Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat Beserta Pola SPOK

By | October 16, 2018

Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat Beserta Pola SPOK memberikan contoh-contoh kalimat majemuk yang termasuk ke dalam kalimat majemuk bertingkat. Apa itu kalimat mejemuk bertingkat? Apa ciri-ciri atau karakteristik dari kalimat majemuk bertingkat? Bagaimana contoh kalimat majemuk bertingkat beserta pola SPOK? Jawabannya dapat sobat idschool temukan pada halaman ini. Ulasan juga akan dilengkapi dengan struktur kalimat penyusun kalimat majemuk bertingkat.

Meskipun sama-sama merupakan jenis kalimat majemuk, namun terdapat perbedaan antara kalimat majemuk setara dan kalimat majemuk bertingkat, atau jenis kalimat majemuk lainnya. Perbedaan dapat dilihat dari kedudukan antar klausa dalam kalimat majemuk tersebut. Pada kalimat majemuk bertingkat dikenal dua istilah yaitu anak kalimat dan induk kalimat. Keduanya memiliki derajat yang berbeda, namun gabungan dari keduanya akan menyusun kalimat majemuk bertingkat.

Kalimat majemuk bertingkat

Melalui halaman ini, sobat idschool akan mempelajari lebih jauh tentang kalimat mejemuk bertingkat. Memuat pengertian kalimat majemuk bertingkat, karakteristik kalimat majemuk bertingkat, dan contoh kalimat mejemuk bertingkat beserta pola SPOK. Simak ulasan lebih lengkapnya sampai akhir pembahasan.

 
 

Pengertian Kalimat Majemuk Bertingkat

Kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat majemuk yang memiliki hubungan yang tidak sama antar klausa dalam kalimat majemuk tersebut. Hubungan antar klausa pada kalimat majemuk bertingkat tidak sejajar atau tidak sederajat.

Pengertian kalimat majemuk bertingkat

Seperti yang telah disinggung sedikit pada bagian awal, dalam kalimat majemuk bertingkat dikenal istilah induk kalimat dan anak kalimat. Pada kalimat majemuk bertingkat, ada klausa yang menjadi induk kalimat dan ada pula klausa yang menjadi anak kalimat.

Klausa yang berperan sebagai anak kalimat merupakan hasil perluasan dari klausa lain yang berkedudukan sebagai induk kalimat. Klausa yang berkedudukan sebagai induk kalimat bisa berdiri sendiri sebagai kalimat. Sedangkan klausa yang berkedudukan sebagai anak kalimat tidak bisa berdiri sendiri sebagai kalimat terpisah sendiri.

Anak kalimat hadir untuk memberikan keterangan tambahan pada induk kalimat sehigga membuat kalimat menjadi lebih informatif.

 
 

Karakteristik Kalimat Majemuk Bertingkat

Seperti halnya dengan kalimat mejemuk setara, karakteristik kalimat mejemuk bertingkat juga dapat dengan mudah dikenali. Biasanya, ciri-ciri atau karakteristik kalimat majemuk bertingkat ditandai dengan penggunaan konjungsi yang menghasilkan pola sebab dan akibat.

Berikut ini adalah ciri – ciri atau karakteristik kalimat majemuk bertingkat.

  1. Induk kalimat dapat menjadi kalimat sendiri, namum klausa sebagai anak kalimat tidak tidak dapat berdiri sendiri.
  2. Jika anak kalimat terspisah dengan induk kalimat, anak kalimat tersebut tidak memiliki arti.
  3. Kata hubung yang sering digunakan dalam kalimat majemuk bertingkat:
    • jika
    • ketika
    • walaupun
    • bahwa
    • bagaikan
    • sebab
    • sehingga

 
 

Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat Beserta Pola SPOK

Perhatikan kalimat majemuk bertingkat yang telah dilengkapi dengan struktur pola kalimat SPOK nya.

Contoh kalimat majemuk bertingkat serta pola spok

Perhatikan pola struktur kalimat yang dibentuk pada kalimat majemuk bertingkat di atas. Terlihat bahwa kalimat di atas memiliki dua klausa. Sebuah klausa sebagai induk kalimat dan sebuah klausa yang lainnya sebagai anak kalimat. Antara kedua klausa tersebut dihubungkan oleh kata hubung. Berikut ini adalah beberapa contoh kalimat majemuk bertingkat beserta pola SPOK:

  1. Orang tuaku membelikan boneka panda kesukaanku jika aku ranking pertama.
  2. Teguh belajar dengan rajin supaya dapat masuk ke perguruan tinggi negeri.
  3. Kakek yang di tinggal anaknya ke Jakarta sedang sedih di depan rumah.
  4. Daftar riwayat hidupnya menunjukkan bahwa Rani adalah seorang yang pintar.
  5. Jessica mendapat peringkat satu di kelasnya karena giat belajar rutin setiap hari.

Sekian ulasan materi tentang contoh kalimat majemuk bertingkat beserta pola SPOK. Meliputi pengertian kalimat majemuk bertingkat, karakteristik kalimat majemuk bertingkat, dan contoh kalimat majemuk bertingkat beserta pola SPOK. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Contoh Kalimat Majemuk Setara Beserta Pola SPOK