3 Pokok Isi Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda adalah salah satu peristiwa penting dalam sejarah Indonesia dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Dalam isi sumpah ada tiga pernyataan yang disebut sumpah setia berupa janji untuk memiliki satu tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia. Tiga isi sumpah pemuda diikarkan oleh peserta kongres pada Kongres Pemuda II yang dilaksanakan tanggal 28 Oktober 1928. Bersatunya pemuda Indonesia menjadi kekuatan baru dalam perjalanan sejarah Indonesia untuk merebut kemerdekaan.

Bentuk perjuangan kemerdekaan Indonesia pada masa penjajahan Belanda sebelum Kongres Pemuda II masih bersifat kedaerah. Di mana perjuangan masih dilakukan secara terpisah-pisah di daerah, belum bersatu. Kongres pemuda adalah sebuah acara yang dilakukan untuk menyatakan rasa kesatuan dan persatuan, serta menanamkan rasa cinta tanah air antar organisasi pemuda Indonesia. Ada dua kali pelaksanaan kongres pemuda yaitu Kongres Pemuda I (30 April ‒ 2 Mei 1926) dan Kongres Pemuda II (27 ‒ 28 Oktober 1928).

Kongres Pemuda I diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkuat rasa kesatuan dan persatuan pemuda. Namun tujuan tersebut belum terwujud karena sebagian besar pemuda Indonesia mempunyai rasa kedaerahan yang sangat kental. Sebagai kelanjutan dibentuklah Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) di Jakarta pada September 1926. PPPI memiliki tugas untuk menyelenggarakan Kongres Pemuda II yang nantinya akan melahirkan isi sumpah pemuda.

Sumpah pemuda menjadi sebuah tekad semangat para pemuda-pemudi Indonesia untuk mendapatkan kemerkedaan. Bagaimana proses pencetusan isi sumpah pemuda? Bagaimana isi sumpah pemuda? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Table of Contents

Baca Juga: Kondisi Indonesia di Awal Masa Kemerdekaan (1945 – 1950)

Latar Belakang Gerakan Sumpah Pemuda

Isi sumpah pemuda dicetuskan melalui sebuah kongres yang beranggotakan pemuda-pemuda dari berbagai wilayah nusantara. Di mana isi sumpah pemuda dicetuskan pada pelaksanaan Kongres Pemuda II yang berlangsung selama dua hari. Dalam dua hari pelaksanaan Kongres Pemuda II diselenggarakan tiga rapat di 3 tempat berbeda.

Rapat pertama Kongres Pemuda II berlangsung pada Sabtu, 27 Oktober 1928 di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng. Sementara rapat kedua dan ketiga berlangsung pada Minggu 28 Oktober 1928 di dua tempat yang berbeda yaitu Gedung Oost-Java Bioscoop dan Indonesische Clubhuis Keramat.

Peserta Kongres Pemuda II adalah pemuda-pemudi Indonesia dari Jawa (Jong Java), Sumetara (Jong Sumateran Bond), Batak (Jong Batak Bond), Sulawesi (Jong Celebes), dan Ambon (Jong Ambon). Selain itu juga turut Pemuda Indonesia, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, dan Pemuda Kaum Betawi.

Susunan Pengurus Kongres Pemuda II

Penyelenggara Kongres Pemuda II meliputi susunan pengurus seperti berikut.

  • Ketua: Soegondo Djojopoespito (PPPI)
  • Wakil Ketua: R. M. Djoko Marsaid (Jong Java)
  • Sekretaris: Muhammad Yamin (Jong Sumatranen Bond)
  • Bendahara: Amir Sjarifuddin (Jong Batak Bond)
  • Pembantu I:  Djohan Mohammad Tjaja (Jong Islamieten Bond)
  • Pembantu II:  R. Katja Soengkana (Pemuda Indonesia)
  • Pembantu III:  R. C. L. Senduk (Jong Celebes)
  • Pembantu IV:  Johannes Leimena (Jong Ambon)
  • Pembantu V:  Rochjani Soe’oed (Pemuda Kaoem Betawi)

Dari rapat ketiga pada Kongres Pemuda II dirumuskan hasil kongres yang dikenal sebagai sumpah pemuda. Rumusan isi sumpah pemuda yang diikrarkan oleh peserta kongres menjadi sumpah setia untuk negara Indonesia.

Baca Juga: 4 Perundingan Untuk Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia

3 Isi Sumpah Pemuda

Isi sumpah pemuda diikrarkan di rapat ketiga pada pelaksanaan Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928. Ada tiga isi sumpah pemuda yang secara umum menyatakan sumpah setia atas tanah air, bangsa, dan bahasa yang satu yaitu Indonesia.

kredit gambar: museum sumpah pemuda

Ikrar isi sumpah pemuda:

  • Satu: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumbah darah yang satu, tanah Indonesia
  • Dua: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
  • Tiga: Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Makna Isi Sumpah Pemuda

Isi sumpah pemuda menggerakkan jiwa pemuda-pemudi Indonesia di berbagai wilayah agar dapat bebas dari jajahan asing. Di mana pemuda-pemudi Indonesia bersatu dan bertekan untuk mendapatkan kemerdekaan. Sehingga gerakan sumpah pemuda dinilai memiliki rasa nasionalisme yang tinggi.

Dalam gerakan sumpah pemuda terdapat semangat perjuangan pemuda-pemudi dari berbagai wilayah Indonesia. Isi sumpah pemuda mempunyai makna-makna seperti berikut.

  • Menyatukan perjuangan bangsa Indonesia
  • Menekankan kebanggaan akan Bahasa Indonesia
  • Menjaga keutuhan bangsa

Contoh Soal dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk menambah pengetahuan terkait bahasan di atas. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasannya. Sobat idschool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat Berlatih!

Contoh 1 – Isi Sumpah Pemuda

Ketua pelaksanaan Kongres Pemuda I adalah ….
A. Mohammad Yamin
B. Soegondo Djojopoespito
C. M Tabrani
D. Sumarto

Pembahasan:
Dalam pelaksanaan kongres pemuda melibatkan bebera tokoh antara lain adalah Mohammad Yamin yang mengusulkan bahasa Melayu sebagai bahasa persatuan.

Namun usulan tersebut mendapat kritik sampai pada akhirnya disepakati Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Dalam susunan panita Kongres Pemuda II, Muhammad Yamin menjabat sebagai Sekretaris.

Soegondo Djojopoespito adalah ketua Kongres Pemuda II yaitu kongres yang diselenggarakan setelah Kongres Pemuda I. Sementara ketua Kongres Pemuda I adalah M. Tabrani dengan wakil ketua Sumarto.

Jadi, ketua pelaksana Kongres Pemuda I adalah M. Tabrani

Jawaban: C

Baca Juga: Rangkuman Peristiwa G30S/PKI pada Masa Demokrasi Terpimpin

Contoh 2 – Isi Sumpah Pemuda

Kongres Pemuda II di selenggarakan pada tanggal ….
A. 1 ‒ 2 Mei 1926
B. 1-2 Oktober 1962
C. 27-28 Oktober 1928
D. 27-28 Mei 1982

Pembahasan:
Kongres pemuda dilaksanaa sebanyak dua kali yaitu Kongres Pemuda I dan Kongres Pemuda II. Di mana kongres pemuda I diselenggarakan pada 30 April ‒ 2 Mei 1926 yang menghasilkan keputusan untuk mengelenggarakan Kongres Pemuda II.

Pelaksanaan Kongres Pemuda II terjadi pada 27 ‒ 28 Oktober 1928 dengan hasil keputusan isi sumpah pemuda. Di mana isi sumpah pemuda disebut sebagai sumpah setia oleh para peserta kongres.

Jadi, Kongres Pemuda II diselenggarakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928.

Jawaban: B

Contoh 3 – Isi Sumpah Pemuda

Penyelenggaraan Kongres Pemuda II terdiri dari tiga kali rapat di tiga tempat berbeda. Rapat pertama diselenggarakan di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond pada 27 Oktober 1928. Dalam sambutan ketua penyelenggara rapat tersebut menyampaikan bahwa persatuan Indonesia dapat ditingkatkan melalui 5 hal yaitu ….
A. sejarah, bahasa, suku, budaya, pendidikan, tekad
B. sejarah, bahasa, hukum, budaya, pendidikan, suku
C. sejarah, sumber daya alam, hukum, budaya, pendidikan, tekad
D. sejarah, bahasa, hukum, budaya, pendidikan, tekad

Pembahasan:
Sambutan Kongres Pemuda II disampaikan oleh ketua kongres yaitu Soegondo Djojo Puspito dari PPPI. Menurutnya, persatuan Indonesia dapat ditingkatkan melalui lima hal yaitu sejarah, bahasa, hukum, budaya, pendidikan, dan tekad.

Jadi, lima hal yang dapat meningkatkan persatuan Indonesia dalam sambutan pada Kongres Pemuda II yaitu sejarah, bahasa, hukum, budaya, pendidikan, tekad.

Jawaban: D

Contoh 4 – Tokoh Sumpah Pemuda

Perhatikan nama-nama berikut!
1) Sugondo Djojopuspito
2) Dr. Soetomo
3) J. Laimena
4) Wahidin Sudiro Husodo
5) Moh. Yamin

Nama-nama tokoh yang termasuk dalam kongres pemuda II terdapat nomor ….
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 3), 4), dan 5)

Pembahasan:
Dalam pelaksanaan Kongres Pemuda II terdapat susunan panitia yang terdiri dari Soegondo Djojopoespito (ketua), R. M. Djoko Marsaid (wakil ketua), Moh. Yamin (sekretaris), dan Amir Sjarifuddin (sumatera).

Selain itu, susunan panitia juga dibantu oleh lima orang pembantu yaitu Djohan Mohammad Tjaja, R. Katjasoengkana, R. C. L. Senduk, J. Leimena, dan Rochjani Soe’oed.

Jadi, tokoh yang termasuk dalam kongres pemuda II terdapat nomor 1), 3), dan 5).

Jawaban: B

Demikianlah tadi ulasan isi sumpah pemuda yang terdiri dari tiga pernyataan dari pemuda-pemudia Indonesia. Terima kasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Tokoh Penggagas dan Pendiri Budi Utomo

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Exit mobile version