Contoh Kalimat Majemuk Campuran Beserta Pola SPOK

Contoh kalimat majemuk campuran memuat kalimat-kalimat majemuk yang memiliki jenis yang berbeda. Kalimat majemuk campuran merupakan kalimat majemuk dari kombinasi dari kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat. Atau, dapat dikatakan bahwa kalimat majemuk memiliki komponen penyusun struktur kalimat berupa struktur kalimat majemuk setara dan bertingkat.

Hadirnya kalimat yang termasuk dalam kalimat majemuk campuran dapat dipandang sebagai seni tulisan. Kombinasi kata-kata dalam kalimat tersebut dapat membuat pembaca lebih menikmati bacaan. Sehingga, pembaca dapat berlama-lama dalam mengonsumsi isi bacaan. Selain itu, susunan kalimat ini dapat juga digunakan untuk mengungkapkan beberapa kejadian yang terjadi pada waktu yang bersamaan dalam sebuah kalimat.

Bagaimanakah bentuk kalimat majemuk campuran? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Table of Contents

Pengertian Kalimat Majemuk Campuran

Kalimat majemuk campuran adalah kalimat majemuk yang merupakan gabungan dari kalimat majemuk setara dan bertingkat. Karena merupakan gabungan dari keduanya, susunan kalimat majemuk ini tentu akan lebih kompleks dan lebih panjang.

Biasanya, dalam kalimat majemuk ini setidaknya memiliki 3 kalimat tunggal dalam satu kalimat. Tiga kalimat tersebut dapat berupa tiga klausa atau bahkan lebih. Dan salah satu dari klausa pada kalimat majemuk jenis ini merupakan induk kalimat.

Baca Juga: Kalimat Majemuk Setara + Contoh

Karakteristik

Ada beberapa karakteristik yang dapat digunakan untuk mengenali kalimat majemuk campuran. Berikut ini adalah ciri-ciri atau karakteristiknya,

  1. Hubungan antar klausa dalam sebuah kalimat merupakan hubungan setara sekaligus bertingkat.
  2. Setidaknya terdapat 3 atau lebih klausa dalam satu kalimat majemuk campuran.
  3. Dalam kalimat majemuk campuran, sebuah klausa menjabat sebagai induk kalimat dan klausa-klausa lainnya merupakan anak kalimat.
  4. Terdapat dua atau lebih konjungsi yang menjadi penghubung antara klausa dalam kalimat majemuk tersebut.

Contoh

Diberikan struktur kalimat untuk contoh kalimat majemuk campuran beserta pola SPOK seperti terlihat pada uraian masing-masing jabatan kata.

Pada contoh kalimat majemuk campuran beserta pola SPOK yang diberikan di atas, terlihat bahwa kalimat tersebut terdiri atas 3 (tiga) klausa. Ketiga klausa pada kalimat majemuk campuran tersebut meliputi sebuah klausa yang menjabat sebagai induk kalimat. Dua buah klausa lainnya merupakan anak kalimat. Antar klausa dihubungkan oleh kata hubung.

Contoh lain untuk kalimat majemuk campuran adalah sebagai berikut.

  1. Andi bermain futsal bersama Budi sepanjang hari ketika lapangan futsal baru dibuka untuk umum, sehingga mereka tidur sangat pulas pada malam harinya.
  2. Ketika aku baru sampai bandara, pesawat telah boarding padahal aku datang tepat waktu.
  3. Saat kebakaran itu terjadi, toko sedang dikunjungi banyak orang sehingga ada banyak pengunjung yang mengalami luka bakar.
  4. Ani merupakan anak yang pandai, tetapi ia tidak mau membantu temannya yang mengalami kesusahan sehingga kepintarannya menjadi sia-sia.
  5. Bani selalu pergi ke sekolah naik sepeda walaupun hujan turun dengan lebat, meskipun ia harus bersepeda dengan hati-hati.

Demikianlah ulasan tentang kalimat majemuk campuran yang meliputi pengertian, karakteristik, dan contoh kalimatnya. Terimakasih telah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Contoh kalimat Majemuk Bertingkat Beserta Pola SPOK-nya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.