Keunikan Gerak Tari Tradisional dari Indonesia

Keunikan gerak tari tradisional dapat terletak pada gerakan mata, jari tangan, karakter penari, dan lain sebagainya. Adanya keunikan gerak tari tradisional dapat menjadi daya tarik sendiri bagi penikmatnya. Keterampilan penari tari tradisional dalam memainkan keunikan tersebut dilakukan melalui latihan. Sehingga, penari dapat menampilkan keunikan tari tradisional dengan baik pada saat pementasan.

Indonesia memiliki banyak suku yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Setiap suku memiliki kebudayaan yang unik, salah satunya adalah tari tradisional. Bagaimana saja bentuk keunikan gerak tari tradisional dari Indonesia? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Table of Contents

Keunikan Gerak Tari Tradisional pada Mata

Conoth bentuk keunikan gerak tari tradisional yang terletak pada bagian gerak mata terdapat pada tari tradsional dari Bali. Tari Bali memiliki keunikan permainan gerak mata yang dilakukan penarinya. Gerak mata dapat melirik ke kanan atau ke kiri dengan kecepatan tertentu.

Selain dari gerak mata, iringan gerak tangan dan kepala dari tari tradisional dari Bali ini juga dapat menjadi daya tarik sendiri. Contoh nama tari bali yang cukup terkenal dengan keunikan pada gerak mata adalah tari Pendet dan tari Legong Bapang Durga.

sumber gambar Tari Bali oleh jovanel dari pixabay

Keunikan Gerak Tari Tradisional pada Jari Tangan

Berikutnya bentuk keunikan tari tradisional yang terdapat pada gerakan jari-jari tangan. Gerak pada jari-jari tangan dapat juga menjadi bentuk keunikan gerak tari tradisional seperti pada tari Gendhing Sriwijaya dari Kota Palembang.

Keunikan tradisional yang tetrletak pada gerak jari tangan juga terdapat pada tarian Dayak. Keunikan gerak jari tangan pada tarian Dayak dapat dilihat melalui bulu-bulu burung enggang yang diselipkan pada jari-jari tangan. Kekuatan kedua jenis tari tersebut terdapat pada kelentikan jari-jari yang bergerak seirama musik iringannya.

Pada tarian tradisional dari Jawa atau Surakarta juga terdapat keunikan gerak pada tangan. Bentuk gerakan jari tangan pada tari tradisional dari Jawa atau Surakarta juga mencirikan karakter tari misalnya karakter gagah/perkasa atau halus. Contoh keunikan tari tradisional dengan gerak karakter gagah perkasa terdapat pada Tari Satrio Watang. Contoh keunikan tari tradisional dengan gerak karakter Tari Langen Asmoro.

Tari Langen Asmoro adalah tari dengan keunikan gerak tangan, selain itu juga terdapat keunikan pada cara membawakannya. Tari dibawakan dengan cara berpasangan dengan cerita sepasang kekasih yang sedang saling jatuh cinta.

Baca Juga: Tradisi Baritan

Keunikan Gerak Tari Tradisional pada Kekompakan Gerakan

Tari tradisional di Indonesia juga memiliki keunikan yang terdapat pada kekompakan gerak penarinya. Contoh tari tradisional dengan kekompakan penarinya terdapat pada Tari Ratoh Jaroe dan Tari Saman yang berasal dari Aceh.

Antara tari Ratoh Jaroe dan tari Samam memiliki perbedaan yang tipis, bahkan sekilas akan nampak sama. Nyatanya, antara tari Ratoh Jaroe dan tari saman memiliki perbedaan yang menjadi karakteristik masing-masing. Di mana tari Saman lebih menunjukkan gerakan badan, sedangkan tari Ratoh Jaroe menonjolkan gerakan tangan beserta badan.

Contoh lain dari keunikan gerak tari tradisional pada kekompakan gerakan terdapat pada Tari Kecak dari Bali. Selain memiliki keunikan kekompakan gerakan tangan, keunikan tari tradisional Kecak juga terdapat pada suara penarinya.

Bentuk Keunikan Gerak Tari Tradisional Lainnya

Keunikan gerak juga dapat dilihat dari ragam yaitu kumpulan dari beberapa motif. Contohnya adalah ragam ”meniti batang” pada tari melayu. Di mana pada tari tradisional tersebut terdapat koordinasi antara motif gerak kaki, tangan, dan badan.

Unsur gerakan dasar pada ragam “meniti batang” meliputi gerakan tangan, gerakan kaki, pola langkah, gerakan leher, dan arah pola mata.

Setiap tari tradisional memiliki keunikan ragam gerak yang menjadi ciri khas tarian. Ragam gerak tradisional memiliki kaidah yang berlaku dan sesuai tarian berasal.

Selain beberapa contoh tradisional yang telah disebutkan di atas, Indonesia masih memiliki banyak lagi tari tradisional lainnya. Perhatikan keunikan gerak tari tradisional pada enam macam tari tradisional di bawah.

Keterangan asal tari tradisional dan deskripsi keunikan gerak pada enam tari tradisional diberikan seperti tabel di bawah.

Demikianlah tadi ulasan keunikan gerak tradisional dari Indonesia yang memberikan daya tarik tersendiri. Terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Budaya Malam Satu Suro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.