Kelebihan & Kekurangan VPS: Untuk Website Anda

Salah satu layanan web hosting yang populer untuk meningkatkan performa situs yaitu menggunakan VPS. VPS atau Virtual Private Server adalah layanan yang hosting untuk membuat website menjadi online dengan resource yang lebih terjaga privasi dan keamanannya.

Kelebihan dan kekurangan VPS harus Anda ketahui supaya dapat mempertimbangkan secara bijak apakah perlu VPS atau tidak pada website Anda. Untuk itu, mari kia simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu VPS

Virtual Private Server adalah layanan yang erat hubungannya dengan virtualization technology. Yang cara kerjanya merubah satu server fisik menjadi virtual mesin atau sistem sehingga dapat menjalankan berbagai aplikasi dan sistem operasi yang berbeda.

Jadi, dapat dikatakan kalau VPS adalah mirip dengan share hosting yang berbagi server dengan pengguna lain tapi resource-nya bisa Anda alokasikan sendiri. Oleh sebab itu, Anda mempunyai akses penuh untuk mengubah pengaturan server.

Bisa juga dengan menghidupkan dan mematikan aplikasi dan virtual machine yang sedang berjalan sesuai keinginan.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa mendapatkan layanan VPS murah dan berkualitas melalui Niagahoster.

Kelebihan dan Kekurangan VPS

Jenis VPS

Jenis VPS pada umumnya ada dua yaitu managed VPS hosting dan unmanaged VPS hosting. Perbedaan jenis VPS adalah sebagai berikut:

  • Managed VPS Hosting: VPS ini digunakan bagi Anda yang tidak terlalu paham dengan dunia teknis IT atau pengaturan VPS. Melalui layanan ini, Anda akan mendapatkan tim profesional yang bertugas mengelola server.
  • Unmanaged VPS Hosting: Sebaliknya, jenis unmanaged VPS hosting ini digunakan untuk Anda yang ingin mengatur sendiri VPS hosting. Jadi, layanan hanya memberikan koneksi dan platform virtualization. Lalu, Anda yang memelihara dan mengembangkan VPS itu sendiri.

Kelebihan VPS

Setelah mengetahui pengertian VPS, Anda juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan VPS. Adapun kelebihan VPS adalah sebagai berikut:

1. Resources yang Lebih Terjamin

Kelebihan pertama yaitu sumber daya VPS lebih terjamin dibandingkan dengan menggunakan shared hosting. Ada berbagai sumber daya yang bisa diupgrade apabila menggunakan VPS. Dengan demikian, bagi Anda yang mempunyai lebih dari satu situs bisa memperbesar kualitas dari resource.

Sumber daya seperti bandwidth, RAM, CPU, dsb dapat terbagi secara khusus untuk website sehingga tidak perlu berbagi dengan pengguna lain.  

2. Performa

Jika resource terbagi khusus untuk Anda, tentu ini akan meningkatkan performa server. Website akan berjalan lebih cepat dan reliable.

3. Skalabilitas

Skalabilitas dalam VPS bisa ditingkatkan jika Anda ingin lebih mengembangkan perusahaan. Anda bisa meningkatkan resource  seperti disk space, CPU, dan bandwidth dengan menyewa dan membayar resource yang dibutuhkan.

4. Kontrol

VPS akan membuat Anda bisa mengontrol secara penuh terhadap pengaturan server. Anda bisa bebas memilih sistem operasi dan aplikasi yang ingin diinstal. Selain itu, konfigurasi sistem bisa diatur sesuai kebutuhan.

5. Privasi dan Keamanan

Kelebihan terakhir virtual private server adalah terkait privasi dan keamanan. Seperti yang diketahui sebelumnya, VPS bersifat private karena Anda sebagai user memiliki kontrol penuh. Pengguna lain tidak akan bisa mengakses file dan database Anda.

Oleh sebab itu, VPS lebih menjamin privasi dan keamanan Anda.

Kekurangan VPS

Kelebihan dan kekurangan VPS harus Anda ketahui. Jadi, selain kelebihan yang dijelaskan di atas, VPS juga memiliki kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Kekurangan VPS adalah sebagai berikut:

1. Keharusan Menguasai Pengaturan Teknis

Kelebihan dari VPS yang bebas mengatur kustomisasi server, membuat Anda perlu menguasai teknisnya. Anda perlu belajar tentang aplikasi apa yang harus dipasang untuk meningkatkan performa website.

Jika tidak memahaminya dan tetap memasang VPS, ini malah akan berakibat fatal jika Anda mengaturnya sendiri. Pengaturan yang salah bisa menyebabkan error dan akan mengganggu performa website.

Bahkan, website bisa dibobol dengan mudah jika salah melakukan konfigurasi server. Kekurangan ini juga berlaku untuk jenis VPS yang unmanaged. Ini karena Anda harus mengelolanya sendiri dari awal.

Tak hanya itu, banyaknya aplikasi yang dipasang dalam VPS juga bisa mempersulit kerja dan menjaga server tetap stabil.

2. Harga

Kelemahan terakhir yaitu dari segi harga yang lebih mahal. Virtual Private Server adalah layanan hosting lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting.

Namun, layanan ini tentu  sesuai dengan harga yang ditawarkan karena Anda bisa mendapatkan berbagai fitur dan keunggulan dari VPS.

Apalagi jika perusahaan Anda sedang berkembang dan traffic di website tinggi. VPS sangat cocok digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Namun,  jika baru merintis bisnis maka kekurangan ini bisa menjadi kendala untuk memakainya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat kita ketahui kelebihan dan kekurangan VPS. VPS adalah layanan hosting dimana Anda memang berbagi dengan user lain tapi resourcenya hanya untuk website Anda. Dengan demikian, masalah yang terjadi di user lain tidak akan mengganggu website Anda.

Apakah Anda mulai tertarik untuk menggunakan layanan ini? Setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan VPS, jika masih membutuhkannya, maka silahkan beli VPS murah di Niagahoster. Fitur yang ditawarkan di Niagahoster sudah mumpuni dan terpercaya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.