Tujuan Pembentukan ASEAN

By | March 4, 2019

Tujuan Pembentukan ASEAN(Association of Southeast Asian Nations) dapat juga mendasari latar belakang dibentuknya ASEAN. Ada beberapa alasan latar belakang pembentukan ASEAN. Dari beberapa latar belakang pembentukan ASEAN memiliki tujuan yang ingin diwujudkan. Melalui halaman ini, idschool akan membahas tujuan pembentukan ASEAN.

ASEAN beranggotakan 10 negara dari kawasan Asia Tenggara yaitu Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Kamboja. Laos, Malaysia, Myanmar, SIngapura, Thailand, dan Vietnam. Ada satu negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara, namun negara ini belum bergabung menjadi anggota ASEAN. Negara tersebut adalah Timor Leste. Ajakan untuk bergabung menjadi anggota ASEAN belum diiyakan oleh Timor Leste.

Sebelum membahas pembentukan ASEAN, sebaiknya sobat idschool mengetahui latar belakang pembentukan ASEAN. Sobat idschool juga perlu mengetahui 10 negara ASEAN dan keterangannya.

tujuan pembentukan ASEAN

ASEAN dibentuk pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok setelah para menteri luar negeri dari Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, dan Filipina menandatangani Deklarasi Bangkok.  Pembentukan organisasi yang beranggotakan negara di kawasan Asia Tenggara tentunya mempunyai tujuan. Berikut ini adalah beberapa tujuan pembentukan ASEAN.

Tujuan Dalam Bidang Ekonomi:

  1. Mendirikan dan memperluas perdagangan internasional.
  2. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi di antara para negara anggotanya

Tujuan Dalam Bidang Kebudayaan:

  1. Mengembangkan kebudayaan
  2. Meningkatkan pengembangan kebudayaan di antara para negara anggotanya

Tujuan Dalam Bidang Sosial dan Politik:

  1. Memajukan perdamaian dan stabilitas regional di kawasan Asia Tenggara
  2. Menyelenggarakan usaha-usaha yang efektif dan memajukan penelitian masalah di Asia Tenggara
  3. Menjaga stabilitas perdamaian antar negara ASEAN
  4. Memelihara dan menjaga kerjasama yang erat dalam organisasi regional dan internasional
  5. Meningkatkan kemajuan sosial di antara para negara anggotanya
  6. Memajukan stabilitas dan perdamaian kawasan
  7. Meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara para negara anggotanya dengan damai.

Saat ini, ASEAN diwakili oleh sekretariat yang berkedudukan di Jakarta. Organisasi ini dipimpin oleh seorang Ketua KTT dan Sekretaris Jeneral. Ketua KTT ASEAN saat ini dijabat oleh Singapura, sedangkan Sekretaris Jenderal dijabat oleh Lim Jock Hoi dari Brunei Darussalam.

Sekian ulasan tentang tujuan pembentukan ASEAN. Meliputi tujuan pembentukan ASEAN dalam bidang ekonomi, kebudayaan, serta soal dan politik. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.