Cara Membuat Essay

By | May 18, 2019

Cara Membuat Essay  – Apa itu essay? Secara singkat, essay dapat dikatakan sebagai sebuah jenis tulisan yang menjelaskan pendapat pribadi penulis mengenai suatu topik. Kemampuan membuat essay menjadi kebutuhan yang mendasar dan cukup penting dalam dunia pendidikan. Melalui sebuah tulisan yang disebut essay, seseorang dapat menuangkan pemikirannya dalam bentuk tulisan agar dapat diketahui orang lain.

Mengapa belajar cara membuat essay penting? Ada beberapa alasan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Beberapa penyelenggara beasiswa atau penyeleksi universitas diketahui menggunakan essay untuk mengetahui pemikiran pelamar beasiswa atau calon mahasiswa. Melalui essay ini, pihak penyelenggara beasiswa dapat mengetahui pola pemikiran peserta sebagai salah satu faktor penilaian lulus atau tidaknya peserta.

Essay

Demikianlah pengantar alasan cukup pentingnya essay dalam sebuah proses pendidikan. Lalu bagaimana cara membuat essay yang baik? Simak lebih jauh pembahasan materi terkait essay pada bahasan – bahasan berikut.

Struktur Essay

Sebelum masuk dalam pembahasan inti cara membuat essay, sebaiknya sobat idschool mengetahui apa itu essay terlebih dahulu. Pada bagian awal, sudah diberi keterangan bahwa essay adalah sebuah jenis tulisan yang menjelaskan pendapat pribadi penulis mengenai suatu topik. Karya tulisan berbentuk essay memuat ide/gagasan atau pendapat pribadi dari penulis mengenai suatu permasalahan.

Tidak hanya itu, dalam sebuah karya tulis berbentuk essay perlu juga dimuat data yang mendukung pendapat penulis agar lebih meyakinkan pembaca.

Karya tulis bentuk essay secara umum terangkai atas tiga komponen yang termuat dalam struktur essay. Ketiga struktur essay tersebut adalah introduction, introduction, body, dan conclusion.

Struktur Essay

Penjelasan masing – masing bagian akan diulas lebih jauh seperti berikut.

  1. Introduction

    Bagian introduction memuat pengenalan topik yang dipilih oleh penulis secara jelas. Perlu juga membuat batasan topik yang akan diulas agar pembahasan lebih fokus dan tidak terlalu lebar. Memuat juga alasan memilih topik yang dibahas.

    Dalam bagian introduction, penulis perlu menyampaikan topik dengan sangat baik agar menarik pembaca untuk meneruskan bacaan essay ke bagian selanjutnya.

  2.  
  3. Body

    Pada bagian body dari essay berisi alasan terkait topik yang dipilih, argumentasi penulis yang disertai dengan bukti atau data yang mendukung, serta pernyataan pro dan kontra.

     
  4. Conclusion

    Bagian conclusion berisi penutup atau kesimpulan yang memuat pendapat penulis berada di pihak mana terkait topik yang sudah diulas sebelumnya. Berikutnya adalah langkah – langkah membuat essay.

Langkah – Langkah Membuat Essay

Seperti pada proses melakukan suatu pekerjaan, setiap karya diperoleh melalui langkah – langkah pengolahan. Misalnya pada proses memasak, untuk mendapatkan masakan yang lezat pasti diperlukan langkah – langkah memasak yang terorganisir. Dimulai dari menyiapkan bahan sampai proses mengolah bahan menjadi sajian yang lezat. Begitu juga dalam membuat essay. Diperlukan bahan dan proses pengerjaan untuk menghasilkan essay yang baik.

Berikut ini adalah langkah – langkah yang dapat digunakan dalam cara membuat essay.

Langkah - Langkah Membuat Essay

Penjelasan langkah – langkah membuat essay dapat disimak pada penjelasan berikut.

Menentukan Topik: adalah bagian paling awal dari proses pembuatan essay. Ada beberapa cara menentukan topik yang bisa dilakukan. Pertama adalah memilih topik sesuai kesenangan pribadi. Kedua, menentukan topik berdasarkan syarat yang sudah ditentukan. Atau menentukan topik sesuai dengan kondisi tertentu.

Melakukan Riset: diperlukan untuk mendapatkan data yang dapat digunakan untuk mendukung ide atau gagasan yang akan disampaikan. Perlu digunakan data dari sumber terpercaya agar gagasan atau ide dari sebuah essay dapat lebih meyakinkan pembaca.

Merancang Ide: dimulai dari menggali semua ide yang akan disampaikan terkait dengan topik yang telah ditentukan. Catat semua ide yang berhasil diperoleh dan perlu disampaikan untuk membuat essay.

Menentukan Pesan/Argumen: pesan atau argumen adalah bahan pokok dari sebuah essay. Pikirkan semua argumen yang akan disampaikan dan perlu juga untuk menentukan pesan apa yang akan dimuat dalam essay.

Membuat Kerangka Essay: Essay merupakan salah satu jenis karya tulis berbentuk karangan. Sehingga dibutuhkan sebuah kerangka essay agar karya tulis bentuk essay yang akan dibuat lebih terorganisir.

Mulai Menulis Essay: pada tahapan ini tuangkan ide, gagasan, fakta, atau argumen sesuai dengan kerangka yang telah dibuat. Gunakan kalimat yang baik dan menarik agar pembaca semakin tertarik dengan topik yang diberikan.

Proofread: Sebenarnya pada tahapan ini, proses pembuatan essay sudah selesai. Namun mungkin hasilnya belum begitu baik. Perlu dilakukan penilaian dengan cara membaca secara berulang – ulang agar karya tulis bentuk essay yang dibuat menjadi baik. Perlu juga meminta orang lain membaca essay yang dibuat dan memberikan pendapat atau masukan untuk memperbaiki tulisan essay yang telah dibuat.

Selasai, jadilah sebuah essay yang baik dan siap digunakan untuk sesuai keperluan sobat idschool. Berikutnya simak tips membuat essay.

Tips Membuat Essay

Dalam membuat essay ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasil yang diperoleh memuaskan. Karya tulis berbentuk essay memerlukan kombinasi antara ide dan kemampuan menyampaikan ide dengan baik. Ide bagus jika tidak tersampaikan dengan baik tentu tidak akan menarik orang lain. Sehingga, penyampaian ide melalui essay perlu memperhatikan beberapa kaidah agar tulisan yang dibuat menjadi bagus.

Berikut ini adalah bera tips yang dapat sobat idschool gunakan dalam membuat essay.

1. Buat bagian pembuka yang menarik

Bagian pembuka menjadi bagian paling penting, karena dari bagian pembuka akan menentukan pembaca untuk lanjut membaca ke bagian selanjutnya. Atau malah hanya akan melihat sekilas essay yang dibuat. Sebaiknya, sebuah essay diawali dengan masalah dari topik yang akan diangkat. Cara ini akan lebih menarik perhatian pembaca dari pada hanya sekedar menyampaikan topik secara langsung.

Contoh penyampaian bagian pembukaan yang baik: Ketimpangan pendidikan di Indonesia dapat secara kental terasa di tengah masyarakat Indonesia.

Contoh penyampaikan bagian pembuka yang sebaiknya tidak dilakukan: Dalam essay ini akan ditulis masalah tidak meratanya kualitas pendidikan di berbagai daerah di Indonesia.

2. Tambahkan kata – kata transisi saat dibutuhkan

Kata – kata transisi pelu digunakan dalam sebuah penulisan essay. Adanya kata transisi akan membuat gagasan yang dirangkai mempunyai hubungan satu sama lain. Selain itu, kata transisi membuat alur gagasan menjadi lebih mengalir. Contoh kata transisi adalah oleh sebab itu, akan tetapi, di sisi lain, namun, dan lain sebagainya.

3. Pakai rujukan terpercaya

Dalam penyampaian ide diperlukan data dari sumber atau rujukan terpercaya. Melalui rujukan ini akan membuat ide atau gagasan lebih meyakinkan.

4. Hindari kalimat berulang

Sampaikan ide dalam sebuah essay secara menarik, serta efektif dan efisien. Penggunaan kalimat berulang dalam sebuah essay akan menunjukkan bahwa penulis adalah seorang yang memiliki sedikit pembendaharaan kata, tidak efektif, dan tidak efisien. Kalimat berulang juga membuat pembacanya merasa bosan dan terkesan tidak kreatif.

Membuat essay yang baik membutuhkan proses belajar dan kebiasaan. Melalui latihan membuat sebuah essay dapat mengasah kemampuan untuk lebih kritis, kreatif, dan terstruktur.

Sekian tadi ulasan materi terkait cara membuat essay yang meliputi langkah – langkah membuat essay, struktur essay, dan tips membuat essay. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Langkah – Langkah Metode Ilmiah