Jenis Narkoba Menurut Efeknya

By | November 28, 2019

Jenis Narkoba Menurut Efeknya adalah bahasan tentang jenis – jenis narkoba berdasarkan efek yang ditimbulkannya. Sebelumnya, apakah sobat idschool sudah mengetahui apa itu narkoba? Narkoba merupakan singkatan dari narkotika dan bahan/obat terlarang. Berdasarkan Undang – Undang No. 35 tahun 2009, definisi dari Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan. Dapat ditarik kesimpulan bahwa dampak dari penggunaan narkoba yang tidak sesuai adalah adalah ketergantungan atau kecanduan. Jadi, semestinya sobat idschool jangan pernah menyalahgunakan narkoba.

Pada dasarnya, narkoba dapat dimanfaatkan dalam dunia kesehatan yang berfungsi sebagai obat bius atau obat – obat untuk penyakit tertentu. Namun sayangnya, terjadi beberapa kasus penyalahgunaan narkoba yang tidak sesuai sehingga membahayakan penggunanya. Jenis narkoba meliputi banyak macam meliputi 354 jenis narkoba, seperti ganja, kokain, morfin, heroin, opium/opiate, kodein, methadone (MTD), Lysergic Acid (LSD), mescalin, barbiturat, demerol/petidin, dektropropoksiven, hashish, dan lain sebagainya. Berdasarkan efeknya, jenis narkoba dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu depresan, stimulan, dan halusinogen.

Jenis Narkoba Menurut Efeknya

Apa saja jenis narkoba yang termasuk dalam depresan, stimulan, dan halusinogen? Simak ketiga jenis narkoba menurut efeknya pada masing – masing bahasan di bawah.

Depresan

Depresan adalah efek dari narkoba yang bisa menekan sistem saraf pusat dan mengurangi aktivitas fungsional tubuh. Pemakai narkoba dari jenis depresan akan merasa tenang bahkan tertidur dan tidak sadarkan diri. Sepertinya terlihat baik, bukan? namun kondisi tersebut hanya berlangsung sementara waktu. Penggunaan jenis narkoba dari kelompok depresan yang tidak sesuai tentu akan berakibat tidak baik yaitu akan mengakibatkan kecanduan. Contoh jenis narkoba menurut efek depresan meliputi putau, alkohol, inhalansia, methadone, sedatif – hipnotik, ganja, opiat (morfin, heroin, kodein).

Jenis Narkoba Menurut Efeknya - Depresan

Baca Juga: Pencemaran Air – Eutrofikasi

Stimulan

Stimulan yaitu efek dari narkoba yang bisa mengakibatkan kerja organ tubuh seperti jantung dan otak lebih cepat dari biasanya. Efek yang dirasakan pemakai dari jenis narkoba menurut efek stimulan adalah penggunanya lebih bertenaga serta cenderung membuatnya lebih senang dan gembira untuk sementara waktu. Contoh jenis narkoba menurut efek stimulan adalah amfetamin, kafein, kokain, MDMA (Methyl​enedioxy​methamphetamine) atau ektasi, nikotin.

Halusinogen

Halusinogen yaitu efek dari narkoba bisa mengakibatkan seseorang menjadi berhalusinasi dengan melihat suatu hal/benda yang sebenarnya tidak ada/tidak nyata bila dikonsumsi dalam sekian dosis tertentu. Contoh jenis narkoba menurut efek halusinogen meliputi LSD (Lysergic Acid, – Elsid ), ganja, jamur (meskalin, psilosibin).

Jenis Narkoba Menurut Efeknya - Halusinogen

Sekian ulasan jenis narkoba menurut efeknya yang terdiri atas depresan, stimulan, dan halusinogen. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Bioteknologi Konvensional vs Bioteknologi Modern