Keuntungan Letak Indonesia di Pertemuan Tiga Lempeng Tektonik

By | May 26, 2021

Beberapa kali Indonesia mengalami bencana alam gempa bumi yang mengakibatkan kerusakan bangunan dan menelan korban. Contoh bencana gempa besar yang pernah terjadi di Indonesia gempa dan tsunami di Aceh tahun 2004, atau gempa 5,9 SR di Yogyakarta pada tahun 2007. Selain itu ada gempa Mentawai dan Tsunami di Kepualauan Mentawai tahun 2010. Diketahui bahwa gempa-gempa tersebut terjadi karena gerakan lempeng tektonik di kerak bumi. Terlihat mengerikan jika tinggal di wilayah pertemuan lempeng tektonik, bukan? Nyatanya, pertemuan lempeng tektonik juga memberikan keuntungan. Begitu juga keuntungan letak Indonesia di pertemuan tiga lempeng tektonik yang dapat menjadi nilai positif.

Sebelumnya, apakah sobat idschool mengetahui apa saja lempeng tektonik yang ada di sekitar wilayah Indonesia? Ada tiga lempeng tektonik yang berada di sekitar wilayah Indonesia yaitu lempeng Indo-Australia (bagian selatan), Eurasia (bagian utara), dan Pasifik (bagian timur). Letak Indonesia yang berada pada pertemuan tiga lempeng tektonik ini mengakibatkan Indonesia menjadi daerah rawan gempa bumi.

Keuntungan Letak Indonesia di Pertemuan Tiga Lempeng Tektonik

Apa saja keuntungan letak Indonesia di pertemuan tiga lempeng tektonik? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Baca Juga: [Review] Aplikasi Bimbel Online Berbayar di Indonesia

1. Wilayah Memiliki Tanah yang Subur

Pertemuan dari lempeng tektonik menyebabkan ada banyak gunung berapi di wilayah Indonesia. Gunung berapi akan menghasilkan lava dan abu vulkanik pada saat terjadi letusan. Lava dan abu volkanik dari letusan tersebut kemudian akan terurai dan menghasilkan nutrisi yang penting bagi tanah. Adanya nutrisi bagi tanah akan membuat tanah menjadi subur sehingga sangat baik untuk pertanian.

Tanah yang berasal dari deposit abu volkanik memiliki pori-pori untuk menyerap air dan kanudngan zat hara tinggi. Kondisi ini membuat banyak tanah yang dekat gunung berapi menjadi subur. Contohnya dalah tanah di pulau Jawa sangat subur karena banyaknya deposit abu volkanik dari gunung-gunung berapi. Beberapa gunung berapi di pulau Jawa antara lainnya adalha Gunung Merapi, Semeru, Kelud, dan gunung berapi aktif lainnya.

Kondisi tanah subur akan berdampak baik untuk ekonomi karena dapat menjadi salah satu sumber peghasilan. Tanah yang subur memungkiknkan adanya kegiatan pertanian yang dapat menghasilkan padi, sayuran, buah-buahan, dan aneka hasil tanam lainnya. Hasil tanam yang melimpah akan meningkatkan pendapatan ekonomi di suatu wilayah.

2. Penghasil Energi Panas Bumi

Tingginya tingkat panas dan aktivitas perut bumi di wilayah sekitar gunung berapi dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi panas bumi. Secara sederhana, cara kerja Pembangkit Listri Tenaga Panas Bumi (PLTP) dengan menggerakkan turbin dengan panas bumi. Gerakan turbin kemudian dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik yang dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Contoh pembangkit tenaga panas bumi terdapat di Kamojang, Jawa Barat. PLTP Kamojang merupakan pembangkit listrik tenaga panas bumi pertama di Indonesia. Selain itu, ada juga PLTP Sarulla yang berada di kawasan Gunung Toba yang menjadi salah satu PLTP terbesar dunia.

Aktivitas PLTP tidak menggunakan bahan bakar fosil atau batu bara sehingga tidak menghasilkan emisi gas yang menyebabkan efek rumah kaca. Oleh karena itu, PLTP dapat dijadikan sumber tenaga alternatif yang ramah lingkungan.

3. Potensi Pariwisata

Tumbukan lempeng dapat membentuk suatu pegunungan. Di Indonesia, terjadi tumbukan lempeng Eurasia yang bertemu dengan Lempeng Indo-Australia yang bergerak ke utara, serta adanya Lempeng Pasifik di Indonesia bagian timur. Akibat adanya pertemuan lempeng tektonik dapat membentuk gunung berapi, ngarai (lembah bersisi terjal), sumber air panas, dan danau.

Dengan demikian, akan tercipta pemandangan alam yang dapat menjadi daya tarik wisata tersendiri. Contoh penampakan alam sebagai potensi pariwisata terdapat pada wisata kawah Gunung Bromo yang menjadi salah satu objek wisata penting di Jawa Timur.

Demikianlah tadi ulasan dari keuntungan letak Indonsia di pertemuan tiga lempeng tektonik. Ketiga keuntungan Indonesia sebagai wilayah yang terletak di sekitar tumbukan tiga lempeng tektonik antara lain memilki tanah subur, energi panas bumi, dan potensi pariwisata.Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Tahapan Terjadinya Gerhana Bulan (Total, Sebagian, dan Penumbra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.