Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat Beserta Pola SPOK

Contoh kalimat majemuk bertingkat meliputi kalimat-kalimat yang memiliki anak kalimat dan induk kalimat dalam sebuah kalimat. Jenis kalimat majemuk ini banyak ditemukan dalam bacaan Bahasa Indonesia. Kalimat majemuk ini dalat dikenali dari kata hubung dan kedudukan antar klausa yang menyusun kalimat. Bahasan di bawah akan menerangkan bagaimana cara mengenali kalimat majemuk jenis ini.

Kalimat majemuk bertingkat dan kalimat majemuk setara atau kalimat majemuk jenis lainnya adalah jenis kalimat majemuk yang berbeda. Perbedaan pada setiap kalimat majemuk dapat dilihat dari kedudukan antar klausa yang menyusun kalimat majemuk. Pada kalimat majemuk bertingkat memiliki susunan kalimat yang terdiri dari anak kalimat dan induk kalimat.

Kalimat majemuk bertingkat

Bagaimana struktur kalimat majemuk bertingkat? Bagaimana cara mengenali kalimat yang menjabat sebagai induk kalimat dan anak kalimat? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Table of Contents

Pengertian Kalimat Majemuk Bertingkat

Kalimat majemuk bertingkat dapat dikenali melalui kedudukan antar klausa yang tidak tidak sejajar atau tidak sama, Di mana, klausa dalam kalimat memiliki kedudukan sebagai induk kalimat dan anak kalimat. Dengan kata lain, pada kalimat majemuk bertingkat terdapat klausa yang menjadi induk kalimat dan ada pula klausa yang menjadi anak kalimat.

Pengertian kalimat majemuk bertingkat

Klausa yang berperan sebagai anak kalimat merupakan hasil perluasan dari klausa lain yang berkedudukan sebagai induk kalimat. Karakteristik dari klausa yang berkedudukan sebagai induk kalimat bisa berdiri sendiri sebagai kalimat. Sedangkan klausa yang berkedudukan sebagai anak kalimat tidak bisa berdiri sendiri sebagai kalimat terpisah sendiri. Jika klausa sebagai anak kalimat menjadi kalimat sendiri maka akan membuat kalimat tersebut tidak memiliki makna.

Fungsi anak kalimat dalam suatu kalimat majemuk hadir untuk memberikan keterangan tambahan bagi induk kalimat. Keberadaan anak kalimat sebagai penjelas akan membuat kalimat menjadi lebih informatif.

Baca Juga: Struktur Kalimat yang Benar – Pola SPOK

Karakteristik

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengenali kalimat majemuk bertingkat. Biasanya, ciri-ciri atau karakteristik dari kalimat majemuk bertingkat ditandai dengan penggunaan konjungsi yang menghasilkan pola sebab dan akibat. Konjungsi pada kalimat menghubungkan dua klausa yang memiliki kedudukan tidak sederajat. Di mana, sebuah klausa merupakan induk kalimat dan klausa lainnta merupakan anak kalimat.

Berikut ini adalah ciri – ciri atau karakteristik kalimat majemuk bertingkat:

  1. Kalimat teridiri atas klausa yang meduduki jabatan anak kalimat dan induk kalimat.
  2. Induk kalimat dapat menjadi kalimat sendiri, sedangkan klausa sebagai anak kalimat tidak tidak dapat berdiri sendiri.
  3. Jika anak kalimat dipisahkan dengan induk kalimat maka anak kalimat tersebut tidak memiliki arti.
  4. Kata hubung yang sering digunakan dalam kalimat majemuk bertingkat:
    • jika
    • ketika
    • walaupun
    • bahwa
    • bagaikan
    • sebab
    • sehingga

Baca Juga: Kalimat Majemuk Campuran

Contoh

Perhatikan contoh kalimat majemuk berikut ini.

Contoh kalimat majemuk bertingkat serta pola spok

Pola struktur kalimat yang dibentuk pada kalimat majemuk di atas memiliki dua klausa yaitu induk kalimat dan anak kalimat.

Kedudukan induk kalimat terletak pada Ernia sedang makan donat di ruang makan. Struktur kata pada induk kalimat meliputi S – P – O – Keterangan tempat. Sedangkan kedudukan anak kalimat terdapat pada kalimat ketika saudaranya mengabarkan baru tiba di stasiun. Struktur kata pada anak kalimat adalah S – P – Pelengkap – Keterangan tempat.

Antara kedua klausa pada contoh kalimat majemuk tersebut dihubungkan oleh kata hubung ketika.

Beberapa contoh lain untuk kalimat majemuk bertingkat:

  1. Orang tuaku membelikan boneka panda kesukaanku jika aku ranking pertama.
  2. Teguh belajar dengan rajin supaya dapat masuk ke perguruan tinggi negeri.
  3. Kakek yang di tinggal anaknya ke Jakarta sedang sedih di depan rumah.
  4. Daftar riwayat hidupnya menunjukkan bahwa Rani adalah seorang yang pintar.
  5. Jessica mendapat peringkat satu di kelasnya karena giat belajar rutin setiap hari.
  6. Petani akan memanen padi ketika padi sudah mulai menguning.
  7. Mirna menerima informasi bahwa temannya akan berkunjung ke rumahnya.

Sekian ulasan materi tentang contoh kalimat majemuk bertingkat yang meliputi pengertian, karakteristik, dan contoh kalimat majemuk bertingkat beserta dengan pola SPOK. Terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Contoh Kalimat Majemuk Setara Beserta Pola SPOK

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.