Perbedaan Penggunaan Gerund dan Infinitive

Perbedaan penggunaan gerund dan infinitive dibutuhkan dalam merangkai kalimat atau pernyataan dalam Bahasa Inggris sesuai aturan tata bahasa yang berlaku. Kalimat dengan bentuk gerund dan infinitive cukup banyak menjadi pengecoh dalam soal ujian. Misalnya, pada kalimat Saya menikmati istirahat di sore dalam Bahasa Inggris. Terjemahan kalimat tersebut tentu bukan I enjoy take a rest in the afternoon. Kalimat tersebut tidak benar karena dalam kalimat tersebut terdapat dua kata kerja (verb) yaitu enjoy dan take.

Untuk menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris yang benar, sobat idschool perlu mengetahui penggunaan gerund dan infinitive pada sebuah kalimat. Bahasan mengenai perbedaan penggunaan gerund dan infinitive akan menjadi bahasan utama uraian di bawah.

Perbedaan Penggunaan Gerund dan Infinitive

Baca Juga: 13 Jenis Teks dalam Bahasa Inggris

Gerund dan infinitive merupakan dua jenis verbal yang keduanya dibentuk dari bentuk kata kerja (verb) dasar sebagai kata benda (noun). Fungsi dari gerund dan infinitive sama-sama dapat sebagai subjek, obyek, atau sebagai pelengkap keterangan adjective atau adverb. Lalu bagaimana perbedaan penggunaan gerund dan infinitive dalam sebuah kalimat.

Apa itu gerund? Apa itu to infinitife? Bagaimana penggunaan gerund dan infinitive dalam sebuah kalimat? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Table of Contents

Apa Itu Gerund?

Bentuk kata kerja gerund dapat dikenali dengan penambahan –ing setelah kata kerja. Contoh: smoking, riding, baking, dancing, dan lain sebagainya.

Gerund dapat diartikan sebagai kata kerja yang memiliki fungsi sebagai kata benda. Dalam sebuah kalimat, fungsi tersebut dapat sebagai subjek, objek, dan pelengkap (complement).

Gerund:
kata kerja dengan suffix –ing yang berfungsi sebagai kata benda dalam sebuah kalimat.

Baca Selengkapnya: Rumus Gerund dan Macam-macamnya

Apa Itu Infinitive?

Infinitive adalah verbal yang terdiri dari to dan bentuk simple dari verb, sering langsung disebut dengan to infinitve. Fungsi dari inifitive dapat berperan sebagai noun (kata banda), adjective (kata sifat), atau adverb (kata keterangan). Pada saat digunakan sebagai noun, infinitive dapat menempati posisi subyek, direct obyek, apposative, atau subyek komplemen.

Infinitive:
verbal yang terdiri dari to dan bentuk simple dari verb, sering langsung disebut dengan to infinitive.

To infinitive dapat digunakan dalam menyusun berbagai pola kalimat. Biasanya, to infinitive digunakan untuk menyatakan tujuan dari suatu hal atau menyatakan pendapat seseorang untuk suatu harapan, ide, atau jenis pemikiran lainnya.

Baca Selengkapnya: Pengertian, Rumus, dan Contoh Penggunaan Gerund pada Kalimat

Perbedaan Penggunaan Gerund dan Infinitive

Dua bahasan di atas telah memberikan gambaran dari kedua materi, untuk gerund dan to infinitive. Selanjutnya akan diulas bagaimana kedua jenis verbal tersebut dapat menjadi pengecoh pada soal. Atau dapat membuat rangkaian kata menjadi tidak tepat, tidak sesuai dengan kaidah penulisan Bahasa Inggris yang baik.

Perbedaan Penggunaan Gerund dan Infinitive 1: perbedaan verb yang diikuti

Kembali ke contoh yang telah diberikan pada awal pembahasan. Kalimat Saya menikmati istirahat di sore hari tentu tidak dapat bisa diterjemahkan sebagai I enjoy take a rest in the afternoon. Dalam kalimat tersebut memiliki dua verb, yaitu enjoy dan take a rest sehingga kalimat dengan susunan seperti itu adalah salah. Sobat idschool perlu menggunakan gerund atau infinitive.

Manakah yang benar?
Apakah menggunakan gerund: I enjoy taking a rest in the afternoon
Atau menggunakan infinitive: I enjoy to take a rest in the afternoon.

Kata kerja (verb) dalam kalimat tersebut adalah enjoy (menikmati). Seperti yang diketahui, bahwa enjoy hanya dapat diikuti gerund.
Jadi, rangkaian kalimat yang benar adalah I enjoy taking a rest in the afternoon
bukan I enjoy to take a rest in the afternoon.

Bagaimana kita mengetahui bahwa enjoy merupakan kata kerja yang hanya dapat diikuti gerund?

Tentu saja kalau hafal akan menjadi suatu keuntungan, namun itu bukan hal yang efektif. Seiring dengan sering menggunakan Bahasa Inggris, sobat idschool akan mudah mengenali mana verb yang perlu diikuti gerund dan mana verb yang perlu diikuti to infinitive.

Lihat Juga:

Selain cara itu, penggunaan gerund juga dapat dikenali dari kegunaannya dalam menyambungkan dua kata kerja (verb) yang digunakan sekaligus dalam satu predikat. Atau dalam kata lain, gerund digunakan bila dalam arti penggunaannya memiliki ketentuan verb pertama dikerjakan bersamaan dengan verb kedua.

Perbedaan Penggunaan Gerund dan Infinitive 2: makna dari setiap kata kerja yang dibentuk

Perhatikan dua kata yang memuat gerund dan infinitive berikut ini.

  • I forget cooking.
  • I forget to cook.

Sekilas, kedua kalimat tersebut memiliki arti yang sama yaitu Saya lupa memasak. Namun dua kalimat tersebut sebenarnya digunakan untuk mengungkapkan dua kondisi (dua arti) yang berbeda.

Makna dari I forget cooking memiliki arti bahwa saya lupa memasak. Dalam arti saya sudah memasak, saya lupa bahwa saya sudah memasak.

Makna dari I forget to cook dapat diartikan sebagai lupa untuk memasak. Dalam arti saya berencana akan memasak namun saya lupa akan rencana tersebut, sehingga saya lupa untuk memasak.

Sekian ulasan materi tentang perbedaan penggunaan gerund dan infinitive. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: 16 Tenses Dalam Bahasa Inggris

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Exit mobile version