8 Langkah Agar Lolos Ujian Tulis SBMPTN 2018 Tanpa Bimbel

By | October 7, 2017

Halo sobat idschool, sudah tahu mau memilih jurusan kuliah apa? Jika belum, coba cek 9 Tips Menentukan Jurusan Kuliah. Sejauh mana persiapan sobat idschool mempersiapkan SBMPTN tahun ini? Apa amunisi yang sudah sobat idschool persiapkan untuk bisa lolos SBMPTN 2018? Kunci utama dari sukses menembus SBMPTN sebenarnya ada pada siri sobat sendiri. Sebagus dan semahal apapun biaya yang digunakan untuk mebayar bimbingan belajar, kalau sobat tidak ada usaha keras juga hasilnya bakal nothing.

Bimbingan belajar memang dapat mebantu dan mengarahkan sobat untuk belajar agar lulus SBMPTN. Mentor terbaik pun pasti akan diberikan untuk menemani dan membantu sobat belajar. Namun, kembali lagi, yang akan mengerjakan ujian adalah sobat sendiri. Jika sobat terbiasa menyelesaikan dengan bantuan mentor, ini tidak akan berguna ketika nanti sobat melakukan tes. Kemandirian sobat untuk menyelesaikan soal adalah point pentingnya. Di sini, idschool akan membagikan 8 langkah agar lolos ujian tulis SBMPTN 2018 Tanpa Bimbel. Simak dengan baik kedelapan langkah di bawah:

8 Langlah Sukses SBMPTN
 
Baca Juga: Kenali Dua Tipe Ujian Tulis SBMPTN 2018: CBT dan PBT
 

Pelajari Soal-soal Tahun Sebelumnya

Langkah pertama yang simple tapu powerfull adalah mempelajari soal-soal tahun sebelumnya. Soal-soal SBMPTN dibuat dengan standar high order thinking. Hal ini dilakukan untuk menilai kemampuan sobat dalam menyelesaikan study. Sekali lagi, ini untuk kebaikan sobat nantinya dalam menjalankan perkuliahan. Soal-soal SBMPTN memang dibuat susah. Tapi percayalah, soal yang susah dibuat dengan susah juga. Pembuat soal juga manusia biasa, mereka mempunyai kesibukan di dunia mereka. Mereka mungkin akan kehabisan ide untuk menciptakan tipe soal baru dengan standar high order thinking. Jadi, intinya adalah, karakteristik soal dari tahun ke tahun kemungkinan akan sama. Walaupun tidak akan sama persis, namun alur logika untuk menyelesaikannya akan sama. Asalkan sobat paham konsepnya, betul soal seperti apapun pasti dapat sobat selesaikan.

 

Pelajari Petunjuk Cara Menjawab Soal

Selain soal yang dibuat dengan standar high order thinking, petunjuk pengerjaannya pun dibagi menjadi dalam 3 cara. Selain untuk mengecoh konsentrasi peserta, petunjuk yang berbeda dapat juga digunakan untuk mempersulit pengerjaan soal. Soal yang terkesan gampang, dan sebenarnya kita bisa mengerjakannya, tapi bisa jadi salah kalau kita tidak berhati-hati. Sebaiknya, sobat sudah familiar dengan petunjuk cara menjawab soal SBMPTN. Sehingga, saat melaksanakan ujian, fokus sobat tidak terpecah dengan petunjuk pengerjaannya. Fokus sobat hanya tertuju pada mencari jawaban yang sesuai dengan pertanyaan terkait.

Baca Juga: Petunjuk Umum dan Khusus Mengerjakan Ujian Tulis SBMMPTN 2018
 

Pahami Konsep Permasalahan dalam Menyelesaikan Soal

Konsep merupakan ide atau gagasan yang mewakili solusi untuk memecahkan permasalahan. Seseorang yang berhasil memahami konsep untuk menyelesaikan suatu soal, akan sangat gampang menyelesaikan soal dengan konsep serupa. Menurut admin, kebanyakan darai peserta SBMPTN bukan kesulitan untuk menghitung (dalam soal yang membutuhkan perhitungan). Tapi, menemukan konsep untuk memecahkan soal kemudian menghitung dan memilih jawaban yang tepat. Kebiasaan memahami konsep juga penting untuk meningkatkan logika dalam menyelesaikan suatu permasalahan dalam soal.

 

Persiapkan Jauh Hari

Persiapan juga menjadi tidak kalah penting. Paling enggak, dari sudah masuk kelas XII (untuk kelas normal), sobat sudah tau bagaimana caranya agar lolos ujian SBMPTN. Mulai dari mengulang materi di kelas X sampai memperbanyak kumpulan soal SBMPTN dari beberapa tahun yang lalau. Yang punya banyak duit bisa masuk bimbil pilih program jaminan keterima PTN. Yang duitnya pas-pas an bisa langsung ke toko buku dan memborong aneka koleksi buku untuk persiapan SBMPTN. Yang ga punya banyak duit, bisa nyari di internet, udah banyak (banyak yang gratis pula), cuman perlu tenaga dan waktu ekstra untuk menghimoun koleksi soal SBMPTN. Udah itu, sekrang sobat tinggal tekuni itu materi dan soal sampai bener-bener apal banget tipe dan karakteristik soal SBMPTN.

 

Biasakn diri dengan Tipe Soal High Order Thinking

Tingkat kesulitan soal SBMPTN itu jauh di atas soal ujian nasional. Sudah bukan jadi rahasia bahwa soal SBMPTN itu bener-bener susah dan standarnya emang (bener-bener) high order thnking. Jadi perlu usaha ekstra untuk bisa mennyelesaikan soal-soal SBMPTN. Membeiasakan diri dengan berlatih setiap hari menegrjakan soal dengan tipe high order thinking adalah solusinya. Dengan membeisakan menyelesaikan soal yang susah, sobat bakal terbantu ketika ujian SBMPTN nantinya.

 

Mencari Informasi Pengalaman dari Kakak Kelas yang Sukses SBMPTN

Langkah ini bisa jadi cara fresh agar sobat bisa lolos ujian SBMPTN. Cari tahu cara bagaimana dia belajar? Cari tahu juga trik dia mengerjakan ujian? Gali informasi terkait hal detail apapaun yang sobat ingin tahu. Selain sebagai salah satu cara untuk menjalin silaturahmi, sobat juga bakal dapat keuntungan “plus” nya. Kalau kakak kelas sobat tidak keberatan, boleh sekali-kali belajar dengannya, poinnya adalah cari gratisan guru les, tapi setidaknya traktir minum atau apalah, jangan pelit-pelit.

 

Berdo’a dan Berusaha Juga Berusaha (lagi) dan Berdo’a (lagi)

Cara kita berusaha dapat berupa belajar, latihan soal, belajar, latihan soal, dan begitu seterusnya. Cara kita berdo’a bisa disesuaiakn dengan agama yang sobat anut. Do’a mempunyai kekuatan yang sangat dahsyat. Melalui do’a yang dibarengi dengan usaha keras akan membuahkan hasil yang tidak akan mengecewakan. Berusaha tanpa berdo’a itu artinya sombong, berdo’a tanpa berusaha itu artinya pemalas. Gabungkan keduanya untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

 

Pasrahkan Hasilnya pada Tuhan Yang Maha Esa

Orang bijak mengatakan, jangan berhenti sampai ikhtiar (usaha) tapi lanjutkan sampai ke tawakal (memasrahkan hasil nantinya kepada sebaik-baiknya Maha pengatur). Belum tentu dengan diterima di jurusan yang diinginkan adalah hasil yang terbaik. Boleh jadi, nantinya malah menjadi masalah bagi sobat. Misalnya sobat tidak bisa mengikuti jalannya perkuliahan dengan baik. Atau mungkin malah tidak bisa lulus tepat waktu. Yang jelas, yakinkan pada diri sobat bahwa usaha keras tidak akan pernah menghianati. Kondisi ini akan membuat sobat akan tenang, bahwa hasil yang sobat terima adalah yang terbaik. Dengan demikian, sobat bisa lebih fokus dan tenang untuk mengerjakan soal ujian.

Bagaimana? 8 Langkah Agar Lolos Ujian Tulis SBMPTN 2018 Tanpa Bimbel? Berapa poin yang sudah atau akan kamu lakukan? Kalau belum yuk bisa diskusi di kolom komentar di bawah! Pejuang SBMPTN yang berhasil lolos masuk jurusan dan universitas impian juga bisa berbagi pada kolom komentar di bawah. Diterima di jurusan dan universitas impian memang membanggakan. Tetapi itu baru awal, perjuangan sobat masih panjang. Sobat harus bergulat dengan jadwal kuliah yang padat. Lulus pada waktu yang tepat. Dan akhirnya mendapatkan pekerjaan serta berkontribusi untuk keberlanjutan kehidupan yang lebih baik. Selanjutnya, selamat berjuang, semoga sobat idschool semua bisa diterima di universitas dan jurusan yang diingikan, sharing is caring.