Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

By | February 23, 2020

Ginjal merupakan organ yang termasuk dalam sistem ekskresi. Peran ginjal sebagai sistem ekskresi adalah menyaring darah untuk memisahkan zat – zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh dan zat – zat yang bersifat racun yang membahayakan tubuh. Zat – zat yang tidak dibutuhkan dan zat – zat bersifat racun tersebut akan dikeluarkan dari dalam tubuh bersama urin saat sobat idschool buang air kecil. Kondisi ginjal yang bekerja tidak normal akan berdampak buruk bagi kesehatan, karena tubuh berpotensi mengalami keracunan. Cara menjaga kesehatan ginjal sangat penting dilakukan sebelum kondisi ginjal memburuk.

Bagian ginjal yang berperan penting dalam proses penyaringan adalah nefron, yaitu unit fungsional terkecil dari ginjal yang terdiri atas tubulus kontortus proximal, tubulus kontortus distal dan tubulus kolektivus. Masing – masing ginjal manusia terdiri dari kurang lebih 1 juta nefron. Ginjal tidak memiliki kemampuan untuk membentuk nefron baru. Jika ada kerusakan nefron karena trauma ginjal atau penyakit ginjal maka jumlah nefron ginjal akan turun bertahap. Kondisi ini akan berdampak pada kinerja ginjal sebagai sistem ekskresi. Fungsi ginjal yang normal akan membuat tubuh senantiasa sehat. Sehingga, kiranya adalah suatu hal yang penting untuk sobat idschool agar menjaga kesehatan ginjal.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal? Ada beberapa gaya hidup sehat yang dapat dilakukan untuk menjaga ginjal agar dapat berfungsi dengan normal. Simak beberapa yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal berikut.

Memperhatikan Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Ginjal dalam tubuh manusia memiliki peran menetralisir dan membuang racun. Konsumsi makanan yang kurang baik atau hanya sedikit kandungan gizi akan membuat penyerapan nutrisi oleh ginjal menjadi lama. Kondisi ini membuat kerja ginjal lama dan berat.

Oleh sebab itu, makan makanan bergizi menjadi salah satu upaya menjaga kesehatan ginjal. Makanan yang dinilai baik untuk ginjal seperti aneka buah, sayuran, dan ikan atau daging putih tanpa lemak. Selain itu, sobat idschool juga perlu untuk meminimalisir makanan olahan cepat saji. Selain itu, usaha yang dapat dilakukan adalah dengan mengurangi konsumsi garam berlebih.

Jangan Menunda/Menahan untuk Buang Air Kecil

Kontraksi hasrat buang air kecil terjadi ketika kandung kemih mulai penuh. Biasanya berjarak tidak lama otot mampu menahan. Penundaan untuk melakukan buang air kecil dapat meningkatkan resiko batu ginjal. Kondisi ini terjadi karena akan memungkinkannya terjadi endapan garam kalsium pada saluran kencing. Sehingga dapat memungkinkan tersumbatnya saluran oleh batu ginjal.

Penanganan penyakit batu ginjal bisa dilakukan melalui pengangkatan batu ginjal melalui operasi.

Baca Juga: Struktur Ginjal

Jangan Lupa Untuk Aktif Bergerak dan Olahraga Rutin

Kebiasaan mager dapat membawa dampak buruk bagi kondisi tubuh. Fungsi tubuh bisa melemah jika tidak sering digunakan untuk beraktivitas, termasuk juga organ ginjal. Oleh sebab itu, untuk menjaga kesehatan ginjal perlu untuk memperhatikan aktivitas fisik sehari – hari. Bentuk aktivitas sehari – hari tersebut misalnya seperti menaiki tangga, berjalan, bersepeda, dan lain sebagainya.

Merutinkan olahraga adalah tips paling mudah untuk menjaga kesehatan ginjal. Aktivitas yang dapat dilakukan seperti seperti jalan kaki atau berlari setiap pagi.

Menjaga Berat Badan

Berat badan ideal sangat diperlukan seseorang untuk dapat hidup sehat. Berat badan berlebih (apalagi obesitas) sangat tidak baik untuk kesehatan. Perut bergelambir menandakan adanya tumpukan lemak. Adanya lemak yang tertimbun dalam tubuh membuat kerja beberapa organ tubuh menjadi lebih berat, termasuk kerja ginjal. Organ tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengikis tumpukan lemak tersebut. Kerja berat yang dilakukan oleh ginjal dapat membuat ginjal menjadi semakin lama menjadi semakin lemah kinerjanya.

Baca Juga: Enzim Pencernaan dan Proses Pencernaan pada Manusia

Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah normal berkisar antara 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg. Seseorang dikatakan memiliki tekanan darah tinggi jika tekanan darahnya mencapai 140/90 mmHg ke atas. Kerusakan pada ginjal dapat dipicu dari tekanan darah yang tinggi. Tekanan darah tinggi merupakan penyebab penyakit ginjal tertinggi yang terus meningkat. Berdasarkan data pada tahun 2010, tekanan darah tinggi menyebabkan penyakit ginjal meningkat sebanyak 35 persen.

Tekanan Darah Tinggi Mempengaruhi Kerja Ginjal

Menjaga Kadar Gula Darah Agar Tetap Stabil

Kadar gula darah berlebih dalam tubuh terjadi karena hormon insulin dalam tubuh tidak dapat mengubah gula menjadi glikogen. Akibatnya, kadar gula darah di dalam tubuh meningkat. Seseorang dengan kadar gula darah berlebih disebut mengalami diabetes. Kadar gula berlebih di dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit dan mengganggu kerja organ – organ di dalam tubuh, termasuk ginjal. Menurut data dari Indonesian Renal Registry (IRR) pada tahun 2010, diabetes menyumbang 25 persen penyebab penyakit ginjal.

Diabetes Dapat Memicu Penyakit pada Ginjal

Menjauhi Alkohol dan Menghindari Rokok

Minuman beralkohol dan rokok adalah dua jenis bahan yang tidak baik untuk tubuh. Kerja ginjal akan semakin berat karena adanya zat yang tidak baik dalam alkohol atau rokok yang tercampur dalam darah. Selain ginjal, alkohol dan rokok juga dapat menjadi penyebab utama berbagai penyakit mengerikan lainnya.

Alkohol dan Rokok Berdampak Buruk Untuk Ginjal

Selain alkohol dan rokok, usahakan juga untuk tidak mengkonsumsi atau bahkan menghindari beberapa obat antibiotic dan anti nyeri tanpa resep dokter. Penggunaan obat secara sembarangan dapat merusak ginjal karena kerja ginjal yang berat.

Baca Juga: Sistem Ekskresi pada Manusia

Mencukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

Cairan dalam tubuh menjaga agar metabolisme di dalam tubuh berjalan dengan baik, termasuk proses metabolisme yang terjadi pada ginjal. Tercukupinya cairan dalam tubuh akan menjaga dan merawat kesehatan ginjal Anda. Cara mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh dapat melalui berbagai cara seperti mengkonsumsi buah/sayuran yang mengandung banyak air atau juga rutin minum air putih.

Mencukupi Kebutuhan Cairan dalam Tubuh dapat Menjaga Kesehatan Ginjal

Baca Juga: Proses Pembentukan Urine

Kelola Stress

Manajemen stres yang tidak baik dapat membuat seseorang menyebabkan tekanan darah menjadi naik. Akibat tekanan darah naik sudah disebutkan di atas akan berdampak buruk pada kinerja ginjal.Untuk itu, kelola stress diperlukan agar kondisi tubuh dan kerja organ di dalam tubuh dapat bekerja dengan normal.

Pintar Menjaga Stress Dapat Berdampak Baik Untuk Ginjal

Memiliki Jam Tidur yang Cukup

Seluruh organ yang ada di tubuh memerlukan waktu untuk beristirahat, termasuk organ ginjal. Maka untuk menjaga kualitas umur organ, tubuh harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Termasuk dengan ginjal agar sehat, terawat, dan long live.

Nah itulah beberapa cara menjaga kesehatan ginjal dengan tujuan agar ginjal selalu dapat bekerja dengan normal. Gaya hidup sehat sebagai bentuk cara menjaga kesehatan ginjal meliputi menjaga konsumsi jenis makanan, jangan menunda/menahan buang air kecil, aktif bergerak/rutin berolahraga, menjaga berat badan, menjaga tekanan darah, menjaga kadar gula darah agar stabil, menjauhi alkohol dan rokok, mencukupi kebutuhan cairan, kelola stress, dan menjaga jam tidur yang cukup. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Kelainan Sistem Pencernaan Manusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.