Siapa Saja yang Termasuk Assabiqunal Awwalun

By | November 26, 2020

Muhammad SAW merupakan seorang Rasul yang menjadi utusan Allah SWT untuk menyampaikan pesan. Salah satu tugas Nabi Muhammad adalah menyampaikan pesan (dakwah) ajaran Agama Islam dengan kitab Al-Qur’an. Awal mula dakwah Nabi Muhammad SAW dilakukan secara sembunyi-sembunyi dan hanya dilakukan terbatas kepada teman dan kerabatnya. Beberapa orang dengan mudah mempercayai dakwah yang disampaikan Nabi Muhammad SAW, namun tidak sedikit yang mengingkarinya. Orang-orang yang mempercayai dakwah Nabi dan menjadi golongan sebagai pemeluk Islam pertama kali disebut Assabiqunal Awwalun. Siapa saja yang termasuk Assabiqunal Awwalun diantaranya adalah Abu Bakar (dari kalangan laki-laki dewasa), Ali bin Abi Thalib (dari kalangan anak-anak), dan Siti Khadijah (dari kalangan wanita dewasa). Selain itu, Zaid Bin Haritsah (dari kalangan budak) dan Arqam Bin Abil Arqam (dari kalangan pengusaha) juga termasuk sebagai Assabiqunal Awwalun.

Keterangan Assabiqunal Awwalun terdapat pada surat At Taubah ayat 100 yang artinya “Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar”.

Siapa Saja yang Termasuk Assabiqunal Awwalun

Ibu Abbas RA berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Tak seorang pun yang saya ajak bicara mengenai Islam kecuali dia akan selalu enggan dan mengingkari saya, dan dia menentang saya kecuali Ibnu Abu Quhafah (Abu Bakar), di mana setiap saya mengatakan sesuatu tentang Islam dia selalu menerimanya dan konsisten dengan apa yang saya katakan. Abu Bakar adalah orang yang pertama kali masuk Islam dari kalangan laki-laki dewasa. Beberapa orang masuk Islam berkat jasa Abu Bakar adalah Utsman bin Affan, Az-Zubair bin Al-Awwam, Abdurrahman bin ‘Auf, Sa’ad bin Abi Waqash, Thalhah bin Ubaidillah. Sebutan Assabiqunal Awwalun berasal dari berbagai kalangan, dari budak sampai pengusaha, serta dari laki-laki dan perempuan

5 tokoh yang mendapat sebutan Assabiqunal Awwalun dan asal golongannya diberikan seperti daftar berikut.

  1. Siti Khadijah binti Khuwailid (dari kalangan wanita dewasa)
  2. Abu Bakar As Shidiq dari kalangan laki-laki dewasa)
  3. Ali bin Abi Thalib (dari kalangan anak-anak)
  4. Ar Qam bin Abil Arqam (dari kalangan pengusaha)
  5. Zaid bin Haristah (dari kalangan wanita dewasa)

Selain kelima tokoh dari berbagai golongan di atas, daftar tokoh yang termasuk juga sebagai Assabiqunal Awwalun disebutkan seperti daftar berikut.

  1. Umar bin Khathab
  2. Ustman bin Affan
  3. Thalhah bin ‘Ubaidillah
  4. Az-Zubair bin Al-Awwam
  5. Abudurrahman bin Auf
  6. Abu ‘Ubaidah bin Al-Jarrah
  7. Sa’ad bin Abi Waqqash
  8. Ustman bin Affan
  9. Zubair
  10. Sa’ad bin Abi Waqosh
  11. Thalhan bin Ubaidillah
  12. Abu Salamah bin Abdul Asad
  13. Ustman bin Madz’un
  14. Ubaidah bin Al harris
  15. Zaid bin Zaid bin Amru
  16. Asma binti As Shidiq
  17. Khabab bin Al Arat Al Khaza’I
  18. Amir bin Abi Waqosh
  19. Abdullah bin Mas’ud
  20. Mas’ud bin Rabiah

Itulah tadi siapa saja yang termasuk Assabikunal Awwalun serta apa pengertian Assabiqunal awwalun. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Category: SMP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.