5 Horizon OABCR Penyusun Profil Tanah

By | July 2, 2021

Secara ringkas, tanah terbentuk dari pecahnya batuan karena cuaca yang kemudian ditumbuhi lumut sehingga memungkinkan air untuk meresap. Selanjutnya akan terjadi proses pelapukan batuan hingga akhirnya terbentuk tanah. Proses pelapukan batuan dengan waktu yang berbeda-beda sehingga terbentuk lapisan-lapisan. Adanya lapisan-lapisan pada tanah dapat terlihat pada tanah ideal secara vertikal. Penampang vertikal dari tanah menunjukkan susunan tanah berlapis-lapis dengan sifat berbeda yang disebut profil tanah. Penyusun profil tanah yang ideal adalah horizon-horizon tanah dengan bentuk pola O–A–B–C–R.

Horizon tanah adalah lapisan-lapisan tanah secara vertikal dengan perbedaan ciri fisik yang jelas terutama warna dan tekstur. Penamaan horizon tanah yang menyusun profil tanah dari atas ke bawah adalah horizon O, A, B, C, dan R. Horizon-horizon tanah menysun profil tanah yang terdiri atas solum dan lapisan bahan induk. Solum tanah adalah lapisan tanah mineral dari bagian atas sampai sedikit di bawah batas atas horizon C. Sedangkan lapisan bahan induk memuat horizon C dan horizon R.

5 Horizon Penyusun Profil Tanah
sumber gambar horizon tanah: wikipedia

Bagaimana karakteristik dari setiap horizon O A B C R penyusun profil tanah? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Baca Juga: Tenaga Pembentuk Muka Bumi

1. Horizon O (Humus) – Lapisan Organik

Horizon O merupakan horizon organik yang terbentuk di atas lapisan tanah mineral. Jenis horison tanah ini memuat berbagai material organik seperti sisa dedaunan, bangkai hewan, maupun tumbuhan. Pada bagian lapisan tanah ini, tanah mengandung bahan organik lebih dari 20% pada seluruh penampang tanah.  Sehingga, bagian tanah pada horizon O kaya akan unsur hara dan menjadi bagian tanah paling subur dari profil tanah.

Horizon ini dapat ditemukan pada tanah-tanah hutan yang belum terganggu, seperti pada permukaan tanah di hutan-hutan.

Ada 2 jenis horizon O yaitu O1 dan O2:

  • Horizon O1: lapisan dengan bentuk asli sisa-sisa tanaman yang masih terlihat, seperti guguran daun-daun dan puing-puing organik yang belum terurai
  • Horizon O2: lapisan bentuk asli sisa tanaman yang tidak terlihat jelas, berupa campuran rombakan bahan organik

2. Horizon A (Top Soil)/Horizon Eluviasi – Lapisan Atas

Horizon A merupakan lapisan tanah yang tersusun dari bahan organik dan bahan mineral dan mengalami proses pencucian. Sehingga, horizon A disebut juga dengan horizon eluviasi (pencucian). Ciri-ciri horizon A adalah memiliki warna gelap, serta terdiri atas kandungan humus dan campuran partikel mineral.

Ada 3 jenis horison A yaitu horizon A1, horizon A2, dan horizon A3. Karakteristik dari setiap jenis horison A adalah sebagai berikut.

  • Horizon A1: pencampuran antara bahan organik dan mineral, sehingga memiliki warna yang lebih gelap
  • A2 (horizon eluviasi): lapisan tanah yang mengalami pencucian (eluviasi) secara maksimal, warna tanah pada bagian horizon A2 biasanya memiliki warna yang pucat atau terang, memiliki tekstur yang paling kasar dan struktur longgar dibanding dengan lapisan-lapisan lain
  • Horizon A3: bagian peralihan dari horizon A ke horizon B/C, warna tanah pada A3 menyerupai warna Horizon A2

Baca Juga: 3 Jenis Batuan Penyusn Litosfer Bumi

3. Horizon B (Subsoil)/Horizon Iluvial – Lapisan Tanah Tengah

Horizon B terbentuk dari adanya proses penimbunan (iluviasi) dari bahan-bahan yang tercuci dari horizon A. Pada tanah bagian horizon B terjadi akumulasi dari bahan-bahan yang tercuci dari horizon diatasnya. Sehingga horizon B disebut juga dengan horizon iluvial atau horizon pengendapan.

Bagian tanah untuk horizon B dapat dikenali melalui adanya konsentrasi aluvial, senyawa besi, aluminium, dan karbonat. Lapisan tanah pada horizon B mengalami perubahan bahan-bahan dari keadaan asalnya den terbentuk struktur berbutir (granuler), gumpal (blocky) atau tiang (prismatic). Ada tiga jenis horizon B yaitu horizon B1, horizon B2, dan horizon B3.

  • Horizon B1: lapisan peralihan dari horizon A, mempunyai warna dan ciri yang lebih mendekati warna dan ciri horizon B
  • Horizon B2: lapisan yang paling menampakkan horizon B, memiliki warna paling gelap dengan tekstur paling berat dan struktur paling padat
  • B3: peralihan dari horizon B ke C atau R dengan warna dan ciri mendekati warna dan ciri horizon B

4. Horizon C (Regolith/Parent Rock) – Lapisan Bahan Induk Tengah

Horizon C adalah lapisan tanah yang bahan penyusunnya masih serupa dengan jenis batuan pada lapisan di bawahnya (lapisan batuan induk). Komponen tanah penyusun horizon C adalah bahan induk yang sudah mengalami sedikit pelapukan dan bersifat tidak subur. Warna tanah pada horizon C dipengaruhi oleh jenis batuan di bawahnya. Tekstur tanah pada horizon C keras sehingga sulit ditembus akar tanaman.

5. Horizon R/Horizon D (Bed rock) – Lapisan Batuan Induk

Horizon R atau yang disebut juga dengan horizon D adalah tanah yang paling bawah penyusun profil tanah. Bentuk tanah pada horizon R berupa batuan keras yang belum mengalami pelapukan. Batuan pada lapisan ini mudah pecah namun sangat sulit ditembus oleh akar tanaman dan air.

Jenis batuan pada lapisan batuan induk menjadi penentu jenis tanah yang akan terbentuk. Antar satu tempat dengan tempat lain bisa jadi memiliki lapisan batuan induk dengan jenis batuan yang berbeda. Warna putih terang kelabu hingga kemerahan, bergantung dari jenis batuannya.

Baca Juga: Pendekatan Geografi dan Contohnya

Contoh Soal Penyusun Profil Tanah dan Pembahasan

Beberapa contoh soal di bawah dapat sobat idschool gunakan untuk menambah pemahaman bahasan di atas. Setiap contoh soal yang diberikan dilengkapi dengan pembahasannya. Soabat idschool dapat menggunakan pembahasan tersebut sebagai tolak ukur keberhasilan mengerjakan soal. Selamat Berlatih!

Contoh 1 – Soal Horizon Penyusun Profil Tanah

Perhatikan ilustrasi profil tanah berikut!

Horizon A (Lapisan Tanah Atas)

Ciri-ciri lapisan tanah yang ditunjukkan tanda X yaitu ….
A. mengandung sedikit bahan organik dan masih padu
B. memiliki kepadatan lapisan yang tinggi dan cukup tebal
C. menunjukkan batuan yang keras dan terdapat sedimen
D. mengandung banyak bahan organik dan zona perakaran
E. menjadi tempat pengendapan partikel tanah dan batuan keras

Pembahasan:

Bagian yang ditunjuk tanda X adalah horizon A yaitu lapisan tanah yang tersusun dari bahan organik dan bahan mineral dan mengalami proses pencucian. Ciri-ciri horizon A adalah memiliki warna gelap, serta terdiri atas kandungan humus dan campuran partikel mineral.

Jadi, ciri-ciri lapisan tanah yang ditunjukkan tanda X yaitu mengandung banyak bahan organik dan zona perakaran.

Jawaban: D

Contoh 2 – Soal Horizon Penyusun Profil Tanah

Horizon tanah yang terbentuk dari proses eluviasi bahan-bahan yang tercuci adalah ….
A. horizon A
B. horizon B
C. horizon R
D. horizon C
E. horizon O

Pembahasan:

Menurut KBBI, eluviasi adalah pemindahan bahan larutan ataupun suspensi dari lapisan tanah paling atas ke lapisan di bawahnya dengan cara peresapan.

Bagian tanah yang mengalami pencucian adalah horizon A. Horizon ini terdiri atas campuran bahan organik dan bahan mineral. Pada lapisan tanah bagian horizon A terjadi proses pencucian sangat intensif. Kondisi ini membuat kadar bahan organik tanah, liat silikat, Fe dan Al rendah. Namun pada bagian horizon ini memiliki kadar pasir dan debu kuarsa (seskuoksida) serta mineral resisten lain yang tinggi.

Jadi, horizon tanah yang terbentuk dari proses eluviasi bahan-bahan yang tercuci adalah horizon A.

Jawaban: A

Contoh 3 – Soal Mengenali Horizon Penyusun Profil Tanah

Contoh Soal Mengenali Horizon Penyusun Profil Tanah

Pembahasan:

Lapisan humus merupakan bagian profil tanah yang terletak paling atas, terbentuk di atas lapisan tanah mineral. Jenis horison tanah ini memuat berbagai material organik seperti sisa dedaunan, bangkai hewan, maupun tumbuhan.

Jadi, lapisan humus pd gambar di samping ditunjukkan oleh nomor 1.

Jawaban: A

Demikianlah tadi ulasan 6 horizon O A B C R penyusun profil tanah berserta gambar profil tanah. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: 10 Konsep Geografi dan Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.