832
  • Jenis kertas: paper book
  • Harga: ±Rp250.000,00
  • Kelebihan: memuat sepuluh paket prediksi, satu buku memuat subtes TPS dan TKA Saintek, pembahasan semua soal diberikan secara tuntas dengan solusi cerdas, soal disusun berdasarkan soal aktual dan terkini UTBK SBMPTN Saintek yang fokus pada soal – soal HOTS, serta memuat tip dan trik yang berguna untuk menyelesaikan soal.
  • Kekurangan: dimensi buku tebal sehingga tidak mudah dibawa kemana – mana.

Baca Juga: 9 Tips Memilih Jurusan Kuliah

Rekomendasi Buku UTBK SBMPTN SOSHUM

Cara memilih buku SBMPTN untuk kelompok SOSHUM tidak jauh beda seperti tips memilih buku UTBK SBMPTN untuk kelompok SAINTEK. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah kelengkapan materi, paket soal beserta pembahasan, bonus di luar buku, dan harga yang sesuai kualitas. Sobat idschool bebas memilih buku apa saja yang menurut sobat idschool merupakan buku yang tepat sesuai kebutuhan sobat idschool. Namun tidak ada salahnya untuk menyimak rekomendasi buku UTBK SBMPTN untuk kelompok SOSHUM berikut.

1. Menguasai IPS Sistem Kebut Semalam (SKS)

Buku Menguasai IPS SKS memuat rangkuman materi dari kelas 10, 11, dan 12. Cakupan materi yang dimuat meliputi sejarah, ekonomi, geografi, dan sosiologi. Ukuran buku Menguasai IPS SKS didesain cocok dibawa kemana – mana. Dalam buku saku ini memuat materi lengkap untuk persiapan UN, SBMPTN, SIMAK UI, dan Tes Masuk PTN.

Rekomendasi Buku SBMPTN SOSHUM

Ringkasan Menguasai IPS Sistem Kebut Semalam – Buku UTBK SOSHUM:

  • Penerbit: Pustaka Gema Media
  • Jumlah halaman: 272
  • Harga: ±Rp60.000,00   
  • Kelebihan: dimensi buku kecil sehingga mudah dibawa kemana – mana dan harga relatif terjangkau
  • Kekurangan: soal – soal di dalam buku kurang banyak

2. WANGSIT Spoiler UTBK SBMPTN Kelompok SOSHUM [PLATINUM]

Buku wangsit dirancang khusus bagi peserta SBMPTN dengan soal – soal yang disusun rapi dari tahun ke tahun. Ringkasan materi yang diberikan dalam buku ini juga dinilai cukup lengkap. Terdapat 3 varian pilihan buku wangsit yaitu silver, gold, dan platinum yang dibedakan berdasarkan kelengkapan isi buku. Pekat silver adalah paket yang kurang lengkap dibandingkan paket lainnya namun harganya paling rendah. Paket gold merupakan paket pertengahan dari ketiga paket, isinya lebih lengkap dari paket silver namun harganya lebih mahal.

Platinum adalah arian paling lengkap yang ditawarkan oleh paket buku wangsit. Namun, nilai tersebut harus dibeli dengan harga yang paling mahal dibanding dua paket sebelumnya. Satu paket buku Wangsit Spoiler UTBK SBMPTN SOSHUM Platinum terdiri dari buku TPS, Matematika, Sejarah, Ekonomi, Geografi, dan Sosiologi. Buku – buku tersebut dijilid terpisah dan dapat dibeli secara terpisah sesuai kebutuhan sobat idschool.

Rekomendasi Buku SBMPTN yang Bagus

Ringkasan Wangsit Spoiler UTBK SBMPTN SOSHUM [PLATINUM]:

  • Penerbit: Wangsit Education
  • Jenis kertas: HVS Putih (mewah dan nyaman di mata)
  • Harga buku
    TPS: ±Rp150.000,00
    Matematika soshum: ±Rp54.000,00
    Sejarah: ±Rp53.000,00
    Ekonomi: ±Rp53.000,00
    Geografi: ±Rp53.000,00
    Sosiologi: ±Rp53.000,00
    Paket Platinum IPS: ±Rp380.000,00
    Paket SOSHUM: ±Rp240.000,00
  • Kelebihan: soa–soal asli UTBK yang jumlahnya mencapai ribuan, full Pembahasan, ada ringkasan materi, mendapat voucher Try Out selama 1 tahun, mendapat kesempatan masuk group belajar aktif, disertai video pembelajaran, passing grade UTBK, rasionalisasi SNMPTN, dan konsultasi penjurusan
  • Kekurangan: harga satu paket buku wangsit platinum relatif lebih mahal

3. The King Bedah Kisi – Kisi SBMPTN & UM Mandiri SOSHUM

Buku The King bedah kisi – kisi SBMPTN dan UM Mandiri SOSHUM memuat lebih dari 4000 bank soal.  Kumpulan soal dalam buku The King merupakan soal – soal SBMPTN dan UM Mandiri dari tahun – tahun sebelumnya, termasuk soal HOTS UTBK SBMPTN  dan UM MANDIRI. Buku ini juga memuat paket latihan tryout mandiri yang bisa di kerjakan sendiri beserta kunci jawaban dan pembahasanya. Beberapa pembahasan soal dalam buku The king diberikan beserta tips trik rumus cerdik.

Rekomendasi Buku SBMPTN Soshum yang Bagus

Ringkasan The King Bedah Kisi – Kisi SBMPTN & UM Mandiri SOSHUM:

  • Penerbit: Forum Edukasi
  • Jumlah halaman: 1.072
  • Ukuran: 19 × 26
  • Jenis kertas: paper book
  • Harga: ±Rp196.000,00
  • Kelebihan: paket materi dan soal di dalam buku lengkap,  banyak bonus seperti fasilitas group belajar UTBK, video pembahasan, tryout online gratis, aplikasi android untuk latihan soal, aplikasi simulasi CBT SBMPTN, ebook ribuan soal, dan kesempatan mendapatkan dana pendidikan
  • Kekurangan: dimensi buku tebal sehingga kurang bersahabat untuk dibawa ke mana – mana

Demikianlah tiga buku rekomendasi sbmptn untuk kelompok SAINTEK dan SOSOHUM. Sobat idschool bisa mendapatkan buku – buku tersebut di toko buku terdekat atau online shop. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Tips SUKSES SBMPTN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.