3 Jenis Variabel Penelitian – Bebas, Terikat, Kontrol

By | May 20, 2019

3 Jenis Variabel Penelitian yang akan diulas melalui halaman ini adalah jenis variabel yang digunakan dalam percobaan biologi. Ada tiga jenis variabel yang digunakan dalam percobaan biologi dari sebuah penelitian. Ketiga variabel tersebut adalah variabel bebas, terikat, dan kontrol. Perbedaan antara ketiga jenis variabel tersebut akan dibahas di sini.

Jika jenis variabel ditinjau dari segi posisi dan fungsi hubungan atau pengaruh masing-masing variabel dalam konteks suatu penelitian, maka penelitian dapat dibedakan atas variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol.

3 Jenis Variabel Penelitian

Simak penjelasan atau pengertian masing – masing variabel beserta apa perbedaan antara variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol pada bahasan di bawah.

Variabel Bebas

Variabel bebas adalah variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahan atau timbulnya variabel dependen/terikat (Sugiyono, 2009: 39). Penyebutan variabel bebas sering juga disebut sebagai stimulus/ prediktor/antecendent/ eksogen/independen.

Variabel Terikat

Pengertian variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas. Variabel terikat juga biasa disebut sebagai variabel dependen atau output/kriteria/ konsekuen/endogen.

Variabel Kontrol

Variabel kontrol adalah variabel yang tidak dapat dimanipulasi dan digunakan sebagai salah satu cara untuk mengontrol, meminimalkan, atau menetralkan pengaruh aspek tersebut.

Sekian ulasan materi terkait 3 jenis variabel penilitan pada percobaan biologi. Meliputi variabel bebas, variabel terikat, dan variabel kontrol. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Langkah – Langkah Metode Ilmiah