Fungsi dan Cara Kerja Elektroskop

Fungsi elektroskop digunakan untuk mengetahui jenis muatan yang terdapat pada suatu benda. Cara kerja elektroskop dapat terleihat pada daun-daun elektroskop yang dapat saling menjauh atau mendekat. Gerakan daun-daun elektroskop terjadi karena adanya perpindahan muatan positif/negatif dari atau ke bola logam.

Elektroskop terdiri dari dua bagian penting yaitu bola logam dan daun-daun elektroskop. Selain itu, elektroskop juga memiliki bagian-bagian lain yang terdiri dari tabung kaca dan insulator sebagai bagian tambahan pada elektroskop. Daun-daun elektroskop diletakkan di dalam tabung kaca dan terhubung dengan bola logam yang berada di luar tabung kaca. Penghubung antara daun-daun elektrokop dan bola logam adalah sebuah konduktor. Gambaran bentuk elektroskop beserta keterangan bagian-bagiannya diberikan seperti gambar di bawah.

gambar elektroskop

Baca Juga: Gelombang Transversal dan Longitudinal

Bagaimana cara kerja elektroskop? Sobat idschool dapat mencari tahu jawabannya melalui ulasan di bawah.

Fungsi Elektroskop

Fungsgi elektroskop adalah untuk mengetahui jenis muatan suatu benda. Fungsi dari elektoskop ini sekaligus menjelaskan apa itu elektroskop. Di mana, elektroskop adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengetahui jenis muatan suatu benda. Cara untuk mengetahui muatan benda dapat dilakukan dengan mendekatkan benda bermuatan ke benda logam pada elektroskop.

Agar dapat menentukan jenis muatan benda, harus dilakukan pemisahan muatan dengan cara konduksi, sehingga elektroskop menjadi bermuatan.

Cara Kerja Elektroskop

Elektroskop pada kondisi netral memiliki jumlah muatan positif sama dengan muatan negatifnya. Cara kerja elektroskop dapat diamati melalui gerakan daun-daun elektroskop. Gerakan yang dilakukan daun-daun elektroskop dapat saling menjauh atau mendekat. Daun-daun elektroskop akan saling menjauh jika keduanya memiliki muatan yang sama. Sebaliknya, daun-daun elektroskop akan saling mendekat jika keduanya memiliki muatan yang berbeda.

Cara kerja sebuah elektroskop dibagi menjadi dua cara yaitu induksi dan konduksi. Penjelasan untuk kedua cara kerja elektroskop tersebut diberikan seperti berikut.

Cara Kerja Elektroskop dengan Induksi

Cara memberi muatan listrik pada elektroskop dengan induksi dilakukan pada sebuah elektroskop netral. Elektroskop netral yang didekati oleh benda bermuatan negatif akan menarik muatan positif dari daun (bawah) ke bola logam (atas). Sedangkan pada bola logam, muatan negatif di sana akan tolak-menolak dengan muatan benda yang mendekati dan menuju daun-daun elektroskop.

Kondisi yang terjadi seperti di atas membuat daun elektroskop kelebihan muatan negatif (elektron). Dua pelat daun elektroskop kemudian saling menjauh karena sama-sama bermuatan negatif. Semakin besar muatan sejenisnya maka akan semakin jauh jarak antar kedua daun kaki elektroskop.

Kondisi serupa juga akan terjadi saat benda bermuatan positif diinduksi pada elektroskop.

Elektroskop netral didekati benda bermuatan negatif

Baca Juga: Cara Menghitung Besar Kuat Arus Listrik pada Suatu Rangkaian

Elektroskop netral didekati benda bermuatan positif

Cara kerja elektroskop secara induksi tidak dapat digunakan untuk menentukan jenis muatan suatu benda. Untuk menentukan muatan suatu benda dapat dilakukan dengan cara konduksi.

Cara Kerja Elektroskop dengan Konduksi

Cara kerja elektroskop secara konduksi dilakukan pada elektroskop yang tidak netral atau bermuatan. Dengan kata lain, bola logam dan daun-daun elektroskop memiliki suatu jenis muatan. Muatan pada bola logam diperoleh dengan cara konduksi oleh konduktor logam.

Ilustrai cara kerja elektroskop secara konduksi dapat digambarkan pada sebuah kasus. Berikut ini gambaran cara kerja elektroskop secara konduksi:

  1. Jika benda bermuatan negatif didekatkan pada logam: elektron akan turun menuju daun kaki sehingga kedua daun kaki akan semakin saling menjauh.
  2. Jika benda bermuatan positif didekatkan pada bola logam: elektron akan tertarik dari daun kaki menuju bola logam sehingga kedua daun elektroskop akan saling mendekat.

Elektroskop Awal Bermuatan Negatif

Sebelum: kondisi awal elektroskop bermuatan negatif

Kondisi I: bola logam elektroskop didekati benda bermuatan positif → muatan negatif menuju ke kepala elektroskop dan menarik muatan negatif ke kekepala elektroskop → muatan negatif pada daun-daun elektroskop bekuruang → daun-daun elektroskop saling mendekat

Kondisi II: bola logam elektroskop didekati benda bermuatan negatif → muatan negatif dari kepala elektroskop turun ke plat daun elektroskop → muatan negatif pada daun-daun elektroskop semakin banyak → daun-daun elektroskop saling menjauh

Baca Juga: Suhu dan Pemuaian

Elektroskop Awal Bermuatan Positif

Sebelum: kondisi awal elektroskop bermuatan negatif

Kondisi I: bola logam elektroskop didekati benda bermuatan positif → muatan positif dari bola logam (kepala elektroskop) turun ke daun-daun elektroskop → muatan positif pada daun-daun elektroskop bertambah banyak → daun-daun elektroskop saling menjauh

Kondisi II: bola logam elektroskop didekati benda bermuatan negatif → muatan negatif menuju ke kepala elektroskop dan menarik muatan positif pada daun-daun elektroskop → muatan positif pada daun-daun elektroskop berkurang → daun-daun elektroskop saling mendekat

Sekian pembahasan fungsi dan cara kerja elektroskop yang dapat dilihat dari kondisi daun-daun elektroskop ketika bola logam didekati benda bermuatan. Terimakasih sudah mengunjungi idschool(dot)net, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Muatan Listrik Statis dan Cara Memberi Muatan pada Listrik Statis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 thought on “Fungsi dan Cara Kerja Elektroskop”

Exit mobile version